Anatomi Tubuh Manusia

Posted on
Anatomi-Tubuh-Manusia

Artikel makalah Anatomi Tubuh Manusia – meliputi dari pengertian, susunan, organ, fungsi, jaringan, sistem, letak, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Anatomi- Anatomi sebagai Sistem organ tubuh yang terdiri dari berbagai jenis dengan memiliki struktur dan fungsi sehingga memiliki fungsi yang khusus dan masing-masing memiliki saling tergantung satu sama lain.

Simak penjelasan berikut ini mengenai sistem organ dalam menyusun tubuh manusia yang akan kami jelasan pada artikel di bawah ini:

Pengertian Anatomi

Anatomi-masnusia

Anatomi Merupakan ilmu tentang struktur tubuh manusia sehingga dapat dengan mudah memahami organ tubuh manusia yang tersusun dengan rapi, atas sel, jaringan, organ, dan sistem organ karena memiliki struktur dengan fungsi yang khusus.

Sistem organ ini memiliki struktur dan fungsi yang khas sehingga dari Masing-masing sistem tersebut dapat saling ketergantung satu sama lain dengan tujuan akan menjadikan lebih baik.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Anatomi Tubuh Manusia

Seteleh melihat dari penjelasan singkat di atas maka terdapat beberapa macam anatomi tubuh manusia diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Sistem Rangka

Pada sistem rangka merupakan fungsi untuk menunjang dari gerakan pada tubuh manusia sehingga dapat melindungi setiap organ-organ yang lainnya karena mampu memproduksi sel-sel darah dengan kandungan meregulasi endokrin.

Dengan demikian fungsi tersebut dapat mempertahankan hidup mereka dengan sistem rangka tulang yang individu terbagi rangka aksial dan rangka appendikular.

B. Sistem Otot

Pada sistem otot merupakan peranan yang sangat penting untuk menggerakan anggota tubuh dalam manusia seperti berjalan dan berlari atau dengan gerakan yang lainnya kerana dapat dilakukan sesuai perintah otak.

Fungsi pada sistem otot mampu mengedarkan darah pada seluruh tubuh dengan mengekspresikan dari bentuk wajah sehingga dapat dikendalikan oleh otak dengan fungsi bagian bawah sadar.

Otot mempunyai fungsi untuk dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia karena pada peredaran darah akan dikendalikan oleh bagian otak dan berkontraksi dengan baik.

C. Sistem Integumen

Sistem integumen merupakan sistem organ tubuh yang terdapat pada manusia yang paling besar dan luas karena sistem ini memiliki kandungan integumen yang meliputi kulit dan rambut hingga akan terhindar dari penyakit.

Dari sistem inilah sebuah lapisan epidermis yang ekstensi dengan kulit akan berperan untuk memperkuat kulit pada saat melindungi dari kerusakan lingkungan yang di sebabkan keringat, minyak, dan dan polusi.

Baca Juga: Fungsi Plastida

D. Sistem Saraf

Sistem saraf merupakan fungsi untuk mengumpulkan dan memproses informasi dengan struktural dan berdasarkan dari sistem organ tubuh samapi ke saraf pusat sehingga sistem saraf ini dapat melakukan dengan mudah oleh panca indera.

E. Sistem Kardiovaskular (Sistem Peredaran Darah)

Sistem kardiovaskular merupakan fungsi sistem dari peredaran darah hibgga untuk memompa bagian seluruh tubuh karena akan mengakibatkan kardiovaskular jantung akan terjadi pada peredaran darah.

Dengan demikian sistem ini akan dialirkan pada aliran tubuh manusia yang memiliki kandungan zat-zat gizi serta karbondioksida untuk sistem kekebalan tubuh.

F. Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sistem dengan fungsi untuk memproses makanan yang akan menjadikan kandungan zat dan gizi yang sangat penting hingga dibutuhkan oleh tubuh dengan melalui saluran anus.

G. Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan merupakan sistem dengan fungsi untuk memasukan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida hingga pernapasan akan di saluran ke pencernaan dengan melalui peredaran dara dalam tubuh.

H. Sistem Urin

Sistem urin merupakan sistem dengan fungsi untuk menyaring peredaran darah dan menghasilkan air seni sehinga mengalirkan air seni menuju kantung kemih yang normal.

Sistem urin semakin di butuhkan oleh organ tubuh, sehingga dapat mengirim saluran kemih ke dalam jeringan tubuh yang lainnya untuk membuang air seni yang kotor pada bagian area genital.

I. Sistem Endokrin

Sistem endokrin merupakan sistem dengan fungsi yang terdapat pada kelenjar tubuh dan akan menghasilkan hormon-hormon yang diproduksi oleh dari sistem kelenjar pituitari dalam bentik ovarium, pankreas dan testikel.

J. Sistem Limfatik dan Imunitas

Sistem limfatik merupakan sistem dengan fungssi yang berhubungan dengan kekebalan tubuh atau yang sering di sebut imunitas untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit atau deri serangan virus yang berbahaya.

Dengan demikian sistem limfatik ini dapat meliputi sistem kapiler yang di lakukan oleh pembuluh darah yang mengangkut cairan yang berisikan sel-sel darah putih yang saling berhubungan.

K. Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi merupakan sistem dengan fungsi untuk reproduksi pria dan wanita sehingga akan lebih mudah mengetahui perbedaan pada organ dan mekanisme dari kedua jenis sistem reproduksi wanita dan pria tersebut.

L. Sistem Indera ( Panca Indera)

Sistem indera merupakan sistem dengan fungsi untuk mengetahui peranan penting dalam rangsangan yang berada pada lingkungan sebagai panca indera dengan sistem ini manusia akan bisa melihat denga panca indra yang telah di berikan oleh yang maha kuasa.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang Anatomi Tubuh Manusia yang di sertai fungsi Organ Tubuh Manusia semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih

Baca Juga: Sistem Pernapasan