Arti Literasi

Arti Literasi – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan membahas tentang Bahasa Indonesia yang bertemakan Literasi untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Pengertian Literasi

arti literasi multimoda

Dilansir dari web wikipedia, istilah dari literasi didalam bahasa Latin disebut juga dengan literatus, yang artinya orang yang belajar.

Secara garis besarnya, arti literasi itu sendiri yakni istilah umum yang merujuk kepada kemampuan serta keterampilan seseorang didalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan juga memecahkan masalah yang ada di dalam kehidupan sehari-harinya kita.

Dengan kata lainnya, literasi tak dapat dilepaskan dari kemampuan seseorang didalam berbahasa. Dan Ini lah beberapa pengertian literasi menurut pendapat para ahli.

  • Menurut Elizabeth Sulzby

Menurut dari Elizabeth Sulzby “1986”, Literasi yakni kemampuan berbahasa yang dipunyai oleh seseorang didalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak serta menulis” dengan memakai cara yang berbeda sesuai dari tujuannya.

Apabila didefinisikan secara singkat, definisi literasi yakni kemampuan menulis dan juga membaca.

  • Menurut Jack Goody

Menurut dari Jack Goody, Literasi yakni sebuah kemampuan seseorang didalam membaca serta menulis.

  • Menurut UNESCO

Menurut dari UNESCO “The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization”, Literasi yakni seperangkat keterampilan yang nyata, terutama pada ketrampilan didalam membaca dan juga menulis yang terlepas dari para konteks yang dimana ketrampilan itu didapatkan dan juga siapa yang telah memperolehnya.

  • Menurut Harvey J. Graff

Menurut dari Harvey J. Graff “2006”, Literasi yakni sebuah kemampuan didalam diri seseorang agar menulis serta membaca.

  • Menurut Merriam – Webster

Menurut dari kamus online Merriam – Webster, Literasi yakni sebuah kemampuan ataupun kualitas melek aksara yang ada di dalam diri seseorang yang dimana di dalamnya ada kemampuan membaca, menulis serta mengenali dan juga memahami ide-ide dengan visual.

  • Menurut Alberta

Menurut Alberta, Literasi yakni kemampuan membaca dan juga menulis, menambah dari pengetahuan serta ketrampilan, berpikir kritis didalam memecahkan masalah, dan juga kemampuan berkomunikasi dengan efektif yang bisa mengembangkan potensi serta berpartisipasi didalam kehidupan masyarakat.

Manfaat Literasi

Selanjutnya, sesudah kalian mengetahui pengertianya, sekarang kami ingin menjabarkan apa sajakah manfaat literasi. Maka simaklah yang dibawah ini.

  1. Meningkatkan pengetahuan terhadap kosa kata.
  2. Membuat otak dapat bekerja dengan optimal.
  3. Menambah wawasan.
  4. Mempertajam diri didalam menangkap sebuah informasi dari suatu bacaan.
  5. Mengembangkan sebuah kemampuan verbal.
  6. Melatih kemampuan dalam berpikir serta menganalisa.
  7. Melatih fokus serta konsentrasi.
  8. Melatih diri untuk dapat menulis serta merangkai kata dengan baik dan benar.

Tujuan Literasi

Dan inilah beberapa tujuan dari literasi yang bisa kalian pahami, berikut ini adalah tujuannya.

  1. Menciptakan serta mengembangkan budi pekerti yang sangat baik.
  2. Menciptakan budaya untuk membaca di sekolah serta masyarakat.
  3. Meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca berbagai macam informasi yang bermanfaat.
  4. Meningkatkan kepahaman seseorang kepada sebuah bacaan.
  5. Membuat seseorang dapat berpikir dengan kritis.
  6. Memperkuat sebuah nilai kepribadian.

Jenis-Jenis Literasi

Didalam hal ini walaupun penggunaan istilah dari literasi sudah di jamak, tapi pada dasarnya istilah itu tetap merujuk kepada kemampuan dasar seseorang didalam membaca serta menulis, mengacu kepada literasi, berikut ini yakni beberapa jenis literasi yakni :

1. Literasi Dasar

Literasi dasar yakni kemampuan dasar didalam membaca, menulis, mendengarkan serta berhitung.

Tujuan literasi dasar yakni agar bisa mengoptimalkan kemampuan seseorang didalam membaca, menulis, berkomunikasi serta berhitung.

2. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan yakni kemampuan didalam memahami serta membedakan karya tulis yang berbentuk fiksi dan juga non-fiksi, memahami cara memakai katalog dan juga indeks, serta kemampuan untuk memahami informasi saat membuat sebuah karya tulis dan juga penelitian.

3. Literasi Media

Literasi media ialah kemampuan didalam mengetahui serta memahami berbagai macam bentuk media “media elektronik, media cetak serta lain-lain” lalu memahami cara penggunaan disetiap media itu.

4. Literasi Teknologi

Literasi teknologi yakni kemampuan didalam mengetahui serta memahami hal-hal yang bisa berhubungan dengan teknologi misalnya saja hardware serta software, mengerti cara memakai internet dan juga memahami etika didalam memakai teknologi.

5. Literasi Visual

Literasi visual ialah pemahaman yang jauh lebih kemampuan didalam menginterpretasi serta memberi makna dari sebuah informasi yang berbentuk gambar ataupun visual.

Literasi visual yang hadir dari pemikiran bahwa sanya sebuah gambar dapat“dibaca” serta artinya dapat dikomunikasikan dari pada proses membaca.

Contoh Literasi Sekolah

Berikut ini ada beberapa contoh program literasi disekolah yang dapat kalian lakukan agar membudayakan membaca:

  1. Memiliki jadwal rutin agar bisa mengunjungi perpustakaan.
  2. Membaca yang setidaknya satu buku per minggunya.
  3. Membuat sebuah pohon literasi pada setiap kelasnya.
  4. Membuat mading per kelas serta papan mading di sekolahnya.
  5. Membuat read corner lainnya, tak hanya ada di perpustakaan saja.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Arti Literasi semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari Bahasa Indonesia dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: