Contoh Notulen Rapat

Posted on

Contoh Notulen Rapat – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Contoh Notulen Rapat untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Notulen ialah salah satu hal yang sangat wajib ada didalam setiap rapat ataupun diskusi. Pada notulen rapat mempunyai bentuk yang padat, singkat, ringkas serta sistematis supaya saat acara telah selesai seseorang bisa mengetahui hasil dari rapat sebagai dari bahan dokumentasi.

Contoh notulen rapat juga sangat lah bervariasi, tergantung dari pada jenis kegiatan, organisasi ataupun perusahaan serta lain sebagainya. Organisasi yang baik merupakan organisasi yang mempunyai manajemen yang sangat baik. Baik organisasi dari kesiswaan, perusahaan, mahasiswa, karang taruna serta lain sebagainya.

Pengertian Notulen

contoh notulen rapat osis

Notulen adalah salah satu dari bukti bahwa sebuah organisasi telah melakukan sebuah rapat ataupun diskusi. Tak hanya itu dengan adanya suatu notulen seseorang bisa mengetahui kapan saja rapat telah dilakukan, siapa saja yang ingin mengikutinya, apa sajakah yang sudah dibahas serta yang lainnya.

Seseorang yang sudah menulis notulen disebut dengan notulis. Dimana seseorang notulis harus bisa mengerti serta menangkap secara baik apa saja yang sedang dibahas. Notulis itu sendiri harus saja berada di dalam sebuah rapat. Yang dimana dia harus sangat sanggup untuk mencatat segala kegiatan rapat dan juga mengambil kesimpulan dari pada kegiatan rapat itu.

Maka dari itu seseorang notulis mempunyai perananan penting didalam rapat. Dikarenakan dia juga harus bisa saja mendokumentasikan rapat secara baik dan benar. Agar menjadi seseorang notulis, tak hanya didalam posisi sekretaris.

Manfaat Notulen

Banyak sekali manfaat serta fungsi dari suatu notulen. Maka dari itu sebelum kalian mengetahui contoh dari notulen rapat sebaiknya kalian mengetahui apa sajakah manfaat dari sebuah notulen. Yuk simak lah beberapa manfaat dari notulen berikut ini.

  • Sebagai Sebuah Pedoman untuk Rapat yang Berikutnya
  • Sebagai Sebuah Dokumen
  • Sebagai Alat Untuk Pengingat bagi Peserta Rapat
  • Dijadikan Manometer Pada Rapat
  • Sebagai Sebuah Alat Bukti
  • Sebagai Sumber Informasi bagi Peserta yang Tak bisa Hadir
  • Sebagai Alat bagi Rapat Semu
  • Sebagai Mencapai Tujuan Yang Tertentu
  • Sebagai Parameter agar Menilai Apa yang bisa Tertuang di Rapat

Cara Membuat Notulen Rapat yang Benar

Tapi untuk beberapa organisasi tertentu ada yang belum mempunyai format pada penulisan notulen rapat yang sangat tepat. Berikut ini adalah cara membuat sebuah notulen rapat yang benar:

1. Detail Kegiatan

Sesudah kop surat, pada bagian bawahnya ada agenda rapat. Agenda rapat itu isinya hari/tanggal rapat akan dilaksanakan, waktu rapat, tempat untuk diselenggarakannya rapat, agenda rapat yang berupa sebuah topik yang akan dibahas serta jumlah peserta.

2. Kop Organisasi atau Instansi

Pada bagian paling atas didalam suatu notulen merupakan identitas dari organisasi ataupun instansi itu. Biasanya didalam bentuk kop surat yang sangat lengkap dengan logo, alamat serta nomor yang bisa dihubungi.

Akan tetapi bagi beberapa notulen tak mencantumkan kop surat, dikarenakan bukan bagian dari pada instansi, organisasi, perusahaan serta lainnya. Sehingganya beberapa yang hanya mencantumkan kop surat bersama nama komunitas itu.

3. Isi Notulen

Di dalam isi pada notulen seseorang notulis bisa menuliskan beberapa hal. Seperti sebuah susunan acara yang lengkap serta dibacakan oleh MC, sambutan dan ringkasan poin isi dari sambutan serta pembahasan diskusi.

Di dalam sebuah pembahasan diskusi seseorang notulis tak perlu menuliskan semua yang sudah dibicarakan melainkan juga hal-hal yang sangat penting saja. Seperti sebuah usulan, tanggapan usulan serta hasil keputusan dari musyawarah.

Tak hanya itu, di dalam isi pada notulen harus juga dibubuhi tanda tangan notulis serta pemimpin rapat. Tanda tangan ini yang akan dijadikan sebagai bukti bahwa sanya notulen telah sesuai dengan hasil dari rapat. Setelah itu bisa juga di bagian bawah yang disertakan daftar hadir yang ebagai saksi jalannya sebuah rapat.

Contoh Notulen Rapat

Banyak sekali contoh notulen yang bisa kita pelajari, mengingat hampir dari semua organisasi yang sudah melakukan rapat. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari sebuah notulen rapat yang dapat dijabarkan.

1. Contoh Notulen Rapat OSIS

Setiap sekolah menengah atas ataupun pastinya mempunyai organisasi yang disebut OSIS atau kepanjangannya Organisasi Siswa Intra Sekolah.

Serta di dalam organisasi inilah sering sekali diadakan rapat untuk membahas bermacam-macam kegiatan yang ada di sekolah. Berikut ini adalah contoh notulen dari rapat OSIS yang akan membahas soal Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau kependekanya HUT PGRI:

Rapat Organisasi Intra Sekolah

SMA Negeri 1 Bandar Agung

Hari/Tanggal               : Rabu, 28 November 2019

Waktu                           : 09.30 – 11.30 WIB

Tempat                         : Ruang OSIS SMA N 1 Bandar Agung

Pemimpin Rapat        : Sofyan Putra

Jumlah Peserta          : 15 orang

Materi Rapat              : Persiapan Untuk HUT PGRI

Kegiatan Pembukaan       :

  1. Dibuka oleh Ketua OSIS
  2. Sambutan dari Pembina OSIS

Hasil Kegiatan Rapat       :

Sudah dibentuk susunan dari kepanitiaan HUT PGRI yakni sebagai berikut :

  1. Ketua pelaksana      : Saifudin Arifin
  2. Sekretaris                  : Soraya Yuni
  3. Bendahara                 : Alfina Salsabila
  4. Seksi Acara                : Dwi Octavia
  5. Seksi Humas             : Wati Nindiya
  6. Seksi Perlengkapan : Beta Puspita
  7. Seksi Konsumsi        : Yasinta Yuliana

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua OSIS pada pukul 11.30 WIB

Pemimpin Rapat,                           Notulis,

        Sofyan Putra                             Siska Widyawati

2. Contoh Notulen Rapat Desa

Selain di sekolah ataupun perusahaan, di desa pula sering diadakan sebuah rapat desa agar membahas banyak sekali hal. Salah satu yang sangat sering dirapatkan yakni soal penetapan pemenang dari lomba kebersihan antara Rukun Tetangga ataupun RT. Berikut ini adalah contoh notulen dari rapat desa yang akan membahas pada acaratersebut:

Desa Labuhanratu

Hari/Tanggal               : Selasa, 10 Februari 2020

Waktu                           : 08.30 – 10.00 WIB

Tempat                         : Kantor Desa Labuhanratu

Pemimpin Rapat        : Purwono Sudarsono

Jumlah Peserta : 15 orang

Materi Rapat               : Penetapan Pemenang Lomba Kebersihan Antar Rukun Tetangga pada Desa Labuhanratu

Kegiatan Pembukaan  :

  1. Dibuka oleh Ketua dari pelaksana lomba desa yang terbersih
  2. Sambutan oleh Kepala Desa Labuhanratu

Hasil Keputusan Rapat :

Rapat yang dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Februari 2020 dan diputuskan sebuah pemenang dari lomba kebersihan diantara Rukun Tetangga (RT) yakni RT 01 yang perolehan nilainya 185. Selanjutnya penghargaan tersebut akan diberikan di hari Kamis, 12 Februari 2020.

Pemimpin rapat,                                Notulis,

Purwono Sudarsono                       Indri Yuliana

3. Contoh Notulen Rapat Seminar

Pernahkah menghadiri suatu seminar? Didalam sebuah seminar pasti terdapat seseorang yang sudah bertugas untuk menulis yakni notulen. Berikut ini adalah contoh dari notulen rapat seminar yang dapat dijadikan referensi:

Tema Seminar  : Komunikasi didalam Pandangan Islam

Hari/ Tanggal              : Kamis, 15 Januari 2020

Pukul                             : 10.00 – 12.00 WIB

Tempat                          : City Hub Hotel Lt 2

Notulen                         : Tri Srimulyani

Notulensi Seminar    : Komunikasi Islam sebagai sebuah komunikasi yang dibangun serta tunduk di atas landasan serta prinsip dari nilai-nilai Islam yang sangat ramah, damai, tidak kasar serta santun. Selayaknya mampu menghadirkan sebuah kenyamanan baik untuk komunikasikan ataupun komunikator. Karakter komunikasi didalam Islam bersumber pada dua pedoman utama dari umat Islam yakni Al-Qur’an serta Sunnah.

Pemimpin Rapat,                                                                      Notulis,

Imam Joko                                                                       Tri Srimulyani

4. Contoh Notulen Rapat Diskusi

Didalam kehidupan yang sehari-hari pasti sering sekali dilakukan sebuah diskusi. Salah satunya yakni diskusi soal kerja kelompok. Berikut ini adalah contoh notulen dari rapat diskusi yang sering sekali dilakukan.

Agenda Diskusi          : Membahas Mengenai kerja kelompok

Hari/Tanggal              : 10 Desember 2019

Pukul                            : 09.00 WIB

Tempat                        : Gazebo Kampung Rawa Soang

Pemimpin Diskusi    : Yuni Handayani

Notulis                        : Weni Zakira

Notulen Rapat           :

Kerja kelompok yang akan mengadakan suatu kegiatan di PT. Carica bagi melaksanakan sebuah survei yang mengenai faktor produksi didalam pembuatan sebuah minuman carica. Kemudian hasil dari survei itu akan dibuat didalam bentuk laporan kelompok. Serta dilanjutkan diserahkan pada guru pembimbing dari pelajaran ekonomi.

5. Contoh Notulen Rapat Sekolah

Tak hanya OSIS, di dalam sebuah sekolah pula sering kali diadakan sebuah rapat yang akan dilakukan oleh para guru. Salah satunya yakni mengenai penetapan untuk tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil. Berikut ini merupakan contoh notulen untuk rapat sekolah itu:

SMP Negeri 2 Bandar Jaya

Hari/Tanggal               : Senin, 7 Desember 2019

Waktu                            : 09.00 – 12.00 WIB

Tempat                          : Ruang Guru SMP Negeri 2 Bandar Jaya

Pemimpin Rapat          : Lukman Saputra, S.Pd

Jumlah Peserta : 30 orang

Materi Rapat               : Penetapan Tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil

Kegiatan Pembukaan        :

  1. Dibuka oleh Lukman Saputra, S.Pd
  2. Sambutan Kepala Sekolah

Hasil Keputusan Rapat   :

Berdasarkan dari rapat yang telah dilaksanakan pada Senin, 7 Desember 2019 maka sudah ditetapkan tanggal Ujian Akhir Semester Ganjil di tanggal 15 Desember 2019. Dimana ujian itu akan diikuti seluruh siswa SMP Negeri 2 Bandar Jaya

Pemimpin Rapat,                                   Notulis,

Lukman Saputra, S.Pd                      Indri Srimulyana, S.Pd

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Contoh Notulen Rapatsemoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: