Apa Yang Dimaksud Dengan IDE “Integrated Development Environment” ?

Posted on

Apa Yang Dimaksud Dengan IDE “Integrated Development Environment” ? IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi atau program komputer yang mempunyai beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam pembangunan perangkat lunak (Software).  Untuk penjelasan lengkapnya simaklah Penjelasan Tentang IDE ( Integrated Development Environment) di bawah ini.

Apa Itu IDE

Penjelasan Tentang IDE ( Integrated Development Environment)

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi atau program komputer yang mempunyai beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam pembangunan perangkat lunak (Software). Tujuan dari IDE yaitu untuk menyediakan semua utilitas yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak. Menjadi seorang programmer diharuskan untuk mengetahui berbagai Integrated Development Environment untuk pembangunan perangkat lunak.

Selain itu, IDE merupakan sebuah perangkat lunak aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer komputer pada saat membuat program. Biasanya IDE terdiri dari source code editor build automation tools dan debugger.

Buat kalian keluarga besar Telkom University yang belajar programming disarankan untuk belajar agar mengetahui berbagai teknologi IDE yang muncul di masa kini.
Biasanya sebuah IDE, atau secara umum bisa diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas seperti :

  • Editor, fasilitas ini diperuntukan menuliskan kode atau fungsi-fungsi yang bisa diterjemahkan oleh mesin komputer sebagai kode programming.
  • Compiler, Berfungsi untuk menjalankan bentuk kode program yang di tuliskan di Editor dan mengubah dalam bentuk binary yang selanjutnya akan ditampilkan sesuai perintah-perintah kode mesin.
  • Debuger, Berguna untuk mengecek dan juga mengetes jalannya kode program untuk mencari atau mendebug kesalahan dari program.
  • Frame/Views, fasilitias yang satu ini berguna untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program yang dieksekusikan oleh Compiler dari Editor.

Terdapat beberapa IDE yang saat ini populer dan sangat mendukung developer dalam mengembangkan perangkat lunak (Software) untuk beberapa platform (iOs Apps, Desktop Apps, Web Apps dan Android Apps,). Namun, tidak semua IDE di atas mendukung semua platform yang disebutkan tadi.

Berikut adalah beberapa IDE yang biasanya digunakan oleh Developer beserta penjelasannya, diantaranya :

1. Intelijs IDE

Intelljs IDE, definisinya sama dengan Netbeans yang mana Intelijis ini juga yang didukung oleh Android Platform, Desktop, Web. IDE ini bisa mengintegrasikan 3 platform yang didukungnya dalam satu pengembangan suatu perangkat lunak (Software)

2. Netbeans IDE

NetBeans IDE untuk perangkat lunak yang memiliki beberapa bahasa pemrograman yang bisa didukung dari beberapa platform seperti Desktop Apps, Web App. Akan tetapi, IDE ini belum memiliki atau didukung oleh iOs Platform dan Androidpada versi windows. Biasanya programmer develop aplikasi untuk setiap platform secara terpisah. Maksudnya, tidak bisa diintegrasikan seperti ke-3 platform yang disebut di atas.

3. Nodejs

Node.js adalah suatu platform yang berbasis WEB yang bisa mendukung React.js untuk mengintegrasikan ke-4 platform yang disebut pada React.js. platform ini berfungsi mengembangakan web service sebagai Back End dari Reack.js agar dapat memfasilitasi ke-4 platform untuk mengakses satu server database.

4. Reactjs

React.js, Teknologi yang satu ini telah memiliki kemampuan yang bisa didukung oleh ke-4 platform yaitu iOs platform, Android platform, Desktop, dan juga Web platform. React.js ini bisa mengintegrasikan 4 platform ini dalam sekali pengembangan dan bisa menggunakan satu Database server oleh ke-4 platform tersebut. Lalu, bagaimana bisa menggunakan satu server database? Sedangkan Android Platform dan iOs Platform tidak bisa menggunakan Database Server.

Untuk kalian Developer, kami sarankan untuk menggali lebih dalam lagi mengenai IDE ini, agar lebih fleksibel membangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan React.js. Ada sedikit clue mengenai bagaimana ke-4  platform yang bisa diintegrasikan dalam mengakses satu server database. Bayangkan, Android bisa mengakses database dari Web Apps melalui JSON, Web Platform & Desktop Platform bisa menggunakan satu database server.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Makalah Apa Yang Di Maksud Dengan IDE ( Integrated Development Environment). Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :