Contoh Hikayat

Posted on
Contoh-Hikayat-1

Artikel makalah tentang Contoh Hikayat 2020 lengkap dengan sturkturnya, tentang Bayan Yang Budiman, Bunga Kemuning contoh supaya mudah di pahami.

Cerita Hikayat melintasi dari ruang dan waktu dalam generasi cerita cerpen yang akan diceritakan dengan kebaikan yang terkandung di dalamnya sehingga dapat terdengar familier di masyarakat.

Untuk lebih jelasnya selengkapnya lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Apa Itu Hikayat

Hikayat merupakan salah satu bagian dari suatu karya sastra yang lama sehingga dapat berbentuk prosa dan isinya tentang cerita yang mengenai dengan kehidupan dari kaum bangsawan dan orang-orang ternama dengan segala kehebatan.

Dengan demikian kata hikayat yang berasalkan dari bahasa Arab yaitu haka dengan arti cerita atau dapat juga menceritakan sehingga hal ini terdapat gegunaannya sebagai pembangkit semangat.

Baca Juga: Contoh Cerpen

Jenis Jenis Hikayat

Dari penjelasan di atas maka hikayat dapat dibedakan dengan beberapa golongan dan kategori yang isi nya.

Berikut kategori isi dari hikayat adalah sebagai berikut:

  • Cerita Asal Jawa
  • Sejarah dan Biografi
  • Cerita Rakyat
  • Cerita Bertingkat
  • Epos India
  • Cerita Islam

Sedangkan yang dengan golongannya adalah sebagai berikut:

  • Pengaruh Persia
  • Pengaruh Hindu
  • Melayu Asli
  • Pengaruh Jawa

Ciri-Ciri Hikayat

Dari beberapa penjelasan di atas maka di sini juga terdapat beberapa ciri dari penulisan hikayat ini adalah sebagai berikut.

  • Anonim
  • Statis
  • Istana sentris
  • Kolektif dan komunal
  • Tradisional
  • Menggunakan kata dan bahasa yang jelas
  • Bersifat edukasi
  • Selalu menceritakan kisah dan kejadian
  • Bersifat khayalan

Baca Juga: Cerpen Adalah

Contoh Cerita Hikayat

Berikut ini beberapa kumpulan contoh hikayat yang menarik dan juga yang terbaik yang telah kami rankum di bawah ini :

Contoh 1

Bayan Yang Budiman
Pada zaman dahulu sebuah Kerajaan Azam yang hiduplah seorang saudagar yang kaya yang telah memiliki berkeluarga yang bernama Khojan Mubarok, mereka yang memiliki keluarga yang kurang lengkap karena belum dikaruniai anak. tetapi meskipun begitu meraka tidak pernah putus asa dan terus berdoa supaya dengan harapannya segera diberikan keturunan.

Dengan penantian yang panjang dan penuh dengan harapan sang istri akhirnya telah mengandung lalu istri melahirkan seorang bayi laki-laki dan akan di beri nama Khojan Maimun.

Kini maimun tumbuh dewasa dan menjadi seorang anak yang baik hati dan saleh setelah dia menginjak usia 15 tahun pemuda tersebut dinikahkan dengan Bibi Zainab salah satu anak dari seorang saudagar yang kaya.

Setelah beberapa meraka menikah meraka berniat kemudian akan memiliki anak seorang perempuan yang akan di masukan ke dalam pondok pesantren untuk menjadi penerus dari orang tuannya nanti.

Pada suatu malam Bibi Zaenab pergi dengan si anak raja sehingga berpamitan dengan burung tiung dan kemudian menasihatinya agar tidak pergi karena telah melanggar aturan Allah SWT.

Dengan Demikian Bibi Zaenab kemudian melihat burung bayan itu pada sebenarnya hanya berpura-pura tidur karena dia memberikan jawaban yang sama dan akan terancam.

Dan pada malam-malam yang selanjutnya Bibi Zaenab sering pergi untuk bertemu dengan anak raja terssebut maka setiap kali dia berpamitan selalu menceritakan kepada orang tuanya, dan hingga hari ke-24nya, wanita itu sangat menyesali perbuatan nya.

