Assalamualaikum Arab

Posted on

Assalamualaikum Arab – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Agama Islam yang bertemakan Assalamualaikum Arab untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir.

Assalamualaikum ialah kalimat yang begitu fenomenal yang memiliki makna yang kalau kita pahami jauh lebih mendalam, makna nya begitu dalam serta begitu berarti untuk semua umat muslim yang ada di dunia.

Arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam

gambar assalamualaikum arab

Imam Nawawi sudah menjelaskan didalam suatu kitab hasil karya nya yang bernama Al-Adzkar, bahwa sanya terdapat 3 kategori salam yang dapat kita pakai sebagai sebuah kalimat untuk menyapa serta sebagai doa dari kita kepada sesama Muslim lainnya.

Berikut ini daftarnya:

  1. Assalamualaikum : Assalamualaikum yang artinya yakni Semoga Keselamatan terlimpah padamu.
  2. Assalamualaikum Warahmatullah: Assalamualaikum warahmatullah yang artinya ialah Semoga Allah melimpahkan keselematan serta rahmat-Nya padamu. Ataupun semoga keselamatan serta rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamualaikum~Warahmatullahi~Wabarakatuh: maknanya itu kurang lebih yakni“Semoga padamu Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, serta keberkahanNya”. Atau dapat juga artinya “Semoga keselamatan serta rahmat Allah dan juga keberkahannya terlimpah untukmu”.

Tulisan Arab Assalamualiakum

assalamualaikum arab png

Berikut ini ialah tulisan assalamualaikum dengan lengkap didalam teks serta bahasa arab:

  • Tulisan assalamualaikum serta waalaikumsalam lengkap didalam bahasa Indonesia yakni : Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
  • Sedangkan Tulisan Didalam Bahasa Bahasa Arab yakni : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Arti tulisan assalamualaikum arab yakni : 

  • Salam ( السلام ) Artinya itu keselamatan.
  • ‘Alaikum ( عليكم ): ‘ala (علي) yang artinya untuk ataupun atas serta kum (كم) yang artinya kalian.
  • Wa (و) yang artinya dan.
  • Rahmatullah (رحمةالله ) yang artinya rahmat Allah.
  • Barakatuh (بركاته) yang artinya keberkahan-Nya.

Tulisan Arab Wa’alaikumsalam dan Artinya

Perlu kalian tau bahwa sanya untuk menjawab salam pula ada tingkatan-tingkatannya yang sebagaimana memberi salam. Untuk menjawab sebuah salam kita juga harus menjawab dengan perkataan yang jauh lebih baik ataupun lebih panjang dari orang yang pemberi salam, sebagaimana Allah sudah memerintahkan didalam Al-Qur’an di QS An-Nisa ayat 86.

Inti dari ayat ini yakni apabila kita diberi penghormatan ataupun salam dengan sebuah penghormatan, maka kita sudah di sarankan agar membalas penghormatan itu secara lebih baik, ataupun minimal dengan hal yang serupa.

Bagi tulisan arab dari wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh sendiri yakni :

download tulisan arab assalamualaikum untuk undangan

“Serta semoga pada kamu (atau kalian) keselamatan serta rahmat Allah dan juga keberkahannya terlimpah.”

Adapun bagi tingkatan-tingkatan yang menjawab salam yakni sebagai berikut:

  1. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ
  2. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
  3. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tulisan Artinya Arab Wassalamu’alaikum

Sudah kita tahu bersama bahwa sanya kalimat wassalamu’alaikum diucapkan saat kita mau menutup sebuah pembicaraan dengan orang lain, serta menutup pidato. Biasanya saat kita mengisi suatu acara, maka saat penutupan salam yang sudah diucapkan ialah kalimat wassalamu’alaikum. Dapat juga saat menulis suatu surat, buletin serta lain sebagainya.

Yang artinya “Dan semoga juga padamu keselamatan serta rahmat Allah dan keberkahannya terlimpah. Ataupun semoga Allah dapat melimpahkan keselamatan, rahmat serta keberkahan padamu.

Hukum Menjawab Salam

kaligrafi assalamualaikum dan waalaikumsalam

Hukum untuk memberikan salam pada saudara muslim lainya ialah sunnah, tapi hukum menjawabnya ialah fardhu ‘ain (wajib) apabila kita didalam kondisi sendirian.

