Contoh Cerpen Pendidikan

Posted on
Contoh-Cerpen-Pendidikan-2

Artikel makalah tentang Cerpen Pendidikan terbaru 2020 meliputi dari Pendidikan Karakter Anak Bangsa, Semua Berawal Dari Mimpi, dan contoh supaya mudah di baca.

Pada materi kami yang sebelumnya teleh membahas dari beberapa macam cerpen di antaranya, Cerpen Remaja, Cerpen Singkat , Cerpen Terbaik nak kali ini kami akan membahas tentang Cerpen pendidikan di maka, pendidikan hal yang asing dalam tengah-tengah kehidupan pada bangku sekolah atau yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Daftar Menu Artikel

Apa Itu Cerpen Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah karangan ilmiah yang berjenis cerpen dengan tema pendidikan dengan sebuah prosa yang berbentuk naratif dan fiktif sehingga memiliki bentuk yang lebih singkat dalam sebuah pendidika

Cerpen pendidikan terkadang menunjukan sebuah karakter anak bangsa yang menceritakan tentang kehidupannya, sehingga cerita tersebut terjerumus ke dalam isi cerita dalam sebuah teknologi, maka cerpen pendidikan yang akan kami bahas meliputi dari Semua Berawal Dari Mimpi dan Pendidikan Karakter Anak Bangsa bagaimana kisah dan cerita nya simak pada contoh cerpen di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Cerpen Singkat

Contoh Cerpen Pendidikan

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh cerpen tentang pendidikan.

Berikut beberapa contoh cerpen tentang pendidikan adalah sebagai berikut:

Contoh 1

Semua Berawal Dari Mimpi
Tidak pada seperti biasanya hari ini saya mendapatkan pasien yang sangat  ramai dan banyak pasien yang terkena penyakit tipes, meskipun sedikit lelah aku harus memebrikan pelayanan terbaik kepada pasien karena semua itu merupakan tanggung jawab saya sebagai seorang dokter.

Aku sangat gembira memiliki profesi yang saat ini aku jalani karena bisa menolong dan membatu sebagian banyak orang yang sakit.

Pada suatu hari tiba-tiba saya kedatangan seorang bapak tua yang datang ke rumahku pada pukul 11:00 WIB pada waktu itu juga saya sedang istirahat dan bapak tua itu meminta tolong memeriksa anaknya yang sakit tipes.

Bapak tua itu berkata
assalamualaikum dokter sambil membunyikan bel rumah saya.

waalaikumsallam ada bisa saya bantu pak, jawab dokter

Bapak minta tolong anak saya dokter, demamnya belum turun-turun sudah dua hari “ jawab bapak dengan perasaan yang panik.

kenapa tidak di bawa ke rumah sakit saja bapak, tanya pak dokter.

Bapak tidak punya uang pak dokter,,, jawab pbapak tersebut,,

“Dan akhirnya dokter pun memeriksa anak bapak tersebut dan dokter kasih obat dari berbagai obat dengan penurun panas.”

“Jawab bapak terimakasih ya pak dokter, dan saya cuma bawak uang Rp 20.000”

Jawab doter ita sama sama pak,,, uang nya gak usah bawak aja sama bapak buat ongkos bapak pulang karena ini sudah jadi kewajiban saya” untuk membantu orang lain” jawab dokter tersebut.

Dan tiba-tiba terdengar suara kriiing dan ternya suara dari alarm jam dan aku pun tiba-tiba terbangun dari tiddur.

“Ternyata itu semua cuma mimpi”

Perkenalkan saya siswa kelas 1 SMA dan saya memiliki cita-cita ingin menjadi seorang dokter karena di sisi lain saya ingin menjadi dokter ingin sekali dapat menolong orang lain yang tidak mampu. seperti ayah saya hanya seorang petani dan ibu saya seorang pembantu rumah tangga dari hal itulah saya ingin menjadi dokter supaya bisa menjadi orang yang sukses.

