Alat Musik Melodis

Posted on

Alat musik melodis – Bertujuan untuk mempermudah, mengenal, dan mengetahui alat musik yang akan dimainkan.

Pada umumnya alat musik melodis adalah alat musik yang tidak dapat memainkan kord sendirian akan tetapi bisa membunyikan melodi didalam lantunan sebuah lagu.

Maksudnya alat musik yang dapat memberikan hasil notasi atau nada yaitu DO, RE, MI, dan lainnya. Terus dapat melengkapi bunyian dari alat musik harmonis dan ritmis. Dengan memiliki nada atau irama alat musik ini bisa disebut alat musik melodis. Biasanya berfungsi sebagai pengatur nada dalam setiap lagu.

Alat musik melodis banyak sekali jenisnya yang ditemukan saat ini, dari yang modern maupun yang sifatnya tradisional. Dari berbagai ragam jenis alat musik dapat digolongkan berdasarkan cara mainkannya.

Berikut ini adalah beberapa cara mainkan alat musik melodis yang perlu diketahui sebagai berikut:

  1. Gitar, mandolin, sasando, dan kecapi cara memainkannya dipetik.
  2. Seruling dan pianika cara memainkannya ditiup.
  3. Piano dan akordeon cara memainkannya ditekan.
  4. Angklung cara memainkannya digoyang.
  5. Biola cara memainkannya digesek.
  6. Harmonika cara memainkannya dihisap.

Contoh Alat Musik Melodis

Agar lebih jelasnya kami terangkan beberapa contoh pembahasan tentang alat musik melodis berikut ini:

Akordeon

Alat musik akardeon ini sebagian orang menyebutnya dengan banyak nama panggilan yang digunakan, Indonesia sendiri dikenal dengan nama akordion atau akardeon. Sedangkan di luar negeri tetap sama panggilannya akan tetapi berbeda dalam penulisannya yaitu accordeon.

Alat musik sejenis orgen dengan bentuk yang lebih kecil yaitu akordeon dapat dimainkan dengan cara ditopang dibadan atau digantung dibadan. Apabila dimainkan dengan durasi yang sangat lama maka akan melelahkan karena alat musik tersebut lumayan berat.

Untuk pemain cara memainkannya dengan menekan tombol akor menggunakan jari tangan kiri dan yang kanan mainkan melodi mengiringi lagu, bagi pemain yang ahli biasanya secara bergantian menggunakan tangannya.

Alat musik akordeon berasal dari pergerakan udara disalurkan lidah akordeon dan akan menghasilkan suara. Dorongan dan tarikan dari gerakan tangan sang pemain itu udara timbul.

Angklung

Angklung termasuk alat musik tradisional dengan cara digoyang dimainkannya dan berasal dari daerah Jawa Barat, dan termasuk salah satu alat musik melodis. Angklung tersebut masih bisa dijumpai permainannya di daerah Jawa Barat bahkan dibeberapa daerah pun ada yang masih bisa memainkannya.

Alat musik angklung menghasilkan suara yang tidak begitu unik didengarnya, maka sebab itu pertunjukannya pun disebuah pementasan atau kelompok.

Salah satu contoh alat musik melodis adalah angklung termasuk diantaranya.

Walaupun angklung termasuk alat musik tradisional akan tetapi dapat digunakan bersama alat musik yang lainnya seperti keybord, gitar elektrik, dan drum.

Diluar Indonesia angklung juga sangat terkenal, akan tetapi para pemuda negeri ini kurang peminatnya untuk pelajari dan dalami salah satu kebudayaan di negeri ini.

Ada 15 jenis angklung di Indonesia terkenal didunia, sebagai berikut:

  • Angklung Gubrag
  • Angklung Bali
  • Angklung Banyuwangi
  • Angklung Reog
  • Angklung Kanekas
  • Angklung Sri Murni
  • Angklung Toel
  • Angklung Bungko
  • Angklung iBadud
  • Angklung Dogdog Jolor
  • Angklung Buncis
  • Angklung Badeng
  • Angklung Sarinande
  • Angklung Padaeng

Biola

Salah satu alat musik yang dimainkan secara digesekadalah biola dengan menggunakan alat bow atau gesek terbuat dari bahan rambut kuda asli atau sintetis.

Alat musik ini memiliki suara merdu sehinga banyak sekali yang menyukainya, dari kalangan anak anak, remaja, dewasa, dan bahkan orang tua sangat mengemari alat musik ini. Biola termasuk alat musik melodis yang di gemari karena suaranya yang merdu.

Para pemain biola juga terkesan rapi atau elegan karena memakai jas hitam, akan tetapi memainkan biola tidak semudah yang terlihat.

Memainkan biola biasanya menggunakan tangan kanan untuk mengesek dan tangan kiri untuk menekan senarnya, tetapi bagi yang mahir bisa memainkannya dengan tangan manapun termasuk pemain kidal bisa langsung membaliknya.

Viola atau Violin sebutan nama untuk biola diluar negeri. Ada beberapa nama pemain biola yang terkenal permainan biolanya, yaitu: Iskandar Widjaja, Clarissa Tamara, dan Idris Sardi.

Bonang

Alat musik tradisional seperti bonang termasuk alat musik melodis yang berbentuk bundar dan bagian tengahnya ada tonjolan, dan mirip seperti gong yang sedang ditidurkan.

Dimainkannya dengan cara dipukul dengan alat pukul khusus yang digunakan untuk alat musik bonang.

Alat musik bonang digunakan sebagai pembawa atau penuntun melodi pokok atau mengatasi nada yang datang, dan biasanya dimainkan dalam sebuah ansambel musik.

Calung

Alat musik tradisional Jawa Barat salah satunya adalah calung yang berkembang dimasyarakat sejak lama dan merupakan alat musik melodis.

Alat musik calung menghasilkan suara nada tangga berupa nada pentatonik.

Calung termasuk kategori alat musik yang menghasilkan suara vibrasi alat musik itu sendiri atau alat musik idiofon, cara memainkannya sam seperti alat musik triangle.

Masyarakat mengenal calung sejak lama dan bermacam macam jenis, seperti calung jinjing dan calung Banyumas semuanya tentu tidaklah sama.

Calung sendiri termasuk contoh salah satu alat musik tradisional dan melodis.

Gitar

Gitar adalah alat musik melodis dimainkan secara dipetik dibilang sangat fleksibel dan bisa untuk membawakan lagu hampir selurunya genre.

Dalam bermain gitar bisa mengambil posisi duduk atau berdiri tergantung keadaan dan kenyamanannya.

Gitaris atau guitarist adalah istilah pangilan bagi seorang pemain gitar. Gitaris termasuk salah satu posisi paling banyak yang paling menarik perhatian para penonton selain vokalis didalam sebuah band, dari semua personil band lainnya. Akan tetapi memainkan alat musik gitar tersebut tidaklah mudah.

Alat musik gitar juga dapat digunakan untuk mengiringi musik atau lagu tradisional, bahkan di Indonesia sangat dominan menggunakan alat musik tersebut.

Demikian yang dapat dijelaskan tentang alat musik melodis dari beberapa jenis, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

  • kliping alat musik tradisional
  • contoh alat musik idiofon sebanyak banyaknya
  • alat musik tradisional beserta penjelasannya dan gambarnya
  • alat musik modern
  • alat musik tradisional dari sabang sampai merauke