Aktivitas Fisik

Posted on
Aktivitas-Fisik

Artikel makalah Aktivitas Fisik – Meliputi dari pengertian, kategori, jenis, manfaat, tujuan, tips, contoh dan gambar supayah mudah dipahami.

Sobat pencinta olahraga, pastinya di antara kita semua banyak mengetahuui tentang aktivitas fisik karena hal ini merupakan segala sesuatu aktivitas dengan menggerakkan fisik atau tubuh kita sehingga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita sehari-hari.

Untuk lebih mudah nya lagi langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Aktivitas Fisik

aktivitas-fisik

Aktivitas fisik merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh sehingga membuat otot-otot beserta rangka tubuh melakukan pergerakan dan akan membakar lemak dan menurunkan kolesterol pada tubuh.

Aktivitas fisik berguna untuk mempertahankan aliran darah dan meningkatkan daya otak dengan memfasilitasi metabolisme dan neurotransmiter sehingga dapat juga memicu perubahan plastisitas otak.

Aktivitas fisik sangat berhubungan dengan seluler yang molekul dan perubahan neurokimia namun pada kenyataanya masih banyak orang yang merasa malas untuk melakukan olahraga tersebut.

Baca Juga: Renang Gaya Kupu-Kupu

Kategori Aktifitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi kalori yang ada pada tubuh dan dapat membatasi asupan kalori dan menimbulkan efektif sebagai pengurang kalori.

Berikut kategori yang terdapat dalam melakukan aktifitas fisik adalah sebahai berikut:

Kategori Individu : Kategori individu merupakan hal ini dapat mengurangi kalori sebanyak 50 kalori setiap hari karena terasa lebih ringan dan dapat meyehatkan serta membugarkan tubuh. Dengan demikian dalam melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih banyak maka fisik akan terlihat lebih tinggi lebih panjang.

Kategori perorangan : merupakan hal yang dapat dengan kehilangan kalori lebih dari 50 pon kilogram karena tidak dapat mempertahankan nya yang cukup tinggi. Dengan demikian banyak orang yang beranggapan tidak perlu melakukan nya.

Jenis-Jenis Aktifitas Fisik

Aktivitas fisik, dalam melakukannya harus dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh sehingga dengan mudah kata melakukannya dan harus mengetahui juga jenis yang terdapat dalam melakukan nya.

Diantara beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Jenis Aktivitas Ringan

Kegiatan aktivitas yang ringan tidak harus memerlukan tenaga yang banyak sehingga melakukannya akan terlihat mudah.

Contohnya:

Olahraga Skipping

  • Skipping juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan untuk menambah kekuatan pada tubuh karena olahraganya ini sangat mudah dilakukan pada tempat-tempat yang terbuga.

Senam Lantai

  • Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan di atas lantai dan dapat juga pada lapangan yang beralaskan matras sehingga gerakan atau bentuk latihan dapat di lakukan dengan mudah.

Jalan Cepat

Jalan Cepat adalah yang sering disebut dengan istilah Race Walking hal ini merupakan sebuah gerakan secara maju dimana kaki akan melangkah dengan tidak terputus di permukaan tanah sehingga seseorang dapat melakukannya dengan cepat.

2. Jenis Aktivitas Sedang

Kegiatan aktivitas sedang membutuhkan cukup dengan tenaga yang sedang sehingga melakukannya juga akan terlihat lebih muda.

Contohnya:

Lari Pagi Dan Sore

  • Lari pagi merupakan suatu cara yang paling bagus di lakukan untuk memulai dengan berolahraga karena dalam melakukan nya hal ini dapat memberi oksigen dan menhirup udara segar di pagi hari serta dapat menyehatan tubuh serta membakar kalori pada tubuh.

Senam Aerobik

  • Senam Aerobik merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan seluruh tubuh salah satunya kaki dan tangan di Indonesia sendiri senam ini sudah banyak dilakukan secara rutin setiap minggunya, biasanya dilakukan oleh ibu-ibu dengan tujuan untuk kesehatan dan sosialisasi.

Memanah

  • Memanah merupakan salah satu cabang dari olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sehingga dengan melakukan memanah secara tidak langsung sudah menjalankan perintah Nabi.

Slow Jogging

  • Jogging adalah salah satu aktivitas cabang olahraga fisik tetapi yang bersifat ringan dan sangat mudah untuk di lakukan, karena mudah dan murah dalam kegiatan yang semacam ini cukup dengan modal dengan sepatu dan peralatan yang ringan.

3. Jenis Aktivitas Berat

Kegiatan aktivitas yang berat membutuhkan banyak tenaga serta dengan kekuatan sehingga melakukannya terlihat lebih sulit.

Contohnya :

Tinju

  • Tinju adalah suatu jenis cabang olahraga yang dapat dikatakan sebagai bertarung secara fisik dan memerlukan stamina yang kuat dan kondisi fisik yang baik sehingga perlu dikuasai strategi dan teknik yang benar supaya dapat melakukan aksinya bisa sempurna.

Fitnes

  • Fitnes Atau Nge-gym merupakan salah satu aktivitas olahraga yang di minati laki-laki dan perempuan sehingga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran Anda pada tubuh

Taekwondo

  • Taekwondo merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang yang memiliki keunikan dan beraneka ragam gaya sehingga taekwondo ini banyak sekali diminati oleh seseorang mulai dari kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sampai ada yang tua dengan teknik yang (profesional).

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Aktifitas fisik dan beberapa jenisnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua tentang olahraga, dan semoga bisa berguna dan memberikan manfaat.

Terimakan telah berkunjung di artikel kami

Baca Juga: Teknik Dasar Kung fu