Pada Suatu hari tiba-tiba ayah jatuh sakit maka terpaksa ayag tidak bisa bekerja untuk menafkahi keluarga dari situ lah saya ingin berhenti sekolah dan dan menggantikan ayah yang sedang sakit untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga tetapi ibu sangat melarang kalau saya berhenti sekolah.

Buk saya mau berhenti sekolah dan saya mau Bekerja saja, aku tidak tega melihat ibu yang selalu bekerja keras untuk mencukupi biaya dalam berobat ayah dan biaya sekolah ku

Jangan ibu akan terus bekerja dan masih sanggup untuk membiayai berobat ayah dan biaya sekolah  mu,,, kamu juga harus meraih cita-cita yang yang selama ini kamu ingin kan untuk menjadi orang yang sukses. kamu terus lah belajar semua bebean ini akan ibu tanggung semua, ibu masih kuat,,, jawab ibu sambil tersenyum menutupi supaya sayang anak terus sekolah…

Singkat cerita dari kehidupan ini, sang anak pun telah berhasil lulus dari SMA hingga mendapatkan nilai dengan yang baik dan memuaskan dan di terima salah satu universitas ternama mengambil jurusan ilmu kedokteran.

Lalu aku bangga atas apa yang aku lakukan dan dukungan dari kedua orang tuaku sehingga aku menjadi orang yang sukses karena beberapa tahun menjalanin kuliah di kedokteran lalu aku lulus dan menjadi seorang dokter

sungguh mencapai itu semua bukan perjalanan yang mudah untuk mencapai semua itu membutukan proses yang lama

Dan akhirnya mimpiku jadi kenyataan. Alhamdulilllah

Contoh 2

Baca Juga: Contoh Hikayat

Pendidikan Karakter Anak Bangsa
Ilham merupakan anak yang sangat rajin dan pintar pada sekolah nyadan , hampir semua mata pelajaran ilham dapat menguasainya dan ilhampun mendapatkan nilai yang baik.

Cerita ini berawal pada saa pertama kali ilham masuk kelas sekolahan danama sekolahnya ilham adalah SMPN 2 bandar lampung pada sekolahan tersebut hampir semua anak menggunakan hp, untuk sarana belajar dan dapat mencari sebuah informasi dalam mengerjakan tugasnya.

Selama di Sekolahan ilham belajar sebagai mencari informasi menggunakan laptop milik ayah nya dan ilham tidak memiliki Hp karena tidak di berikan oleh ayah nya dengan tujuan supaya dapay fokus dalam belajar.

Setelah itu pada ulang tahun umur yang ke-13 barulah ilham meminta hp kepada orang tuanya untuk belajar dan mengakses internet dengan mengetahui semua itu, kedua orangtuanya juga masih mempertimbangkan untuk menyetujui permintaannya ilham tersebut.

Tetapi ilham berjanji jika permintaa di turutin dia akan semakin giat dalam belajar hingga meraih berprestasi pada sekolahnya itu.

Dan akhiranya permintaan ilham di kabulkan lah oleh kedua orang tuanya, setelah ilham memiliki hp maka ilhampun lalai dalam tugas sekolahannya dan ilham sibuk dengan bermain game.

Hampir setiap hari ilham asik bermain game dan tugas sekolahannya tidak dapat di selesaikan dengan baik dan sering mendapatkan nilai yang kurang bagus di sekolahannya.

Singkat cerita

Ilham sangat merasa bersalah kepada kedua orang tuannya dan meminta maaf telah mengingkari apa yang telah di jannikan oleh llham, kemudian ilham pun bertanggung jawab atas semua perbuatannya dan akhirnya hp yang dia miliki di kembalikan lagi kepada kedua orang tuannya.

Singkat cerita

Ilham pun kembali menjadi anak yang berprestasi di sekolah karena hp yang dia miliki telah di kembalikan kepada kedua orang tuannya dan ilham tetap fokus belajar.

Tamat….

Sebagai anak bangsa menjadilah jati diri yang baik dan harus menjadi contoh dalam generasi penerus bangsa yang semakain hebat dalam berfikir.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan contoh cerpen pendidikan semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian terima kasih

Baca Juga: Contoh Cerpen Remaja