TAMATT….

Contoh 2

Bunga Kemuning
Pada zaman dahulu kala ada seorang anak raja yang kaya raya dan memiliki 7 orang putri dan beri nama dengan berbagai macam nama dan warnanya. kemudian Istri sang raja tersebut telah lama meninggal pada saat usai melahirkan anak bungsu nya dari Putri Kuning.

Dengan berjalan nya waktu pada suatu hari sang eaja akan pergi ke suatu tempat dalam keperluan nya , sehingga 7 putri-putrinya ingin dibawakn oleh-oleh yang sangat mewah dari sang raja tersebut. sedangakan Putri Kuning tidak ingin meminta apa-apa hanya saja berharap supaya raja pulang dengan selamat dan dalam keadaan sehat.

Lalu Singkat kata raja telah pulang dan membawa oleh-oleh dari oleh-oleh tersebut hanya diberikan untuk 7 putrinya dan melainkan Putri Kuning cemburu kepada adik nya.

Itupun tanpa sepengetahuan raja kemudian Putri Kuning dipukul dari h kakak-kakaknya dan hingga putri tersebut meninggal dan dikuburkan di suatu tempat dan tidak jauh dari istana, setelah mengetahui anaknya menghilang raja tersebut akan mencari-cari putri bungsunya dan tidak juga ditemukan.

Suatu saat raja juga melihat sebuah bunga dengan berwarna yang kuning dan tumbuh pada tanah dan ternyata hal itu merupakan anak bungsu raja tersebut, setelah melihat bunga tersebut raja telah menamainya dengan sebutan sebagai bunga kemuning.

TAMAT…

Contoh 3

Ibnu Hasan Syahdan
Zaman dahulu kala seorang yang kaya raya bernama Syekh Hasan yang banyak sekali memiliki harta dan uang yang berlimpah.

Syekh Hasan juga sangat bijaksana dan sering mengasihi para fakir miskin dan juga menyayangi yang kekurangan harta dan terus menasehati yang berpikiran sempit. karena itu lah syeh hasan banyak sekali pengikutnya.

Syekh Hasan yang kaya raya tersebut memiliki anak laki-laki yang tampan dan sangat pendiam dan baik budinya serta sholeh dengan usia sekitar tujuh tahun yang bernama Ibnu Hasan.

Ibnu Hasan tersebut sedang lucu-lucunya sehingga bisa di katakan hampir semua orang senang melihatnya apa lagi orang tuanya sendiri, karena anak tersebut tidak sombong dan hidupnya sangat dimanjakan lalu Ibnu Hasan sangat menyayanginya orang tuanya dan para sahabat nya.

‘Kemudian Ayah berpikir apa kah salah aku menyayangi anak ku diluar batas tanpa ada pertimbangan apa aku akan dimurkai Allah, dalam mendidik anak tanpa mengkaji ilmu”

Singkat cerita Ibnu Hasan berangkat ke pesantren dan akan berpisah dengan kedua orang tuanya maka dari itu orang tuanya sangat sedih karena akan di tinggal sang anak untuk masuk ke pondok pesanteran karena belum cukup usia.

Singkat cerita Ibnu Hasan sudah dewasa dan sudah selesai melalui pendidikan di pesanteren dan telah banyak mendapatkan ilmu agama dan Sampailah pada kota Mesir.

Lalu Ibnu Hasan berjalan dan bertemu dengan seseorang perempuan yang Saleha yang baru pulang dari sekolah lalu Ibnu Hasan menyapa perempuan tersebut dan mereka kenalan .


Singkat serita Ibnu Hasan segera pulang dan menghadap orang tuanya dan ternyata orang tuan dari perempuat tersebut seorang Kyai serta pemimpin dari salah satu pondok pesantren di kota mesir.

Singkat cerita mereka pun menikah dan telah mendapatkan anak dari pernikahannya.

TAMAT

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang contoh hikayat, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Sekian Terima Kasih

Baca Juga: Tajuk Rencana