Analisis Adalah

Posted on

Analisis adalah – Apa itu analisis? Analisis biasa di kenal dengan sebuah pembagian makna. Analisis adalah sebuah penguraian makna lebih detail dari karangan lainnya.

Penguraian ini bisa di lakukan dengan cara mengurai satu kalimat atau satu kata. Analisis di lakukan biasanya dengan cara menguraikan kata hingga ke unsur – unsur hingga dasarnya.

Pengertian Analisis

Analisis merupakan sebuah pengkajian mengenai tata bahasa untuk mengkoreksi secara detail mengenai struktur bahasa. Umumnya kata analisis sering di dengar di sebuah laboratorium untuk membuat zat lebih di uraikan lagi.

Analisis Adalah

Definisi dari analisis sendiri telah memuat sebuah uraian, pembedaan dan beberapa kategori hingga unsur – unsurnya.  Definisi lain mengenai analisis adalah suatu perhatian mengenai fakta atau benda hingga fenomena lama yang terjadi hingga ke bagian paling mendasar.

Definisi Analisis Menurut Para Ahli

Adapun beberapa definisi mengenai analisis adalah sebagai berikut

Berikut merupakan Definisi Analisis menurut para ahli, secara umunya telah disampaikan diatas,

  1. Wiradi menyatakan bahwa “Analisis ialah suatu kegiatan yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir makna dan kaitannya”.
  2. Komaruddin menjelaskan bahwa “Analisis adalah sebuah aktivitas berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu sama lain dan manfaat masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu”.
  3. Menurut Hanif Al Fatta mengatakan bahwa “Analisa merupakan suatu tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan”.
  4. Menurut Husein Umar memiliki pandangan mngenai analisis yakni dirinya menyatakan bahwa “Analisa ialah sebuah proses kerja dari urutan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan”.
  5. Minto Rahayu mengatakan bahwa “Analisa ialah suatu cara membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen; artinya melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terkait padu”.

Macam Jenis Analisis

Adapun beberapa macam analisis di antaranya sebagai berikut :

1. Analisis Logika

Analisis ini merupakan sebuah penguraian mengenai prinsip tertntu dengan dasar logikan untuk menguraikan hal lebih jelas lagi.

2. Analisis Realis

Analisis ini merupakan sebuah analisis mengenai urutan benda sebagai pokok pembicaraan.

Fungsi dan Tujuan Analisis

Analisis memiliki fungsi untuk menyatukan data yang ada pada lingkaran tertentu. Biasanya analisis ini akan di aplikasikan dalam berbagai keadaan dan lingkungan yang berbeda – beda.

Dalam menumbuhkan ebuah strategi maka analisis akan lebih di tumbuhkan agat strategi tersebut mudah untuk di jalankan. Hal ini di lakukan karena dengan adanya analisis maka semuanya dapat di ungkap dengan detail dan sangat jelas.

Analisis memiliki tujuan untuk menyatukan data untuk di gunakan dalam berbagai hal mengenai keperluan para pelaku analisis. Penggunaan mengani analisis dapat di gunakan untuk menyelesaikan sebuah konflik atau krisis.

Dalam sebuah penelitian yang di lakuakan oleh seseorang maka analisis sangat di perlukan untuk subjek sebuah ilmu.

Contoh Analisis

Analisis Adalah

Analisis yang biasanya di gunakan dalam sebuah usaha adalah analisis SWOT. Analisis ini terdiri dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Treath.

Analisis ini terbentuk unutk mencari sebuah kekuatan dan kelemahan sebuah strategi yang di jalankan atau sebuah brand yang di miliki. Adapun tujuan lainnya untuk mncari tahu peluang dan ancaman dalam sebuah strategi.

Ini sangat baik untuk membuat orang lain lebih mudah dalam menjalankan usahannya. Pasalnya dengan menggunakan analisis SWOT maka orang yang akan menjalankan sebuah usaha dengan lebih mudah dalam menghadapi beberapa tantangan di masa depan.  Hal ini karena tantangan tersebut dapat di terka dengan menggunakan analisis SWOT.

F.A.Q

Apa itu analisis?

Analisis biasa di kenal dengan sebuah pembagian makna. Analisis adalah sebuah penguraian makna lebih detail dari karangan lainnya.

Sebutkan salah satu ahli yang mendefinisikan Analisis!

Komaruddin menjelaskan bahwa “Analisis adalah sebuah aktivitas berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu sama lain dan manfaat masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu”.

Sebutkan jenis – jenis analisis!

1. Analisis Logika
Analisis ini merupakan sebuah penguraian mengenai prinsip tertntu dengan dasar logikan untuk menguraikan hal lebih jelas lagi.
2. Analisis Realis
Analisis ini merupakan sebuah analisis mengenai urutan benda sebagai pokok pembicaraan.

BACA JUGA :