Afta Adalah

Posted on

Daftar Menu Artikel

Pengertian AFTA

Afta Adalah – Apa itu AFTA atau ASEAN Free Trade Area ? AFTA atau biasa di kenal dengan ASEAN Free Trade Area merupakan sebuah bentuk kesepakan berbagai negara ASEAN dalam membentuk kawasan perdagangan.

Pembentukan ASEAN Free Trade Area ini pada tahun 1992 di saat KTT (Konferensi Tingkay Tinggi) di ASEAN untuk menjadikan ASEAN basis produksi. Tujuan dari pembentukan ASEAN Free Trade Area ini adalah untuk menjadikan perekonomian di negara ASEAN lebih maju sehingga daya saingnya lebih tinggi.

Afta Adalah

ASEAN Free Trade Area ini dalam pelaksanaannya dengan menghapus biaya bea masuk dengan besar jumlah 0 hingga 5 % untuk negara ASEAN.  Progres lainnya seperti mengadakan pasar regional yang sebanyak 500 juta jiwa.

Negara Anggota AFTA

Mulanya ASEAN Free Trade Area ini dalam melakukan tujuannya dengan jangka waktu tahun 1993 hingga 2008 namun di percepat hingga 2002.

Adapaun seperti Common Effective Preferential Tariffs for ASEAN Free Trade Area (CEPT – AFTA) yakni sebuah skema yang di dalamnya bertujuan untuk mewujudkan penurunan tarif bea cukai hingga 5%.

Adapun hal lannya seperti pengahapusan batasan kuantitatif dengan hambatan non tarif lain.

ASEAN Free Trade Area pada perkembangan ini di perbarui dengan pembentukan kesepakatan untuk bea masuk import barang di beberapa negara yakni brunei darusalam, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Cambodia, Laos, Vietnam dan Myanmar pada tahun 2015.

Beberapa negara yang tergabung dalam AFTA diantaranya sebagai berikut :

  • Indonesia
  • Singapura
  • Brunei Darussalam
  • Thailand
  • Filipina
  • Malaysia

Namun dengan berjalannya waktu anggota AFTA kin bertambah banayk dengan anggota baru yakni seperti vietnam (1995), myanmar dan laos (1997)dan negara kamboja (1999). Maka saa ini anggota AFTA tersebut ada 10 negara.

Tujuan AFTA

Dengan kita melihat sejarahnya, maka dapat di ketahui tujuan dari AFTA adalah sebagai berikut :

  1. Upaya untuk meningkatkan persaingan ekonomi di berbagai negara ASEAN dengan cara menjadikan ASEAN sebagai basis produksi global atau pasar dunia.
  2. Untuk menarik para investor asing untuk berinvestasi dan dalam rangka  meningkatkan perdagangan antar negara ASEAN.

Latar Belakang Terbentuknya AFTA

Afta Adalah

Pembentukan ASEAN Free Trade Area ini tentunya dengan sejarah dan latar belakang yang begitu kental. Pasalnya ASEAN Free Trade Area ini bentuk untuk meningkatakan sistem ekonomi di negara ASEAN.

Adapun beberapa faktor yang melatar belakangi terbentuknya ASEAN Free Trade Area adalah sebagai berikut :

  1. Karena muncul isu ekonomi setalah terjadinya ancaman politik dan militer yang sedang di hadai negara ASEAN yang sudah berakhir namun dengan perang dingin.
  2. Adanya SDA yang minim pada negara singapura namun memiliki kemajuan perdagangan yang cukup pesat sehigga dapat di jadikan sumber penghidupan.
  3. Untuk peningkatan investor asing .
  4. ASEAN Free Trade Area merupakan sebuah langkah untuk menghindari terjadinya ketertinggalan yang di lakuka di beberapa benua lainnya seperti eropa dan amerika.

Pada tahun 2015 negara ASEAN juga telah bersepakat untuk membentuk sebuah komunitas yakni ASEAN Community.

Tujuan dari pembentukan komunitas ini adalah untuk mengambil keuntungan dan juga untuk memajukan negara ASEAN yang masih lemah. Maka denga adanya komunitas ini di harapkan akan terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Itulah beberapa penjelasan mengani AFTA yang harus kamu ketahui.

FAQ

Apa itu AFTA?

AFTA atau biasa di kenal dengan ASEAN Free Trade Area merupakan sebuah bentuk kesepakan berbagai negara ASEAN dalam membentuk kawasan perdagangan.

Apa tujuan pembentukan AFTA?

Untuk mengambil keuntungan dan juga untuk memajukan negara ASEAN yang masih lemah. Maka denga adanya komunitas ini di harapkan akan terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Apa latar belakang pembentukan AFTA?

1.Karena muncul isu ekonomi setalah terjadinya ancaman politik dan militer yang sedang di hadai negara ASEAN yang sudah berakhir namun dengan perang dingin.
2. Adanya SDA yang minim pada negara singapura namun memiliki kemajuan perdagangan yang cukup pesat sehigga dapat di jadikan sumber penghidupan.
3. Untuk peningkatan investor asing .
4. ASEAN Free Trade Area merupakan sebuah langkah untuk menghindari terjadinya ketertinggalan yang di lakuka di beberapa benua lainnya seperti eropa dan amerika.

BACA JUGA