10+ Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya [Lengkap]

Posted on

Bagian-Bagian Bunga Beserta Fungsi – Bunga merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga. Kebanyakan bunga memiliki 2 alat kelamin yaitu benang sari (jantan) dan putik (betina). Untuk lebih jelasnya lagi kami akan mengulas materi mengenai Bagian-Bagian Bunga Lengkap Beserta Fungsinya. Maka simaklah ulasannya Di bawah ini.

Bagian-Bagian Bunga

Bagian-Bagian Bunga Sempurna

Definisi Bunga-Bunga merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga. Kebanyakan bunga memiliki 2 alat kelamin yaitu benang sari (jantan) dan putik (betina). Adapun proses penyerbukan pada bunga ada bantuan dari serangga seperti kupu-kupu atau lebah.

Adapun bagian-bagian dari bunga, yang dapat kita dilihat dengan jelas misalnya ; bagian mahkota bunga dan kelopak bunga. Jika dlihat dari jenisnya, Bunga tergolong dari 2 jenis yakni bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari kedua jenis bunga di atas.

  • Bunga lengkap, yakni merupakan bunga yang memiliki empat bagian utama yang ada pada bunga yaitu kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik. Contoh bunga lengkap : bunga sepatu dan bunga mawar.
  • Bunga tidak lengkap, yakni adalah bunga yang tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian utama pada bunga yang seperti di miliki oleh bunga lengkap. Karena pada bunga tidak lengkap ini biasanya hanya  memiliki salah satu perhiasan bunga (mahkota atau kelopak) atau hanya memiliki organ reproduksi bunga (benang sari atau putik).

Bagian bagian Bunga Beserta Fungsinya

Berikut ini adalah bagian-bagian dari bunga sempurna beserta fungsinya

Baca Juga :  Transpor Aktif - Pengertian, Jenis-Jenis , Fungsi Dan Contoh

Bagian Bagian bunga

 

  • Benang sari

Benang Sari yakni bagian penting dalam bunga karena benang sari ini merupakan organ reproduksi jantan pada bunga. Benang sari ini terdiri dari beberapa bagian seperti ; tangkai sari, ujung tangkai sari dan kepala sari atau bunga. Biasanya, Adapun pada bunga ini terdiri dari empat kotak sari yang disebut dengan mikrosporangia.

Pada saat perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung serbuk sari di dalamnya, Serbuk sari yang dihasilkan ini akan dilepaskan dan jatuh atau terbawa oleh hewan(Serangga), angin dan air ke putik bunga yang sama atau ke putik bunga yang lain. Dengan demikian akan terjadi sebuah penyerbukan.

  • Tangkai bunga

Tangkai bunga terletak di bagian bawah pada bunga. Bagian yang satu ini memiliki nama latin yakni Pedicellus. Tangkai Bunga ini memiliki fungsi yang sangat berbeda dengan bagian induk tangkai. Bagian tangkai bunga merupakan bagian yang berada di bawah bunga paling terakhir.

Selain itu, tangkai bunga juga menjadi penghubung antara tangkai bunga dengan ranting. dengan kata lain, tangkai bunga adalah tempat untuk memetik sebuah bunga. maka tempat tangkai bunga ini berada dibawah bunga.

  • Dasar bunga

Dasar Bunga ini berada di bagian atas tangkai bunga atau pada bunga bagian bawah. Bagian dasar bunga ini setelah bagian tangkai bunga atau di ujung bunga. Dasar bunga memiliki nama latin ; Receptacle. Dasar bunga ini berfungsi sebagai tempat meletakkan mahkota dari bagian-bagian bunga yang lainnya.

  • Kelopak bunga

Kelopak bunga ini berada di bagian lingkran terluar bunga dan karena berfung untuk melindungi mahkota ketika bunga sedang dalam kondisi kuncup. Fungsi utama dari dari kelopak bunga yaitu untuk melindungi mahkota bunga ketika masih dalam keadaan kuncup dan kelopak bunga akan terbuka jika mahkota mulai mekar. Biasanya, kelopak bunga hijau dan bentuknya menyerupai daun.

Baca Juga :  Pengertian Panca Indera, Macam-Macam, Fungsi dan Gambarnya

Pada saat bunga sudah mulai mekar, kelopak bunga juga ikut terbuka. Apabila bunga sudah mekar dengan sempurna, maka kelopak bunga akan ikut mekar dan membentuk hampir mirip bunga, tetapi dengan warna hijau seperti daun.

  • Mahkota bunga

Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling mencolok. Pada bagian mahkota bunga ini berfungsi untuk menarik serangga. Mahkota bunga ini biasanya berwarna-warni sengingga akan terlihat indah. Dan mahkota bunga ini pula merupakan bagian terbesar dibanding dari bagian-bagian bunga yang lain.

Karena warnanya mencolok sehingga berfungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk untuk proses penyerbukan. Adapun mahkota bunga ini berada pada lingkaran di sebelah dalam kelopak bunga. Selain itu, mahkota bunga juga merupakan modifikasi daun dan berfungsi pula untuk melindungi organ reproduksi.

  • Daun pelindung

Daun pelindung bunga yakni bagian yang berbeda dengan kelopak bunga karena bagian daun pelindung ini adalah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Maka, pada bagian ketiak daun ini, bunga dapat berkembang dan tumbuh.

  • Kepala Putik (Stigma)

Kepala putik yang memiliki nama ilmiah stigma ini berfungsi menjadi tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari. Selanjutnya polen ini ditransfer ke bagian ovarium atau inti telur bunga melalui tabung serbuk sari.

  • Tangkai putik (Stilus)

Tangkai putik yang memiliki nama ilmiah Stilus ini berfungsi menyangga kepala putik agar kepala putik tetap berada pada posisinya. Tangkai putik ini memiliki rongga atau saluran tabung serbuk sari yang mana tabung ini adalah tempat yang digunakan untuk lewatnya polen yang berasal dari kepala sari yang selanjutnya diteruskan ke inti generatif atau ovarium yang kemudian akan terjadi pembuahan.

  • Bakal buah (Ovarium)

Bakal buah atau di sebut ovalium yang man ovarlium ini berguna sebagai tempat terjadinya proses pembuahan. Pada bagian ini  terjadi sebuah proses dimana peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina yang mana proses nantinya akan akan menghasilkan bakal buah.

  • Bakal biji (Ovulum)

Ovulum adalah tempat terjadinya proses pembentukkan biji yang nantinya akan menghasilkan biji yang matang. Ovulum ini sangat berguna dalam proses perkembangan atau pelestarian tanaman agar tetap ada pada generasi berikutnya.

Baca Juga :  Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Beserta Gambar [Lengkap]

Demikianlah pembahasan kami mengenai Bagia-Bagian Bunga Sempurna Beserta Fungsinya, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

10+ Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya [Lengkap]
5 (100%) 1 vote