Contoh Organisasi Sosial

Posted on
Contoh-Organisasi-Sosial

Artikel makalah tentang Contoh Organisasi Sosial – lengkap dengan pengertian, unsur, struktur, jenis, ciri-ciri, bentuk, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Organisasi Sosial,,,, adalah salah salah satu bentuk Institusi yang dibuat untuk mengatur hubungan manusia dengan memiliki hubungan yang sangat dekat. sehingga lembaga memiliki anggota dalam kelompok yang disebut asosiasi agar dapat mewujudkan institusi sosial. dalam hal ini juga terdapat peraturan dalam membetuk anggota dengan tujuan yang jelas. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah bentuk dan upaya masyarakat sebagai sarana partisipasi dalam pembangunan nasional dan negara dan dapat membentuk organisasi sosial dengan tujuan tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata organisasi didefinisikan sebagai unit yang terdiri dari bagian-bagian (struktur atau orang) dari suatu masyarakat dengan tujuan tertentu.

Maka organisasi ini dapat diartikan sebagai kelompok kolaborasi antara orang-orang untuk mencapai tujuan bersama dengan keberadaan norma-norma di masyarakat. Sebagai nilai-nilai yang ada di masyarakat.

Untuk mewujudkan nilai-nilai sosial, masyarakat akan merumuskan aturan ketat, dengan norma sosial sebagai batas untuk setiap sikap manusia dalam kehidupan sosial.

Baca Juga: Lembaga Peradilan Di Indonesia

Unsur-unsur organisasi sosial

Para penulis menggambarkan beberapa fitur organisasi sosial dalam masyarakat menurut Steiner dan Berelson (1964):

1. Hierarki, pola otoritas dan kekuasaan yang terstruktur dan menyerupai piramida, dengan kata lain, orang atau bagian tertentu yang wewenang dan kekuasaannya yang lebih tinggi daripada orang lain.

2. Formalitas, yaitu dalam organisasi sosial, dengan aturan, prosedur, ketentuan, pedoman, strategi, tujuan dll sebagai panduan untuk berjalannya organisasi sosial yang berfluktuasi.

3. Ukuran organisasi dengan jumlah anggota yang besar, hubungan antara anggota biasanya kurang intensif.

4. Durasi, d. H. Keberadaan suatu organisasi pasti lebih lama daripada lamanya waktu anggotanya bergabung dengan organisasi.

Baca Juga:  Kerajinan Bahan Lunak

9 Contoh Organisasi Sosial

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh bentuk organisasi sosial diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Organisasi Masyarakat

Organisasi masyarakat adalah salah satu jenis organisasi yang didirikan dalam mendonorkan darah sebagai bantuan kedalam masyarakat yang berdasarkan kesadaran untuk mengumpulkan dan membentuk visi bersama.

2. Keluarga

Keluarga sebagai salah satu organisasi peran dalam keluarga yang dengan para anggotanya yang memiliki tujuan seperti Sakinah, Mawadah dan Warrohmah yang didasari dari elemen-elemen agar terpenuhi dalam keluarga sebagai organisasi sosial.

3. Rumah Sakit Swasta

Rumah Sakit Swasta adalah satu tempat tempat dalam perlindungan bagi orang yang dijanjikan oleh negara dalam konstitusi 1945, tanggung jawab untuk setiap populasi pengungsi berada pada negara.

Oleh karena itu hal ini terbentu denga struktur organisasinya sendiri dan akan dijalankan untuk operasi dan dapat membantu bagi kalangan yang kurang mampu.

4. Organisasi Pemuda

Organisasi Pemuda adalah pilar bangsa sebagai penerus generasi bangsa ini Indonesia dengan mengenal organisasi sosial yang diprakarsai dan dikelola oleh kaum muda sebagau karang taruna.

5. Sistem Keamanan Lingkungan

Sistem keamanan lingkungan adalah salah satu upaya yang dikenal sebagai Siskamling dalam kehidupan masyarakat dan akan berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Siskamling juga dapat memudahkan tugas-tugas polisi Indonesia yang tidak dapat menjangkau di daerah-daerah terpencil

6. Pembangunan Kesejahteraan Keluarga

Pembangunan Kesejahteraan Keluarga ada;ah salah satu contoh dari organisasi yang dibuat oleh pemerintah untuk mencapai kekayaan dalam keluarga dengan suatu negara .

Maka alasan ini adalah sebuah program yang diselenggarakan dalam bentuk organisasi yang sudah ada sejak tahun 1957, dengan pembentukan nilai-nilai dasar Pancasila.

7. Yayasan Konsumen Indonesia

Yayasan Konsumen Indonesia adalah salah satau upaya dari konsumen dengan berbagai produk yang akan dijual dengan pasaran dalam bentuk organisasi dengan perlindungan konsumen.

Maka kesadaran warga negara Indonesia akan menjadi konsumen yang cerdas yang akan membuat tugas YLKI untuk mendidik konsumen Indonesia.

8. Tabungan dan koperasi kredit

Tabungan dan koperasi kredit adalah suatu serikat yang bertujuan untuk membantu terhadap kebutuhan anggotanya yang terkait dengan sektor ekonomi.

9. Lembaga Bantuan Hukum

Lembaga Bantuan Hukum adalah sebuah keterlibatan dalam kasus hukum, yang tidak dapat menyewa pengacara untuk membela diri sehingga lembaga ini sebagai bentuk dari organisasi sosial yang dapat membantu orang-orang dalam menangani kasus hukum.

Baca Juga:  Suprastruktur Politik

Peran Organisasi Sosial Dalam Masyarakat

Suatu organisasi penting dalam masyarakat karena organisasi dapat membantu / mengundang masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan dan kehidupan mereka.

Organisasi dapat mendukung proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan sosial. Organisasi yang paling penting adalah tempat / wadah dengan aspirasi kelompok orang lain.

Perbedaannya ada pada komunitas pecinta bus, yaitu komunitas Bismania. Komunitas ini adalah tempat untuk mengumpulkan, berbagi, dan mengendalikan penggemar bus dari seluruh Indonesia.

Organisasi juga dapat digunakan sebagai titik kontrol untuk kebijakan dan kebijakan tenaga kerja pemerintah yang sedang berjalan, atau dapat disebut organisasi berbasis politik. Organisasi dapat menjadi pendukung dalam pemerintahan.

Demikian lah ssobat pembahasan dari kami tentang Contoh Organisasi Sosial lengkap dari berbagai unsur dan ciri-ciri nya, Semoga apa yang sudah kami samaikan di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Ciri Masyarakat Madani