Sedangkan apabila salam yang sudah diucapkan pada sebuah rombongan ataupun suatukelompok, jadi hukum menjawabnya ialah fardhu kifayah. Apabila salah satu anggota kelompok itu setelah menjawabnya jadi hal itu sudah sangatlah cukup.

Dari Ali bin Abi Thalib, Nabi Saw sudah bersabda yang artinya yakni kurang lebih : “Sudah mencukupi untuk sebuah rombongan jika melewati seseorang, kemudian salah satu darinya mengucapkan salam.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Makna Ucapan Salam

tulisan assalamualaikum yang benar dalam bahasa arab

Terdapat beberapa makna yang sudah terkandung didalam tulisan arab assalamualaikum. Yang berikut ini diantaranya:

  • Semua Makhluk Sudah Bergantung Pada Allah SWT: Artinya yakni suatu bentuk keberserahan diri manusia pada Allah yang Maha Kuasa diatas segala sesuatu yang sudah terjadi di Alam Semesta.
  • Bentuk Saling Untuk Mencintai Serta Saling Menghormati: Artinya saat memberi salam artinya kita sedang mendo’akan orang lain serta saling berkaitan dari diri kita sendiri agar memperoleh kebaikan serta keselamatan baik itu dunia ataupun akhirat.
  • Memberikan Rasa Aman: Artinya saat seseorang memberikan salam, dengan tidak langsung sebetulnya dia sudah memberikan janji bahwa sanya kita aman dari pada segala perlakuan yang negatifnya.

Keselamatan dan Asma Allah

Kata “Salam” ialah salah satu dari akar kata ISLAM, yang artinya ialah damai, menebarkan sebuah kedamaian, serta keselamatan. Kata “Salam” pula termasuk didalam nama indah Allah SWT didalam Asmaul Husna.

Sebagaimana Rasulullah SAW sudah pernah menjelaskan didalam sabdanya yang sudah diriwayatkan oleh Al-Bazzar serta Baihaqi berikut ini adalah point-pointnya:

  1. “As-Salam yang termasuk didalam asma Allah Ta’ala yang sudah diletakkan Allah pada bumi, jadi sebarkanlah.
  2. Apabila seorang muslim melewati sebuah kelompok orang, lalu ia memberikan sebuah salam pada mereka, maka ia memiliki kelebihan satu derajat diatas dari mereka dengan cara mengingatkan salam pada mereka.
  3. Apabila mereka tak menjawabnya, maka dia dijawab oleh yang jauh lebih baik dari mereka yakni para malaikat.

Salam ialah salah satu dari nama Asma Allah, maka kalimat nya yakni“Assalaamu ‘alaik” yang bermakna “Allah bersamamu” ataupun dapat juga “engkau didalam penjagaan Allah SWT”, sehingganya dikondisi ini keselamatan yang akan selalu menyertai kita.

Cara Pengucapan dan Penulisan Salam

waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh in arabic writing

Pengucapan Salam

Cara pengucapan dari salam apabila kita mengacu ditulisan Arab ‘Assalamu’alaikum’. Disana terdapat huruf aSSalamu‘Alaikum. (Huruf SS dan ‘a) Huruslah ‘Sin’ memiliki tasydid serta ada huruf ‘ain bukan alif dikata sesudah “mu”.

Alangkah baiknya saaat kita mengucap kalimat salam secara baik dan benar. Jangan sampai kalian memplesetkannya menjadi. Mlikum, Mikum, ataupun Ikum, dikarenakan itu akan merubah sebuah makna dari pada salam tersebut.

Penulisan Salam yang Benar

Penulisan salam yang sangat benar tentu saja dari menuliskannya dengan lengkap, seperti 3 salam yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu

  1. Assalamu’alaikum.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adab Mengucapkan Salam

gambar jawaban assalamualaikum

Selain kita sudah dianjurkanya mengucapkan salam kepada sesama muslim, terdapat juga adab-adab salam yang juga harus kita perhatikan supaya sempurna salamnya serta tidak salah didalam mengamalkanya. Berikut ini penjelasannya diantaranya:

  • Hendaklah untuk mengucapkan salam secara sempurna.
  • Memulai salam yang terlebih dahulu.
  • Mengulangi salam saat berjumpa lagi walaupun hanya sesaat.
  • Tak mengucapkan salam pada nasrani dan yahudi terlebih dahulu.
  • Membalas salam secara lebih baik ataupun semisalnya.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Assalamualaikum Arab semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Agama Islam dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: