Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh Teks Berita

Posted on

Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh Teks Berita – Mereka yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik, pembacaan berita menjadi sebuah keterampilan yang harus diasah. Bagaimana agar bisa menarik atensi pendengar atau penonton, dan bersikap netral atau wajar dalam membacakan berita, itu semua adalah hal-hal mendasar yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah Materi Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar Beserta Contohnya di bawah ini.

Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar

Teknik / Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar

Mereka yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik, pembacaan berita menjadi sebuah keterampilan yang harus diasah. Bagaimana agar bisa menarik atensi pendengar atau penonton, dan bersikap netral atau wajar dalam membacakan berita, itu semua adalah hal-hal mendasar yang harus diperhatikan. Berikut ini ada beberapa macam rangkuman mengenai bagaimana teknik membaca berita yang harus di perhatikan dan ini bisa dicoba untuk dilatih. Lalu apa saja hal yang harus bisa dan harus kita perhatikan dalam membaca berita ? Hal itu adalah yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Intonasi

Intonasi atau disebut juga dengan lagu kalimat. Membaca teks berita, memerlukan ketepatan dan juga kecermatan pada setiap kata dan kalimatnya. Pembaca harus bisa mengatur volume suara, memilih kata/kalimat mana yang disuarakan dengan penekanan, keras, lemah, maupun lembut.

2. Perhatikan Artikulasi

Artikulasi yaitu adalah kejelasan dalam pelafalan atau pengungkapan kata-kata yang akan kita ucapkan. Karena kata-kata yang tidak jelas artikulasinya akan terkesan seperti kita sedang bicara “sambil kumur-kumur”. Kesalahan artikulasi menjadi hal fatal, apabila pendengar mengalami pergeseran makna dari apa yang dimaksud oleh pembaca berita.

3. Volume suara

Volume merupakan tingkat kekuatan dan kenyaringan suara saat mengucapkan kata. Volume suara juga harus diperhatikan. Keras-lemahnya suara serta kenyaringan suara diukur oleh pembaca berita.

4. Irama dalam Membaca Berita

Irama merupakan kecepatan dalam membaca berita. Dalam membaca berita harus menggunakan Irama yang baik agar tidak terkesan buru-buru, formal dan nyaman untuk didengarkan. Anda bisa melatih tempo dalam membaca berita disesuaikan dengan durasi tayang dalam berita tersebut. Kadang-kadang kita harus memberi jeda. Namun pastikan kita tidak terlalu cepat atau lambat dalam membaca sebuah berita.

5. Sikap Tubuh yang Tegap

Hal lain yang juga penting dan harus diperhatikan adalah sikap tubuh saat kita membawakan atau membacakan berita. Teknik membaca berita dengan baik bisa dilakukan dengan menjaga postur tubuh tetap tegap sehingga kita terlihat profesional.

6. Tatapan Mata

Tatapan mata yang netral dan fokus juga diperlukan agar kita terlihat percaya diri. Memutar mata, melirik atau gerakan mata lain seperti kebingungan selama membaca berita bisa menunjukkan unsur ketidakpercayaan diri. Pastikan tatapan mata lurus ke penonton dan fokus.

7. Sesuai Konteks

Sesuaikan gaya pembacaan berita dengan konteks atau tema yang akan di bacakan. Apabila berita tersebut merupakan berita formal, berarti kita juga menggunakan gaya formal.Nanum jika acara tersebut santai, kita jangan terlalu kaku dalam membawakan berita tersebut dan jangan teralu menggunakan bahasa baku.

8. Tetap Tenang Saat Ada Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis bisa saja terjadi pada saat melakukan pembacaan berita. Menjaga sikap tetap tenang dan mampu mengalihkan perhatian dengan tetap stabil merupakan kemampuan yang juga tidak kalah pentingnya.

Contoh Teks Berita

Selamat pagi pemirsa, berjumpa lagi dengan saya Novi Puspita dalam acara Sekilas Berita edisi Minggu, 5 mei 2019 untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual dan terpercaya, yang kami rangkum dalam Seputar Berita pagi ini. Kali ini berita mengenai kasus pembunuhan.

Keterlibatan Susanti, dalam pembunuhan Putri ternyata tidak hanya memancing korban untuk menemui mantan kekasihnya, Andre. Susanti pun ikut menyiksa dan membunuh mahasiswi Universitas Tongga Tinggi itu.

Motif dari pelaku wanita yang berusia sebaya dengan pelaku Andre dan korban itu, terungkap berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan oleh pihak kepolisian tadi malam. Pelaku sendiri ditangkap 1 jam sesudah Andre ditangkap kepolisian saat melayat jenazah di RS Cipto, Salemba, Jakarta Pusat. Susanti sendiri merupakan kekasih Andre saat ini. Sehingga dia cemburu dengan pertemuan Andre dengan mantan kekasihnya itu.

Sebelum meregang nyawa, kedua pelaku ini sempat menyiksa korban dengan cara menmukul bagian kepala menggunakan balok dan disetrum. Salah satu pelaku juga menyumpal mulut Putri dengan kertas. Nahasnya, sumpalan kertas itu yang membuat gadis itu tersedak dan tidak bisa bernapas hingga akhirnya tewas. Berikut liputan selengkapnya.

Demikianlah pembasan kami mengenai Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :