Contoh Informasi – Pengertian, Fungsi Dan Jenis-Jenis

Posted on

Contoh Informasi – Apa itu Informasi ? Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola menjadi sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang sangat mudah dimengerti. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulasnya mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis Dan Contoh. Jadi Simaklah ulasannya di bawah ini.

Informasi
Informasi

Pengertian Informasi

Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola menjadi sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang sangat mudah dimengerti dan sangat bermanfaat bagi penerimanya.

Dari definisi tersebut dapat di pahami bahwa kata “informasi” mempunyai arti yang berbeda dengan kata “data”. Data adalah fakta yang masih bersifat mentah atau belum diolah, Setelah mengalami proses atau diolah maka data tersebut bisa menjadi suatu informasi yang sangat bermanfaat.

Tidak semua data atau fakta dapat diolah menjadi salasatu informasi bagi penerimanya. Jika  data tersebut yang diolah ternyata tidak bermanfaat untuk bagi penerimanya, maka hal tersebut belum bisa disebut sebagai salasatu informasi

Secara etimologis istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yakni “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau tanda besar. Informasi dapat disediakan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain-lain sebagainya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Supaya agar lebih mengerti apa arti kata informasi, maka kita bisa menyimak pendapat beberapa ahli berikut ini :

1. Raymond McLeod

Menurut Raymond McLeod, pemahaman informasi ialah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan berguna dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

2. Jogiyanto HM

Menurut Jogiyanto HM, pengertian informasi ialah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata agar digunakan dalam pengambilan keputusan.

3. Lina Sidharta

Menurut Lina Sidharta, Pengertian informasi ialah data yang disiapkan dalam bentuk yang lebih bermanfaat untuk mengambil suatu keputusan.

4. George R. Terry

Menurut George R. Terry, Pengertian informasi ialah salasatu data penting yang memberikan pengertiyan yang berguna bagi penerimanya.

5. Azhar Susanto

Menurut pendapat Azhar Susanto, Pengertian informasi adalah salasatu hasil pengolahan data yang memberikan arti atau manfaat bagi penerimanya.

Fungsi Informasi

Fungsi Informasi

Setidaknya ada tujuh fungsi informasi bagi manusia. Adapun beberapa fungsi informasi adalah sebagai berikut:

  • Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang didapatkan oleh seseorang dapat menjadi pengetahuan  dan menambah wawasan di bidang tertentu. Contohnya informasi mengenai cara mengatasi masalah kesehatan yang diperoleh dari konten di internet.

Mungkin informasi tersebut ialah sesuatu yang umum dan sudah banyak diketahui orang. Namun, bisa jadi ada seseorang yang belum mengetahui informasi tersebut.

  • Menghapus Ketidakpastian

Kurangnya informasi mengenai sesuatu akan menimbulkan ketidakpastian. Untuk menghilangkan ketidakpastian tersebut maka dibutuhkan informasi lengkap dan valid dari sumber yang dipercayai.

  • Sebagai Media Hiburan

Informasi juga bisa berfungsi sebagai media hiburan bagi masyarakat. Contohnya informasi mengenai objek wisata di salasatu tempat yang disajikan dengan bahasa dan gambar-gambar yang menarik.

  • Sebagai Sumber Berita

Salah satu informasi mengenai hal tertentu bisa dipakai sebagai sumber berita yang disampaikan kepada khalayak. Contohnya, informasi tentang Asian Games yang diperolh dari media Televisi, Radio, dan situs berita online.

  • Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi adalah komponen penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya yakni untuk menyampaikan salah satu kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat yang dilakukan dengan secara sosialisasi.

  • Untuk Mempengaruhi Khalayak

Penyampaian informasi melalui media massa biasanya dilakukan untuk mempengaruhi khalayak. Contoh nya informasi mengenai salah satu produk melalui Televisi yang tujuannya agar masyarakat mengenal dan tertarik untuk menantikanya.

  • Menyatukan Pendapat

Di era media sosial seperti saat ini, sangat mudah sekali untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Tetapi, tidak semua pendapat  sesuai dengan fakta yang ada.

Adanya informasi yang valid dari sumber yang terpercaya akan sangat berguna untuk mengoreksi setiap pendapat yang dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan informasi tersebut.

Jenis-Jenis Informasi

Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya;

1. Informasi Berdasarkan Sifat

  • Faktual, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Opini atau konsep, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
  • Deskripsi, yaitu informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.

2. Informasi Berdasarkan Kegunaan

Jenis informasi berdasarkan kegunaan bisa dibagi menjadi dua bagian, contohnya;

  • Informasi yang menambah pengetahuan, yakni informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seorang.
  • Informasi yang berdasarkan penyajian, atau informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk, contoh nya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.

3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Ini adalah sebagai bentuk informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan lain sebagainya.

4. Informasi Lokasi Peristiwa

Informasi yang dibuat dan berdasarkan lokasi suatu peristiwa. Jenis dan informasi ini dapat dibagi menjadi dua, yakni informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.

Contoh Informasi

Berikut ini adalah contoh dari Informasi :

  • Selama sebulan ini karyawan Z hanya masuk sebanyak 17 hari, Dia melakukannya karena orang tuanya yang sudah tua mengalami sakit-sakitan dan harus keluar masuk rumah sakit dalam sebulan ini.
  • Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas ahmad yani , siang tadi pukul 13:00, korban jiwa sebanyak 4 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat.
  • Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persija dengan Persib pukul 16:30 tadi berakhir dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Persija.

Demikianlah ulasan kami mengenai Informasi, semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya :