Contoh Majas Ironi Singkat Beserta Arti dan Penjelasannya

Posted on

Contoh Majas Ironi – Majas ironi ialah majas yang menyatakan makna yang bertentangan kenyataan yang sebenarnya. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi contoh majas ironi singkat beserta arti dan penjelasannya di bawah ini.

Contoh Majas Ironi

Pengertian Majas Ironi

Secara bahasa, Ironi diambil dari bahasa Yunani “eironeia” yang berarti “pura-pura tidak tahu”. Dalam bentuk majas, ironi ialah majas yang menyatakan makna yang bertentangan kenyataan yang sebenarnya.

Hal ini maksudnya untuk memberikan sindiran. Majas ironi yakni ialah majas yang melakukannya dengan cara menyatakan hal yang sebaliknya dari apa yang sebenarnya yang dimaksud.

Majas Ironi

Dengan kata lain, ironi itu adalah kalimat yang bersifat menyembunyikan dan menutup-nutupi. Ironi ialah penggunaan kata-kata yang berbeda dan apa yang ditulis maupun diucapkan.

Ironi juga bisa dikatakan sebagai praktik kepura-puraan karena menyembunyikan makna yang sebenarnya. Makna yang dimaksud disini berlawanan dengan apa yang dikatakan.

Ironi bisa bersifat halus dan bisa juga menyatakan makna yang kasar. Majas ironi digolongkan sebagai salah satu majas sindiran atau majas pertentangan.

Contoh Majas Ironi

Contoh Majas Ironi

Berikut ini adalah beberapa contoh majas ironi, diantaranya :

1. Tulisanmu sangat bagus bagaikan tulisan seorang dokter.
Penjelasan : yang dimaksud dalam kalimat tersebut yaitu ialah tulisan yang sangat jelek, seperti halnya tulisan seorang dokter.

2. Kamu kurus sekali sampai-sampai kursi it  Penjelasan ; yang dimau patah saat kamu duduki. Maksud kurus disini ialah sangat gemuk sehingga mampu mematahkan kursi, dan ini bertujuan menyindir.

3. Bau mulutmu bagaikan melati merekah sampai sampai kami tidak tahan mencium aromanya.  Penjelasan : yang dimaksud bau melati merekah sebenarnya bau mulut.

4. Kamar adik perempuanku sangat rapi, bagaikan kapal pecah.  Penjelasan : yang dimaksud kondisi kamar itu sangat kacau dan sangat berantakan.

5. Suaramu sangat bagus sampai-sampai telingaku sakit mendengarnya.  penjelasan : yang dimaksud sangat bagus disini yaitu ialah suaranya sangat jelak.

6. Kopi yang dibuat oleh Paijem sangat enak sekali, sampai-sampai saya tidak ingin meminumnya lagi.  Penjelasan : yang dimaksud sangat enak sampai-sampai tidak ingin meminumnya lagi karena kopinya tidak enak.

7. Pak Roni terkenal dermawan, sampai ia tidak pernah bersedekah..  Penjelasan : yang dimaksud dermawan disini Pak Roni orangnya sangat pelit.

8. Sungguh bersih lingkungan di kota Jakarta hingga banyak sampah berserakan dimana-mana.

9. Budi merupakan siswa yang terkenal sopan, sampai-sampai berani membentak gurunya. Penjelasan : yang dimaksud dalam kalimat ini Budi seorang murid yang sangat tidak sopan.

10. Sejuk sekali siang hari ini, sampai-sampai kulitku hitam terbakar sinar mentari.  Penjelasan :  yang dimaksud dingin disini adalah cuaca yang sangat panas sekali hingga membuat kulit yang putih menjadi hitam.

11. Kita benar-benar pasangan yang sangat cocok. Karena tiada hari kita lewati tanpa pertengkaran.

12. Andre merupakan siswa paling teladan di sekolah. Hampir setiap hari orang tuanya mendapat pengaduan dari pihak sekolah tentang perilaku Yudi.

13. Kejadian itu sungguh membuat ku sangat senang hingga akau tidak ingin mengingatnya lagi.

14. Sule merupakan anak yang paling putih diantara teman-temannya hingga ia diberi julukan “si hitam”.

15. Harga handphone Vivo sangat terjangkau sehingga aku tidak sanggup membelinya.

16. Angga sangat pandai dalam pelajaran matematika. Sampai sampai ilai ulangan matematika nya tidak pernah melebihi angka 5.

17. Kamarmu benar-benar tertata rapi. Sampai sampai keadaannya hampir sama seperti kapal pecah.

18. Penghuni rumah itu sangat rajin keadaan pekarangan dan sekeliling rumah itu seperti rumah yang tak berpenghuni.

19. Motor itu memiliki desain yang menarik hingga semua orang melihatnya dengan tatapan aneh.

20. Kota itu terkenal sebagai kota dengan lingkungan yang bersih. Setiap sudut kota selalu terlihat sampah berserakan dimana mana.

21. Cepat sekali kamu pulang kerumah. Kamu tiba dirumah saat semua orang sudah tertidur.

22. Gambar mu bagus sekali hingga aku tidak tau apa yang sebenarnya yang kamu gambar.

23. Boneka itu benar-benar lucu. Sampai sampai setiap anak kecil yang melihatnya pasti menangis.

24. Buah mangga ini manis sekali hingga aku tidak ingin memakannya.

25. Tubuh pria itu kuat sekali. Bahkan beban ringan seperti ini saja tidak sanggup ia angkat.

Apa itu majas ironi?

Majas ironi ialah majas yang menyatakan makna yang bertentangan kenyataan yang sebenarnya.

Sebutkan contoh majas ironi?

Sejuk sekali siang hari ini, sampai-sampai kulitku hitam terbakar sinar mentari.  Penjelasan :  yang dimaksud dingin disini adalah cuaca yang sangat panas sekali hingga membuat kulit yang putih menjadi hitam.

Demikianlah pembahasan kami menegnai Materi Contoh Majas Ironi secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :