Contoh Naskah Berita

Posted on
Contoh-Naskah-Berita

Artikel makalah Contoh Naskah Berita – meliputi dari pengertian, struktur, ciri, syarat, naskah, teks, unsur, iklan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu naskah berita, Naskah berita saat ini berupakan sebuah informasih yang menjadi populer dalam kehidupan sehari sehari- hari untuk menambah pengetahuan era digital dalam kemajuan teknologi yang akan memudahkan semua orang untuk mendapatkan sebuah informasi yang di dapat atau mengakses sebuah berita apapun.

Untuk lebih mudahnya langsung saja simak pejelasan di bawah ini:

Pengertian Naskah Berita

Naskah berita adalah informasi yang mengenai sebuah kejadian atau suatu hal yang akan terjadi dan menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyaraka dalam penyampaian melalui koran, siaran televisi, radio atau majalah.

Naskah berita mengandung unsur materi tentang perkembangan secara singkat dan jelas sehingga untuk mendapatkan informasi tersebut dengan mudah di dapatkan.

Baca Juga: Tajuk Rencana

Struktur Teks Berita

Dari penjelasan yang singkat di atas maka terdapat struktur teks dalam sebuah gambaran dari bagaimana cara terbentuk nya naskah berita yang di susun dengan berdasarkan peristiwa di dalam berita.

Berikut beberapa struktur peristiwa sumber naskah berita adalah sebagai berikut :

  • Orientasi berita merupakan salah satu bagian dari pembukaan teks yang terkait dengan naskah beritanya.
  • Peristiwa merupakan peristiwa dengan tahap inti dari sebuah berita sehinga akan di narasikan secara bagus dan terdapat fakta- fakta yang sebetulnya.
  • Sumber berita merupakan sumber berita yang dicantumkan pada letaknya yang bersifat fleksibel karena sumber dari berita dapat diletakkan ke dalam berita tersebut.

Baca Juga: Pembukaan Pidato

Ciri-ciri Teks Berita

Untuk membuat naskah berita maka terlebih dahulu memperhatikan Ciri dari teks berita tersebut, supaya dapat membedakan mana teks berita dan juga jenis teks.

Berikut beberapa ciri- ciri yang perlu untuk di ketahui teks berita adalah sebabagai berikut :

  • Memiliki fakta atau dapat di percaya
  • Bisa di terima oleh masyarakat
  • Memiliki berita yang jelas
  • Berita cukup menarik
  • Kalimat yang di gunakan sangat sederhana
  • Berita nya perlu di sampaikan dengan segera
  • Memiliki berita terkini atau aktual

Baca Juga: Manfaat Tegnologi

Syarat Naskah Berita

Sebuah teks bisa di terima di masyarakat apabila berita tersebut memenuhi persyaratan yang mengacu pada ciri teks berita nya

Berikut ini ulasan tentang syarat teks berita adalah sebgai berikut :

1. Fakta atau faktual

Fakta atau faktual merupakan sebuah peristiwa yang nyaman sehingga peristiwa kejadian yang akan di sampaikan adalah hal yang nyata maka yang akan menjadikan berita dengan efektif yang jelas.

2. Aktual

Aktual merupakan sebuah teks berita yang wajib dalam sebuah peristiwa yang baru dan yang akan di sampaikan sehingga terjadi masih hangat untuk di perbincangkan dalam kalangan masyarakat.

3. Seimbang

Seimbang merupakan teks peristiwa yang dimana memiliki atau tidak boleh memihak kepada siapa pun sehingga berita nya akan menjadi seimbang dan dapat di terima dari pihak mana pu.

4. Lengkap

Lengkap merupakan sebuah berita yang memang wajib untuk menggunakan unsur dari semua peristiwa sehingga wajib untuk di penuhi dari unsur dan dari struktur teks berita nya.

5. Dibuat menjadi menarik

di buat dengan menarik merupakan teks berita dengan peristiwa yang akan di sajikan dengan memiliki judul yang menarik karena akan diterima banyak orang dan lebih tertarik untuk membaca berita yang dipublikasikan.

6. Sistematis

Sistematis merupakan sebuat berita yang di sajikan secara sistematis sehingga dengan berurutan supaya lebih jelas dan dan padat hingga bisa mudah untuk di pahami banyak orang.

Contoh Naskah Berita

Setelah mengetahui beberapa pejelassan di atas sudah cukup jelas bahwa naskah berita harus memiliki sumber berita yang tepat dan akurat sehingga mudah di baca dan mudah di cermati oleh masyarakat.

Berikut contoh dari naskah berita adalah:

Contoh

Naskah Berita Siaran SCTV
Pemirsa banyak penyakit wabah demam berdarah yang mulai berjangkit di beberapa kota .

Sehingga telah tercatat 20 propinsi yang berada di indonesia telah banyak terjadinya penyakit demam berdara yang di akibat kan persebaran nyamuk yang sangat banyak sehingga banyak orang yang terkena penyakit tersebut.

Wabah demam berdarah telah menelan banyak korban dan tanganan rumah sakit juga belum memadai dari tindakna medisnya sehingga penyekit demam berdarah masih banyak di lakukan dengan pengobatan secara tradisional.

Kasus demam berdarah ii yang berjangkit di beberapa kota dari pulau jawa dan sampai ke pulau sumatra dengan berdasarkan kecamatan dan berdasarkan pantauan dari petugas kesehatan di berbagai daerah.

Namun pihak RSU Pusat juga telah menangani beberapa pasien yang berasal dari beberapa Provinsi dan kota-kota besar di indonesia sehingga jumlah korban yang dei sebabkan penyakit demam berdarah semakin meningkat pesat.

Penyakit demam berdarah telah menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya sejak awal tahun 2019 lalu dan sampai sekarang ini masih banyak kota yang di serang dari wabah demam berdarah.

Penyakit demam berdarah telah banyak orang yang meninggal dunia mulai dari anak-anak dan bahkan orang dewasa sekalian mulai dari umu 5tahun sampai dengan berumur 31 tahun

Tetapi kini kepala dinas kesehatan terus berusaha untuk mengani tentang penyakit demam berdarah ini dan pentakit yang sangat berbahaya. sekiat terima kasih berita yang akurat ini tentang wabah penyakit demam berdarah

Nah demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Naskah berita dan beberapa contoh teks berita serta ciri-cirinya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih teleh berkunjung di halaman web kami

Baca Juga: Cara Membaca Berita