Contoh Cerpen Persahabatan

Posted on
Contoh-Cerpen-Persahabatan

Kali ini kami akan membahas Contoh Cerpen Persahabatan singkat dan unsur intrinsiknya, meliputi dari Indahnya Sebuah Persahabatan, Selamat Tinggal Engkau Sahabatku, supaya mudah di baca.

Pada materi kami sebelumnya telah membahas tentang, Cerpen Pendidikan, Cerpen Remaja, Cerpen Singkat namun di sini kami akan membahas cerpen persahabatan. Karena hal ini merupakan salah satu karya sastra tentang kisah pemuda maupun orang tua.

Apa Itu Cerpen Persahabatan

Cerpen persahabatan memiliki keunikan dan ciri yang tersendiri sehingga memiliki juga unsur intrinsik dengan nilai-nilai dalam mengajarkan untuk menghargai sebuah persahabatan atau pertemanan.

Persahabatan yang di mana banyak sekali mengandung arti sehingga tidak mudah dalan persahabatan yang sejati dan juga memiliki kesetiakawanan dalam persahabatan karena merupakan gambaran dari ikatan saudara dan kawan sejati.

Baca Juga: Contoh Cerpen Remaja

Contoh Cerpen Persahabatan

Dari ulasan yang singkat di atas maka kami juga akan memebrikan beberapa contoh cerpen tentang persahabatan.

Berikut beberapa contoh cerpen persahabatan antara lain adalah:

Contoh 1

Indahnya Sebuah Persahabatan
Betapa senangnya menjadi orang yang kaya dan didup dengan berkecukupan dan apapun yang akan dibeli akan terpenuhi karena semua sudah tersedia.

Seperti Tiyas merupakan anak dari orang yang kaya yang memiliki banyak sorotan sehingga berangkat dan pulang sekolah selalu diantar oleh supir dengan mobil yang mewah.

Meskipun tiyas bergelimang dengan harta tidak pernah menyombongkan apa yang dia miliki, sehingga kedua orang tuannya juga merupakan orang yang baik dan suka menolong orang, dan tidak pernah membeda-bedakan pada saat bergaul dengan orang yang disekelilingnya.

Sehingga teman-teman nya sangat suka berteman dengan nya dan betah pada saat berada dirumah Tiyas karena mereka akan disambut ramah dan diperlakukan dengan oleh keluarga nya.
Tiyas banyak sekali sahabat yang setia dalam menemaninya dan menghadapi liku kehidupannya.

Singkat cerita

Tiyas berkunjung ke rumah teman-teman nya dan semua teman teman tiyas adalah orang yang kekurang dari segi ekonominya sehingga tiyas memutuskan untuk membatu semua teman-teman nya.

Dan tiyas pun berbincang-bincang dengan semua teman-teman nya,,,

sungguh, kasihan sekali Ani, ujarnya didalam hati
Pada saat di rumahnya, Tyas pun melamun dan memikirkan nasib sahabat nya itu.

Ada apa ? kamu nggak seperti kayak biasanya, malah tampak lesu dan kurang semangat” ayah bertanya sambil menegur

Ani” Jawab Tiyas

Memangnya ada apa dengan Ani sehingga membuatmu muram, Apa dia sedang sakit?” Tyas menggeleng kepada ayah.
terus kenapa?” ayah menjadi penasaran
Sekarang Ani telah pindah rumah,, Kabarnya ayahnya habis di pecat dan memilih untuk menjadi pekerja buruh”
Sambil menatap Tiyas ayah termenung memikirkan apa ucapan dari tiyas rasa setengah gak percaya.
Kalau ayah tidak percaya, Coba kamu tanya sama Pak RT dan tetangga lain,, terus apa rencana kamu ,, Aku harap ayah dapat menolong Ani
Maksudmu apa ?”

Aku mau nya Ani bisa tinggal disini lagi ayah, dan Tyas sangat memohon dengan sedikit mendesak kepada ayahnya.

ya sudah kalau itu yang kamu inginkan dan buat kamu seneng,, tetapi kamu juga harus bisa mencari alamat rumah Ani ya,, kata ayah nya.

cerpen singkat indahnya persahabatan

Berkat bantuan ayah tiyas Ani akhirnya tiga hari kemudian berhasil memperoleh alamat rumah Ani,

pada hari itu Ani sangat kaget pada saat kedatangan Tiyas secara tiba-tiba.

Maaf ya. Aku gak sempat kasih kabar ke kamu kalo aku mau pindah rumah ”

“iya, tidak apa-apa kok yang penting aku sudah tau rumah kamu dan ketemu sama aku sangat senang,,

Singkat Cerita

Dengan berbincang cukup lama, ayah menjelaskan dengan tujuan kedatangan mereka kepada orang tua Ani. Ternyata orang tua Ani tidak merasa keberatan dan mereka menyerahkan segala keputusan kepada Ani.

Lalu Tiyas dan Ani pun dapat berkumpul lagi seperti biasanya sehingg semua sangat merasa bahagia karena seudah berkumpul lagi terus melanjutkan persahabatannya

Kini Ani balik di rumah Tiyas sedangkan orang tuanya tetap tinggal di desa nya. Tamatttt

Cerita Cerpen Indah nya persahabatan

Contoh 1

Baca Juga: Contoh Cerpen Singkat

Selamat Tinggal Engkau Sahabatku
Mentari yang menampakkan sinarnya dengan hangat, sehingga dapat menerangi empat sahabat yang dekat dan telah berkumpul di rumah yang terbuat dari geribik. dan angin pun berhembus dengan lembut yang menerpa pohon dan daun yang sangat besar keempat sahabat tersebut yang bernama

Angga, ilham dan Nawan.

Berawal di pagi hari

Sebagai persahabatan mereka terus berkumpul dengan bermain bersama sama pada rumah geribik tersebut bercanda dan tertawa bersama dalam menikmati indahnya udara yang idah dari atas pohon.

Rumah saati yang ini telah berdiri kokoh pada atas pohon tersebut yang telah di beri nama sebagai “”rumah pohon persahabatan”” yang melambangkan dari persahabatan empat orang tersebut.

Angga merupakan sosok lelaki yang sangat energic dan memiliki semangat dalam pembelajaran web tentang tekno, selain itu juga angga sangat suka bercanda layaknya lelaki pada umumnya.

Namun sifat gagah yang angga miliki menjadi sebuah kedermawanannya yang belum mampu angga kuasai.

Ilham sendiri adalah lelaki yang tampan dan bijak, suka berdiam diri dan memiliki hobi dengan mendengarkan musik, menggunakan telepon genggam nya Meskipun terlihat sebagai lelaki yang bijak ilham alhi dalam bidang agama dan pandai bernyanyi lagu kangen band dan main musik.

Dan yang terakhir nawan adalah lelaki yang memiliki rambut panjang yang sangat baik nawan suka menolong dan membutkan kopi terhadap teman-teman nya, nawan pintar pelajaran podato maupun ngaji dan selalu mendapatkan pujian dari teman temannya nawan selalu menjadi idola di pondok.

pada suatu pagi, angga terbangun dengan wajah yang gembira dan Matanya sangat segar yang membuatnya semangat untuk menulis artikel nanamun angga harus tetap bekerja karena telah waktu menunjukkan pukul 06.00 sehingga akan menyiapkan judul-judul artikrl yang akan angga tulis.

Singkat Cerita

Ilham penasaran akhirnya bertanya kepada angga sambil ,,Apa kamu melihat nawan,, dan angga menjawan tidak mungkin dia lagi bikin kopi ,, dan Tiba tiba saja nawan datang ehhh ilham pun kaget,,,,

Singkat cerita

angga, ilham dan nawan sebuah persahabatan yang sangat baik dan mereka terbilang sahabat yang patut di contoh bagi teman -teman yang lainnya juga, karena persahabatan merupak ikatan yang erat dan haru di jaga.

cerpen singkat dengan tema persahabatan ini juga memuat berbagai unsur dari intrinsik karena itu kita juga dapat menganalisa dari beberapa struktur cerpen itu sendiri

Akhirnya angga, dan ilham memberanikan diri untuk menanyakan kepada nawan tentang apakah kamu sudah bikin kopi apa belum sambil tersenyum dan bercandaan,, akhirnya nawan pun menjawab iya nanti saya bikinin kok, tenang aja, apa sih yang gak saya lakukan kalau untuk kalian kalian kan sahata saya, sambil tertawa heheheheh

Singkat cerita

Persahatanan terkadang akan menjadi awal dengan perjuangan yang kuat sehingga akan terus terjaga tali persahabatan tersebut dan persahabatan juga harus saling mengeti satu sama lainnya juga….

Tamaatttt…

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai contoh cerpen persahabatan, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, Sekian terimakasih

Baca Juga: Contoh Cerpen Terbaik