Adaptasi Morfologi

Posted on
Adaptasi-Morfologi

Artikel makalah membahas tentang Adaptasi Morfologi pada hewan, pada manusia dan pada tumbuhan, meliputi dari pengertian, jenis, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Apd adaptasi morfologi itu,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk pertumbuhan dari berbagai hewan, tumbuhan dan manusia, sehingga dapat melakukan perkembang biakan secara efektif dan cepat, maka adaptasi morfologi dapat juga disertai pada perubahan bentuk dan alat pada pertumbuhan dari berbagau jenis mahluk hidup. untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasn di bawah ini.

Adaptasi Morfologi Itu

Adaptasi morfologi Adalah salah satu konsep atau cara untuk melakukan suatu organisme dengan mengatasi tekanan lingkungan untuk mempertahankan kehidupan.

Maka dengan melakukan beradaftasi pada lingkungan akan mudah mengatasi kondisi tekanan pada lingkungan seperti suhu, cahaya dan panas, dengan melestarikan kehidupan untuk mereproduksi dan merespons perubahan di sekitar.

Maka hal ini juga sebagai kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya untuk mempertahankan kehidupan dari berbagai makhluk hidup dalam bentuk dan fungsi.

Dengan demikianlah adaptasi morfologi dapat juga di artikan sebagai bentuk dari perkembang kiakan dari berbagai makhluk hidup yang berada pada lingkungan tempat mereka hidup.

Baca Juga: Adaptasi Tingkah Laku

Contoh Adaptasi Morfologi

Dari ulasan yang singkat di atas, kama kami juga akan memberikan beberapa contoh yeng terdapat pada daptasi morfologi yang terjadi pada perkembangan mahkluk hidup.

Berikut adalah contoh dan jenis adaptasi marfologi diantaranya:

Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan

Dalam adaptasi pada tumbuhan adalah salah satu yang dapat ditandai dengan adanya perubahan atau perbedaan dalam bentuk dan dari berbagai jenis tumbuhan.

Berikut contoh adaptasi pada tumbuhan adalah :

  • Kaktus adalah sebuah jenis tumbuhan yang berjenis daun berduri yang bertahan hidup di daerah yang kering.
  • Contohnya: Kaktus memiliki akar yang panjang disebut tanaman xerophyte karena mampu bertahan hidup pada daerah yang kering dan tandus
  • Bunga lotus adalah salah satu jenis tumbuhan yang bertahan hidup di air dan mampu beradaptasi dengan cara daunnya tipis dan lebar sehingga mereka bisa berkembang kiak air.
  • Contohnya: Bunga lotus dan eceng gondok disebut sebagai tanaman hidrofit karena mereka hidup di air.
  • Kuku atau lumut adalah salah satau jenis tumbuhan yang bertahan hidup di daerah yang lembab.
  • Contohnya: Tumbuhan pakis dan lumut disebut tanaman Higrofit.

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Dalam adaptasi pada hewan ini adalah salah satu yang dapat ditandai dengan adanya perubahan atau perbedaan dalam bentuk dan dari berbagai jenis hewan.

Berikut beberapa contoh adaptasi pada hewan diantaranya adalah:

  • Kaki Burung adalah salah satu bentuk paruh yang berbentuk seperti pada kelompok burung yang memiliki perbedaan dari berbagai macam bentuk tergantung cara melakukan pekembang biakan hidupnya.
  • Contohnya: burung elang adalah jenis hewan karnivora atau yang memiliki empat taring yang besar dan runcing sehingga dapat digunakan untuk menangkap mangsanya dan dapat juga untuk memudahkankan berjalan ditanah yang berlumpur.
  • Bentuk mulut serangga adalah salah satu bentuk hewan yang merupakan hasil dari adaptasi terhadap jenis makannya sehingga serangga sebagai hewan pemakan daun.
  • Contohnya: Serangga yang menjilati mulut seperti lalat dan serangga dapat mengigit mulut seperti jangkrik dan belalang.
  • Bentuk paruh adalah salah satu bentuk hewan yang memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung cara hidup dan perkembang biakan nya.
  • Contohnya: burung pipit memiliki paruh pendek dan kuat yang digunakan untuk makan sereal, sementara jari kaki panjang dan telapak datar berfungsi untuk duduk di dahan atau ranting pohon.

Baca Juga: Arti Interpretasi

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia

Dalam adaptasi pada manusia ini adalah salah satu yang dapat ditandai dengan adanya perubahan atau perbedaan dalam bentuk atau berbagai jenis manusia.

Berikut beberapa contoh adaptasi ada manusia adalah:

Ketika itu terjadi di tempat yang panas, kulit manusia berubah menjadi hitam.
Ketika suhu udara rendah, bulu-bulu halus pada kulit manusia tinggi
Seiring bertambahnya usia, rambut manusia berubah menjadi abu-abu

  • Ketika itu terjadi di tempat yang panas, kulit manusia berubah menjadi hitam.
  • Ketika suhu udara rendah, bulu-bulu halus pada kulit manusia tinggi
  • Seiring bertambahnya usia, rambut manusia berubah menjadi abu-abu atau beruban.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Adaptasi Morfologi dan berbagai contoh nya, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Persuasif Artinya