Ciri Khusus Tumbuhan : Berikut Gambar dan Fungsinya

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang ciri khusus tumbuhan beserta gambar dan fungsinya, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini

ciri khusus tumbuhan
ciri khusus tumbuhan

Pengertian Tumbuhan

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tergabung dalam kingdom plantae. Ciri khusus tumbuhan yaitu autotrof atau umum dikenal dengan sebutan mampu menghasilkan makanan sendiri dan bisa melakukan fotosintesis.

Jenis-jenis tumbuhan beragam. Terdapat sekitar 375.000 spesies tumbuhan yang sudah diidentifikasi dan diperkirakan masih banyak tumbuhan yang belum teridentifikasi. Setiap spesies mempunyai ciri khusus yang berbeda antara fungsi dan manfaatnya. tergantung pada kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh.

Ciri Khusus Tumbuhan

Berikut ini adalah beberapa ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya.

1 . Pohon jati

pohon jati
pohon jati

Daun pohon jati bisa gugur dengan sendirinya tiap musim kemarau keempat. Manfaat kemampuan menggugurkan daunya itu untuk mengurangi penguapan hingga persediaan air pada batang pohon jati mencukupi bahkan di saat tanah sangat kering sekalipun.

2 . Mawar

mawar
mawar

Batang tumbuhan mawar mempunyai duri yang umum disebut spina. Manfaat duri ini yaitu sebagai alat pertahanan diri dari hewan pengganggu.

3 . Kaktus

Kaktus
Kaktus

Kaktus memiliki akar panjang dan daunnya berbentuk mirip duri. Manfaat akar kaktus yang panjang yaituuntuk menjangkau sumber air yang berada puluhan meter jauh di bawah tanah. manfaat bentuk daun yang menyerupai duri yaitu untuk mengurangi penguapan (fungsinya sama seperti pohon jati) dan sebagai alat pertahanan diri (fungsinya sama seperti mawar).

4 . Teratai

Teratai
Teratai

Batang tumbuhan teratai mempunyai rongga. Tumbuhan teratai juga mempunyai daun yang lebar serta tipis. Manfaat rongga pada batang teratai yaitu untuk membuat teratai bisa mengapung di atas air. manfaat bentuk daun teratai yang lebar dan tipis merupakan untuk mempercepat proses penguapan air mengingat teratai tumbuh di areal perairan tenang.

5 . Kantong semar

Kantong semar
Kantong semar

Tumbuhan ini mempunyai semacam kantong yang dalamnya berisi nektar. Manfaat kantong ini yaitu untuk menjebak serangga dan memakanya. Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan karnivora.

6 . Tumbuhan venus

Tumbuhan venus
Tumbuhan venus

Tumbuhan venus juga bagian dari tumbuhan karnivora yang mempunyai daun yang dilapisi cairan nektar. Cairan ini manis dan mampu memikat serangga. Saat serangga menyentuh daun, daun itu akan mengatup dan menjebak serangga kemudian dimakan. Manfaat daun ini yaitu untuk mendapatkan mangsa.

7 . Pohon bakau

Pohon bakau
Pohon bakau

Pohon bakau mempunyai akar yang pajang hingga batang pohon bakau terangkat ke permukaan tanah. Manfaat struktur akar bakau yaitu untuk melindungi pohon bakau dari terjangan ombak agar tidak rubuh.

8 . Tumbuhan putri malu

Tumbuhan putri malu
Tumbuhan putri malu

Ciri khusus tumbuhan putri malu yaitu daunnya yang mampu menutup saat disentuh. Selain itu, tumbuhan ini juga mempunyai duri di batangnya. Manfaat ciri khusus tersebut yaitu sebagai alat pertahanan dari hewan herbivora.

9 . Bunga bangkai

Bunga bangkai
Bunga bangkai

Bunga bangkai yang sudah mekar mempunyai bau yang sangat busuk seperti halnya bau bangkai. Ini sangat berbeda dengan umumnya bunga yang justru berbau wangi. Manfaat bau busuk itu untuk menarik para serangga mendekatinya dan secara tidak sadar serangga itu telah membantu proses penyerbukan bunga bangkai.

10 . Pohon kelapa

Pohon kelapa
Pohon kelapa

pohon kelapa mempunyai ciri khusus pada buahnya yaitu memiliki serabut keras dan tebal. Manfaat serabut tersebut yaitu untuk menjaga isi buah kelapa supaya tidak mudah busuk dan mampu mengapung di air. Ini dikarenakan pohon kelapa yang umumnya tumbuh di pantai buahnya bisa jatuh ke pantai dan terbawa arus selama berbulan-bulan hingga menemukan daratan yang cocok untuk dijadikan tempat berkecambah.

11 . Jagung

Jagung
Jagung

Saat membuka buah jagung, ditemukan rambut-rambut berwarna kecoklatan. Rambut-rambut itu sebenarnya adalah putik jagung. Manfaat putik yang memiliki bentuk mirip rambut-rambut itu untuk memudahkan putik menangkap serbuk sari.

12 . Tumbuhan lidah buaya

Tumbuhan lidah buaya
Tumbuhan lidah buaya

Daun tumbuhan lidah buaya tebal, berair, dan mempunyai duri. Manfaat struktur daun yang tebal untuk menyimpan air. Sedangkan manfaat duri pada daun aloe vera yaitu supaya daun tersebut tidak dirusak oleh hewan herbivora.

13 . Bunga matahari

Bunga matahari
Bunga matahari

Bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Manfaat pergerakan bunga tersebut yaitu supaya semua daun mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup.

14 . Pohon beringin

Pohon beringin
Pohon beringin

Pohon beringin mempunyai akar gantung yang sangat besar dan kuat. Manfaat akar gantung pohon beringin yaitu untuk membantu pohon beringin mendapatkan pasokan uap air dan gas.

Demikianlah penjelasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :

 

 

5.0
02