Cerita Fabel

Posted on

Cerita Fabel – Apa itu cerita fabel? Cerita fabel adalah sebuah cerita  yang isisnya menggabarkan sebuah sifat, watak dan karakter manusia. Biasanya cerita ini di perankan oleh hewan – hewan. 

cerita fabel

Tujuan Cerita Fabel

Cerita ini biasanya tidak terlalu panjang karena tujuannya hanya untuk menyampaikan pesan tertentu kepada para pembacanya.  Inilah beberapa contoh cerita fabel diantaranya :

Si Angsa yang Malang dan Seekor Gagak

Di sebuah hutan yang lebat dan asri tinggalah banyak hewan di sana. Namun, ada satu hewan yang sangat  malang takni seekor angsa yang tidak memiliki keluarga di sana. Bahkan dirinya kelaparanpun tidak ada yang menhiraukan.

Angsa ini di jauhi oleh banyak hewan karena rupanya yang tidak bagus. Semua hewan menjauhinya hampir tidak ada yang tersisa.  Suatu hari si angsa sakit keras hingga tidak bisa berjalan. Namun, lagi – lagi mereka hanya acuh dan tak acuh melihat semuanya.

cerita fabel

Pada waktu itu ada burung gagak dari hutan seberang merasa ketakutakan karena dirinya tersesat hingga sampai ke hutan di mana angsa tinggal. Lalu sang burung gagak langsung menolong angsa dan dia memberikan makan kepada angsa.

Gagak bertanya “mengapa kau sendirian di sini?” Lanjutnya “ dimana keluargamu “ ucap gagak. Lalu angsa menjawab “ aku tidak punya siapa – siapa di sini aku sendirian aku tak tahu kenapa aku ada di sini” jawab si angsa.

Tak beberapa kumpulan ayam hutan  menertawakan si gagak karena menolong angsa dirnya lantas mengatakan suatu hal yang tidak pantas untuk di ucapkan “kau bodoh angsa mengapa kau mau berteman dengan si angsa yang jelek itu?” Celoteh dari kumpulan ayam.

Si gagakpun menjawab “jika kalian membenci angsa karena rupanya, maka kalianlah yang rugi” . Lalu angsa dan gagakpun pergi ketempat lain. Namun mendengar jawaban dari gagak para kerumunan ayam tidak mempedulikan itu.

Ke esokan harinya sang angsa sudah kembali pulih dan gagakpun merasa senang. Mereka kini berteman, gagak tidak memandang fisik dari angsa karena angsa sangat baik kepadaanya.

Sebenarnya ada hal yang ingin gagak tanyakan kepada angsa namun dia masih ragu. Hari demi hari gagak semakin ingin menanyakan hal yang sangat penting. Tanpa di sadari wajah serius dan kebingungan gagak telah di perhatikan oleh sang angsa.

cerita fabel

Angsapun bertanya “ mengapa wajah kamu seperti kebingungan wahai gagak” . Lalu gagak menjawab “aku ingin bertanya sesuatu penting namun sepertiny a ini akan melukaimu” ucap gagak. Angsa menjawab “ betanyalah aku tidak akan tersinggung sedikitpun” jawab angsa. 

Dengan nada tidak percaya diri dia bertanya “di mana keuargamu wahai angsa?” Tanya gagak. Angsa menghela nafas sembari memandang bukit “ sebenarnya entahlah aku terdampar di sini saat aku dan keluargaku  menyebrangi pantai tiba – tiba ada ombak besar menghantam  kami sehingga membuat wajahku terluka” jawab angsa sambil dirinya tertunduk sedih.

Setelah itu gagakpun menjawab “apa kau ingin bertemu dengan keluargamu?” Tanya gagak. Angsa pun berkata “aku ingin! Namun sudahlah akupun bingung mau mencari kemana” jawab angsa.

Setelah itu gagakpun mencoba menghibur angsa agar sang angsa tidak merasa sedih. Semenjak itu gagak berusaha untuk selalu menghibur angsa agar lupa akan trauma peristiwa ombak tersebut. Suatu ketika angsa bertanya “wahai gagak apakah kau benar – benar tersesat di sini?” Tanya angsa.

cerita fabel

Kemudian gagak berkata “iya aku tersesat disini, awalnya aku takut dan tidak tahu harus kemana” jawab gagak. Lanjut gagak “namun aku merasa betah di sini karena di hutan seberang semuanya menjauhiku bahkan berusaha melukaiku, entahlah apa karena aku gagak yang lemah” jawab gagak. 

Sambil membawa sepotong makanan dan memberikannya ke gagak, angsapun menjawab “tinggalah di sini wahai gagak, karena di sini kau punya teman yang setia menghiburmu” jawab angsa. Merekapun ketawa dan saling menyayangi. Semenjak itu mereka saling melindungi satu sama lain agar tidak ada yang melukai hatinya.

Dari cerita fabel di atas maka ada pesan pentig yang bisa kita ambil, bahwa kita tidak boleh melihat fisik seseorang hanya untuk berteman dengannya karena jika kamu hanya memandang fisik untuk berteman. Maka sebenarnya kamulah orang yang terburuk di dunia ini.

F.A.Q

Apa itu cerita fabel?

Cerita fabel adalah sebuah cerita  yang isisnya menggabarkan sebuah sifat, watak dan karakter manusia. Biasanya cerita ini di perankan oleh hewan – hewan. 

BACA JUGA :