Contoh Majas Litotes Singkat Beserta Arti dan Penjelasannya

Posted on

Majas Liotes – Majas litotes adalah majas yang menggambarkan sebuah keadaan dengan menggunakan kata-kata yang berlawanan artinya. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi contoh majas litotes singkat beserta arti dan penjelasannya di bawah ini.

Contoh Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes

Majas litotes adalah majas yang menggambarkan sebuah keadaan dengan mengguankan kata-kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya dengan tujuan untuk merendah diri, padahal maksudnya tinggi.

Majas Liotes

Dalam pengertian yang lain litotes merupakasn majas yang mengecilkan suatu hal yang positif menjadi sesuatu yang negatif atau dalam kata lain mengecilkan kenyataan yang sesungguhnya.

Selain itu, majas litotes adalah majas pertentangan yang bertujuan utnuk mempengaruhi orang lain dengan cara merendahkan diri. Dalam pengungkapan nya, majas litotes mengurangi atau melemahkan kenyataan yang sebenarnya.

Litotes juga bisa diartikan sebagai ungkapan berupa mengecilkan fakta. Hal ini biasanya untuk menjaga kesopanan atau atau bahkan menghaluskan.

Contoh Majas Litotes Lengkap dan Penjelasanya

Contoh majas liotes

Berikut ini adalah beberapa contoh majas litotes dalam kalimat, yakni diantaranya :

  1. Mohon maaf saya memakai pakaian tidak pantas dalam acara hajatan anda.
    Penjelasannya : yang dimaksud pakaian yang tidak pantas disini adalah pakaian yang bagus, pernyataan tersebut digunakan dengan tujuan untuk merendah.
  2. Ijinkanlah saya sebagai orang awam untuk memberi solusi.
    Penjelasannya : bisa jadi yang dimaksud orang awam disini adalah orang yang berpengetahuan.
  3. Hanya hal kecil ini saja yang bisa saya lakukan untuk membantu anda.
  4. Jika nanti kalian datang ke jakarta, jangan lupa mampir ke gubuk reot ku. Penjelasannya : yang dimaksud gubuk reot disini sebenarnya adalah rumah yang mewah, kata tersebut digunakan dengan tujuan merendahkan diri.
    Penjelasan : hal kecil yang dimaksud disini adalah bantuan besar yang sangat berarti.
  5. Jika kalian berkenan, naiklah mobil butut ku ini
    Penjelasannya : yang dimaksud mobil butut disini ialah mobil mewah yang juga sangat layak untuk ditumpangi, pernyataan tersebut hanya untuk merendahkan diri.
  6. Di hari yang spesial ini terimalah hadiah yang sekadarnya dariku
    Penjelasannya : yang dimaksud hadiah yang sekadarnya ini adalah hadiah yang mewah, penyataan tersebut digunakan denagn maksud untuk merendahkan diri.
  7. Jangan sungkan untuk memanggil langsung dengan menyebut namaku, karena aku hanyalah pengusaha kecil.
    Penjelasan : yang dimaksud pengusaha kecil disini bisa jadi dia pengusaha yang sangat sukses.
  8. Tidak seharusnya tubuh yang rapuh dan renta ini mendapat penghargaan dari orang yang kuat seperti mu.
    Penjelasannya : yang dimaksud tubuh rapuh dan renta ini adlah tubuh yang kuat , pernyataan ini dimaksudkan untuk merendahkan diri.
  9. “Jangan sungkan sungkan meminta bantuan kepada orang yang kurang pengalaman seperti diriku”. Penjelasannya : yang dimaksud kurang pengalaman disini yaitu sebenarnya orang yang sudah memiliki banyak sekali pengalaman sehingga sering dimintai bantuan oleh orang yang membutuhkan.
  10. Di kampung kami hanya akan merayakan perayaan kecil-kecilan dalam memperingati HUT RI.
    Penjelasannya : yang dimaksud perayaan kecil-kacilan disini yaitu ialah pesta besar-besaran.
Apa itu majas litotes?

Majas litotes yaitu ialah majas yang menggambarkan sebuah keadaan dengan mengguankan kata-kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya

Sebutkan contoh majas litotes?

Jika kalian berkenan, naiklah mobil butut ku ini
Penjelasannya : yang dimaksud mobil butut disini ialah mobil mewah yang juga sangat layak untuk ditumpangi, pernyataan tersebut hanya untuk merendahkan diri.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Majas Litotes. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :