Contoh Soal Dialog Interaktif Singkat dan Panjang (Lengkap)

Posted on

Contoh Soal Dialog Interaktif – Dialog Interaktif adalah sebuah dialog atau perbincangan atau percakapan yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio antara pembawa acara dengan pendengar melalui sambungan telepon. Untuk lebih lengkapnya simaklah Materi Contoh Soal Dialog Interaktif di bawah ini.

Contoh Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog Interaktif adalah sebuah dialog atau perbincangan atau percakapan yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio antara pembawa acara dengan pendengar melalui sambungan telepon. Dalam Dialog Interaktif, banyak pihak yang ikut andil seperti pembawa acara sebagai moderator, narasumber, pemirsa sebagai orang yang menyanya (Penanya)

Tema atau topik yang dibahas biasanya adalah tentang yang sedang viral atau terkini. Namun, tidak jarang membahas tentang kuliner, hobi, gaya hidup, fahsion dan sport.

Contoh Soal Dialog Interaktif

Penanya  : “Sebenarnya apakah bisa pemerintah melakukan intervensi terkait batas harga (kebutuhan pokok), khususnya seperti penekanan terhadap produsen? Atau, hanya mengikuti mekanisme pasar karena Indonesia sudah mengikuti sistem perdagangan bebas yang mengusung liberalisme pasar?”

Narasumber  : “Tindakan yang bisa kami lakukan yaitu hanya melakukan koordinasi, baik antar instansi pemerintah maupun dengan pihak swasta agar semua dapat disingkronisasi dengan benar. Dengan begitu seanadainya terjadi gejolak harga, maka kami akan cepat tahu penyebabnya. Bahkan kami dapat melakukan antisipasi dengan cepat sebelum kenaikan terus meningkat.

Memang, belakangan ini kami lebih sering melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitasi harga bila terjadi kenaikan. Namun, untuk mengintervensi hingga ke dunia usaha maupun produsen dengan mendesak penurunan harga, memang tidak dapat dilakukan pemerintah. Maka dari itu, cara lainnya yaitu kami bekerja sama dengan Bulog untuk menggelar operasi pasar dan berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk kelangsungan dan kelancaran jalur distribusi.”

Soal : Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Catatlah hal-hal penting yang ada pada kutipan wawancara!
2. Buatlah kalimat simpulan kutipan wawancara dari hal-hal penting yang kamu catat!

Contoh 2 :

Penanya    : “Langkah apa yang akan diambil pemerintah dalam hal mengadakan pupuk?”

Narasumber    : “langkah yang dapat dilakukan pemerintah. Langkah pertama, meringankan   input produksinya. Karena itu, sekarang ini pemerintah melakukan subsidi pupuk dan subsidi benih. Pemerintah juga memberikan bantuan berupa mesin alat-alat pertanian.

Hal ini bertujuan agar mengurangi biaya produksi. Tetapi, itu saja masih tidak cukup. Oleh karena itu, agar petani ini sejahtera, angkatan kerja yang bekerja di sektor pertanian on-farm ini harus melakukan pengurangan. Artinya, usaha pertanian itu jangan hanya bertumpu pada on-farm, harus bercocok tanam, harus usaha agribisnis yang tidak hanya on-farm. Melainkan harus betumpu juga di bidang jasa perdagangan.”

Penanya    : “Apakah program tersebut sudah disosialisasikan?”

Narasumber    : ”Kami sudah sosialisasikan program pertanian terpadu
seperti itu.”

Penanya    : ”Selanjutnya, Bagaimana dengan pengembangan 10 Ribu desa pertanian?”

Narasumber    : “Mengenai pengembangannya, Program 10 Ribu desa pertanian bertujuan untuk mengurangi tingkat

kemiskinan. Program ini dilatarbelakangi oleh pertanian yang makin sempit. Selain itu juga, akses permodalan petani yang kecil. Jalan keluarnya yakni harus disediakan lahan yang memadai, itu dengan program reformasi agraria. Jalan keluar yang kedua yaitu dengan menciptakan lapangan usaha agribisnis di pedesaan. Oleh sebab itu, program kami adalah program pengembangan usaha agribisnis di pedesaan-pedesaan.”

Soal :

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tentukan tema dari kutipan dialog di atas!
2. Catatlah pokok-pokok informasi yang terdapat pada dialog di atas!
3. Berdasarkan dialog di atas, buatlah simpulan dialog tersebut!
4. Berilah komentar anda terhadap narasumber!

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Dialog Interaktif. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01