Paragraf Deskripsi

Posted on

Apa itu paragraf deskripsi? Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berisi uraian inti sebuah pikiran utama yang seudah tersirat di keseluruhan bagian.

Setelah itu maka pokok pikiranya akan di temukan jika para pembaca membaca keseluruhan bacaan dan menyimpulkannya sendiri.

Contoh Paragraf Deskripsi

Perlu anda ketahui, bahwa kata deskripsi adalah berasal dari kata discribere dari bahasa latin. Yang bratrti bahwa paragraf deskripsi adalah sebuah gambaran, perindian dan pemaparan.

Hal ini mengartikan pula bahwa deskripsi adalah sebuah gambaran objek yang di paparkan berdasarkan pengamatan, perasaan yang di rasakan seseornag hingga pengalaman pribadi.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mrmbuat para pembaca mendapatkan kesan yang mampu menggambarkan sebuah objek dari hasil pengamatan, perasaan dan peengalaman dari penulisnya. 

Hal ini menunjukan bahwa pembaca akan merasa mengalami atau di dalam peristiwa tersebut. Selain itu demi  untuk mecapai sebuah kesempurnaan maka penulis akan mendeskripsikan tulisannya dengan di bubuhi objek dengan kesan dan fakta.

Ciri-Ciri Paragraf Deskriptif

Ciri – ciri dari paragraf ini adalah sebagai berikut :

  • Memberikan gambaran sesuatu
  • Penggambaran dengan deskripsi yang sangat jelas dan melibatkan indera
  • Memberikan pengaruh kepada pembaca dan pendengar agar merasa melalui semua yang ada dalam tulisan

Langkah Menyusun Paragraf Deskrriptif

Langkah – langkah untuk menyusun paragraf ini adalah sebagai berikut :

  • Menentukan tema dan objek yang akan sebagai bahan deskripsi
  • Menentukan tujuan dari deskripsi tersebut
  • Kemudian kumpulkan data dan lakukan pengamatan objek yang akan sebagai bahan deskprisi
  • Susun data tersebut dan urutkan sesuai dengan kerangka
  • Uraikan semuanya berdasarkan kerangka hingga menjadi sebuah deskripsi dengan penyesuaian tema

Contoh Paragraf Deskriptif

Contoh 1

Contoh Paragraf Deskripsi

Letak restoran itu tidak jauh dengan kantor ayahku. Tepatnya di tengah perkotaan untuk menariik para pelanggan. Di depan restoran tersebut terdapat kantor ayahku di sebrang, maka restoran dan kantor ayahku di pisah oleh jalan. Di samping kanan restoran tersebut adalah sebuah kantor kecil. Kemudian di samping kiri kantor tersebut adalah sebuah toko pernak – pernik. Di belakang restoran tersebut adalah sebuah kantor yang besar. Restoran tersebut di penuhi dengan desain bungan yang indah dan anggun. Diteras restoran tersebut memiliki banyak bunga dan berbagai warna. Desain interiornyapun seperti negeri dongeng di disney. Meja dan kursinyapun di desain seperti restoran di negeri dongeng.

Contoh 2

Aku memiliki dress yang ku jahit sendiri. Selain itu desain dressnyapun ku rangkai sendiri sesuai dengan keinginanku. Warnanya sangat indah dengan warna biru muda, itu adalah salah satu warna favoritku. Warna pada dress itu adalah aku yang memiliihnya dengan ku padukan warna hijau toska. Dress rancanganku memiliki bahan katun dengan kualitas yang tinggi sehingga tidak mudah kusut dan sangat halus. Dress ini memiliki lengan yang panjang sehingga saat di kenakan akan menutupi lengan tanganku. Dress itu memiliki panjang hingga ke lutut sehingga tampak feminim. Dress ini memiliki lapisan rendra di seluruh bajunya. Dengan payet dan manik – manik yang cantik di bagian pengelangan tangan.

Contoh 3

Contoh Paragraf Deskripsi

Aku memiliki rumah yang kubeli dari kerja kerasku sendiri. Rumah itu memiliki desain yang minimalis dan klasik, namun rumah itu sangat nyaman ku tempati setiap hari. Rumah itu memiliki taman kecil di bagian halamanya. Tepatnya ku tanami beberapa bunga di bagian halaman. Tidak ada yang mewah dari rumah itu tapi sangat adem saat di tempati karna beberapa jendela yang  ada sehingga udara akan mudah masuk dan keluar. Rumah itu juga memiliki pondasi yang kutat meskipun aku tidak bisa membnagunnya dengan batu bata hanya berdinding kayu. Di bagian ruang tamu terdapat jendela  yang  jika di buka akan menghadap ke halaman. Di samping rumah itu terdapat kebun, hanya saja di belakang rumah itu adalah sebuah rumah orang lain. Di depan rumah itu terdapat sebuah jalan setapak. Di samping kiri rumah itu adalah kebun strawberry dan samping kanannya adalah kebun tomat.

Contoh 4

Aku memiliki sebuah kucing kesayangan yang kuberi nama kuki. Kuki ini memiliki bulu yang cukup lebat dengan tekstur yang lembut. Kuki adalah kucing jenis persia. Kuki memiliki mata berwarna biru dang bulunya yang berwarna coklat sehingga saat kuki diam menyerupai sebuah boneka yang lucu. Kuki memiliki berat yang cukup sedang karena usiannya baru 6 bulan. Namun, kuki termasuk kucing yang memiliki selera makan yang tinggi. aku memberikan baju padanya, dengan warna baju putih menyerupai kemeja dan dasi kupu – kupu berwarna hitam. Selain itu kuki juga memiliki belang pada ekornya yang berwana sedikit coklat tua berbeda dengan warna bulu di bagian lainnya.

Itulah beberapa contoh paragraf deskripsi yang harus kamu tahu.

F.A.Q

Apa itu paragraf deskripsi?

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berisi uraian inti sebuah pikiran utama yang seudah tersirat di keseluruhan bagian.

BACA JUGA :