Apresiasi Seni – Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Contoh

Posted on

Apresiasi Seni – Sebenarnya kita sering kali melakukan apresiasi seni atau mengeapresiasi sebuah karya seni, karena kita tentunya pernah melihat sebuah karya seni kemudian kita menghargai, menghormati bahkan sampai menilai karya seni tersebut ini semua merupakan bagian kecil dari apresiasi seni. Lalu apa itu Apresiasi Seni ? Apresiasi seni merupakan sebuah proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi Apresiasi Seni, Manfaat Apresiasi Seni, Tujuan Apresiasi Seni, dan Contoh Apresiasi Seni di bawah ini.

Apresiasi seni

Pengertian Apresiasi Seni

Apresiasi seni merupakan sebuah proses penghayatan atau mengamati suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya. Secara umum apresiasi seni bentuk dari kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni. Selain itu jika kita artikan lebih dalam bahwa apresiasi seni adalah penilaian terhadap karya seni mulai dari mengenali, memberi nilai, sampai dengan menghargai sebuah karya seni.

Fungsi Apresiasi Seni

Jika kita mengambil kesimpulan dari pengertian di atas bahwa fungsi apreasiasi secara umum adalah sebagai bentuk ekspresi penghargaan kepada suatu karya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari apresiasi seni:

  1. Sebagai cara seseorang dalam memberikan penilaian, edukasi, empati, menghormati, menghargai terhadap sebuah karya seni atau sastra.
  2. Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap karya-karya yang bernilaikan seni dari anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.
  3. Sebagai cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan manusia dalam berbagai, atau dalam kata lain mengasah kreativitas.
Baca Juga :  Pengertian Database (Basisdata) Adalah Menurut Para Ahli

Manfaat Apresiasi Seni

Memberikan apresiasi kepada orang lain terhadap karya yang ia buat akan memberikan dampak yang bagi individu dan atau kelompok. Berikut ini merupakan manfaat yang bisa didapat jika diterapkan dengan baik:

  1. Agar kita memahami mengenai hal yang berkenaan dengan karya seni dari berbagai sisi.
  2. Menumbuhkan dan Meningkatkan rasa kecintaan terhadap karya seni dan sesama manusia.
  3. Sarana mengedukasi, hiburan, empati, dan lainnya.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni menjadi lebih baik di masa mendatang.

Tujuan Apresiasi Seni

Tujuan pokok dari apresiasi seni yakni berupa memperkenalkan atau mempublikasi karya seni tersebut agar karya seni lebih bisa dinikmati oleh orang banyak, dengan mempublikasikannya tetntunya karya seni tersebut akan lebih terkenal bahkan sampai kerana internasional.

Nah, dengan adanya apresiasi seni maka kita bisa lebih mudah mengerti maksud dan tujuannya. Sementara ada tujuan yang paling pokok dari tujuan-tujuan yang lain , dalam hal ini ada tiga poin. Ketiga poin tujuan akhir tersebut sebagai berikut.

  1. Mengembangkan nilai estetika karya seni
    Estetika merupakan kepekaan terhadap keindahan atau seni. Hal ini membuat kita lebih cepat menyadari unsur seni pada karya seni itu sendiri.
  2. Mengembangkan daya kreasi
    Selanjutnya yaitu ialah mengembangkan kreasi. Karena kita menjadi lebih peka dan mengerti maksud dari karya seni, maka daya kreasi kita juga bisa bertambah.
  3. Menyempurnakan
    Maksudnya yaitu, apresiasi pada karya-karya seni juga sebagai ‘penyempurna’ dari karya-karya seni itu sendiri.

Contoh Apresiasi Seni

Sebagai contoh, seorang penikmat yang memang sengaja di undang di sebuah pameran seni yang diselenggarakan olleh para seniman dari berbagai daerah. Kemudian Penikmat seni tersebut datang karena ini mengenal dan melihat hasil karya seni yang dipamerkan.

Baca Juga :  Bahaya Pergaulan Bebas - Pengertian, Dampak, Penyebab, dan Contoh

Selanjutnya, pada saat penikmat seni tersebut melihat-melihat, beberapa karya seni rupa ada salah satu dari karya tersebut yang mampu menarik perhatian penikmat seni tersebut dan membuatnya memberi penilaian dari sudut pandangnya.

Menurutnya beberapa karya tersebut sangatlah baik dan detailnyapun menarik, hanya saja kurang warna. Dan dia mengungkapkan penialiannya tersebut pada teman-teman lain yang juuga sang seniman.

 

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Apresiasi Seni mulai dari Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi dan Manfaat Apresiasi Seni, Tujuan Apresiasi Seni, dan Contoh Apresiasi Seni. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Apresiasi Seni – Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Contoh
5 (100%) 1 vote[s]