Ancaman Terhadap NKRI

Posted on
Ancaman-Terhadap-NKRI

Artikel makalah tentang, Ancaman Terhadap NKRI lengkap dalam bidang pertahanan dan keamanan, pengertian, klarifikasinya, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Ancaman Terhadap NKRI,,,, adalah sebuah gagasan yang dapat mempengaruhi antar hubungan dari negara-negara dan akan lebih mudah berkembang, maka dengan ancaman ini negara indonesia akan menambahkan kekuatan dalam bidang pertahanan.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Ancaman NKRI Itu

Ancaman NKRI adalah salah bentuk terhadap perubahan ssebagai warga negara yang baik akan perlu melindungi Republik Indonesia supaya akan tercapai cintah dalam tanah air.

Sebagai warga negara Indonesia harus dapat melindungi Indonesia dengan beberapa cara sehinga Indonesia pertama-tama perlu mengetahui jenis ancaman pada Republik Indonesia.

Dalam hal ini gangguan atau ancaman pada Republik Indonesia hanya akan datang dari luar negeri ketika perang dan gangguan yang lainnya, maka ancaman yang akan datang ke Indonesia terdiri dari.

Baca Juga: Macam Macam Ideologi

2 Ancaman Terbesar Terhadap NKRI

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa ancaman pada NKRI diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ancaman Dari Dalam Negeri

Ancaman Dari Dalam Negeri adalah salah satu ancaman yang akan ditimbulkan terhadap Republik Indonesia saja lebih mudah untuk mengatasai nya seperti dalam bidang, domestik.

Berikut beberapan contoh terhadap ancaman nya adalah:

A. Kasus Narkoba

Kasus Narkoba adalah salah satu kasus yang sering terjadi dan hak ini sangat meresahkan rakayat indonesia, kasus ini sangat sulit diberantas karena sudah tersebar luas di Indonesia yang mempengaruhi berbagai kelompok umur.

Narkotika sendiri dapat menjadi sebua ancaman besar bagi Republik Indonesia karena dengan keberadaan obat-obatan ini dapat merusak anak bangasa dalam perkembangan pada generasi penerus negara.

Baca Juga: Kerjasama Asean

B. Kesenjangan Ekonomi Masyarakat

Kesenjangan Ekonomi Masyarakat adalah sebuah perubahan dalam bidang ekonomi tetapi Negara Kesatuan Republik Indonesia seudah merencanakan perkembangan dalam bentuk kesejahteraan yang tidak merata pada masyarakat.

Sehingga Ancaman ini dapat mengancam negara Indonesia karena distribusi dalam pendapatan antara kelompok pada daerah yang tidak merata.

C. Masalah KKN

Masalah KKN adalah salah satu masalah yang tidak bisa bebas dari kolusi, korupsi sehingga banyak sekali penajabat negara telah menyalahgunakan kekuasaan dengan melakukan posisi mereka untuk menerima uang negara demi kepentingan mereka .

Maka Masalah KKN sendiri sebuah masalah yang sudah tidak asing lagi dalam negara indonesia karena kuran nya pengawasan dari pemerinta sengan demikianlah penyebab korupsi sangat sulit di atasi.

D. Upaya Mengganti Ideologi

Upaya Mengganti Ideologi adalah salah satu ancaman bangsa Indonesia yang akan digunakan sebagai ideologi negara dalam kesatuan Republik Indonesia karena akan mengandung semua cita-cita bangsa.

Keinginan untuk mengganti ideologi Pancasila sangat ekstrem dan tidak sesuai dengan kepribadian pada negara Indonesia untuk menggantikan ideologi dari beberapa pihak dengan menciptakan berbagai jenis kontroversi.

E. Pemberontakan

Pemberontakan adalah sebuah ancaman yang akan meninimbulkan ancaman dalam negeri denga terjadainya pemberontakan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Pemberontakan ini sangat mengancam Indonesia karena pemberontakan akan terjadi kapan saja dan di mana saja denan alasn yang tertentu pada negara indonesia sebagai bahan dari pemberontakan itu sendiri.

F. Makar Pada Pemerintah

Makar Pada Pemerintah adalah salah satu Ancaman yang sangat berbahas karena hal ini dapat merusak tanah air upaya untuk menggulingkan pemerintah terhadap pengkhianatan.

G. Edisi Sara

Edisi Sara adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada masalah yang terjadi di indinesia dan akan menimbulkan ancamandari berbagai jenis agama, ras dan budaya dari berbagai kelompok etnis di Indonesia.

Ancaman SARA tidak boleh diremehkan, karena meskipun maslah ini dianggap sekecil dapat menghancurkan keanekaragaman bangsa Indonesia dengan mempengaruhi keadaan negara Indonesia.

Baca Juga: Tokoh Perumus Pancasila

2. Ancaman Dari Luar Negeri

Ancaman Dari Luar Negeri adlah sebuah sancaman dalam bidang terhadap Republik Indonesia yang bisa datang dari luar negeri dengan mempengaruhi dari dua negara.

Berikut beberapa ancaman dari luar negeri adalah:

A. Ancaman Sosial Budaya

Ancaman Sosial Budaya adalah sebuah ancaman sosial yang alan datang dari luar negeri dari propaganda sebagai perdagangan narkoba dan film Prno hal ini dapat menghancurkan moral dalam rakyat Indonesia. karena dapat merusak generasi muda dan akan menghambat perkembangan bangsa Indonesia.

B. Ancaman Pertahanan

Ancaman Pertahanan adalah sebuah ancaman dari negara asing terhadap pertahanan dan keamanan termasuk pelanggaran regional pada kejahatan internasional dari masalah teroris yang mempengaruhi Republik Indonesia.

Masalah-masalah seperti ini akan dapat dianggap sepele karena dapat mempengaruhi keamanan dalam pertahanan yang harus diatasi dengan memperkuat sebuah pertahanan militer agar Indonesia terhindar dari ancaman tersebut.

C. Perjuangan Budaya Indonesia

Perjuangan Budaya Indonesia adalah salah satu ancamanan yang dapat membuat budaya akan mudah lemah karena tidak ditemukan di bagian lain untuk mengakui budaya Indonesia sebagai budaya mereka.

D. Ancaman Politik

Ancaman Politik adalah salah satu bidang politik yang akan merusak kebudayaan negara-negara dengan mengganggu urusan internal rakyat Indonesia.

Sehingga akan membentuk sistem politik di Indonesia dalam kepentingan masing-masing dari individu dan beroperasi sesuai dengan pancasila yang dilandasi dari sektor politik secara demokratis.

Nah demikianlah yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, Ancaman Terhadap NKRI, semoga adanya artikel ini dapat membantu kita semua sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hubungan Pancasila Dengan UUD 1945