Paragraf Narasi

Posted on

Apa itu paragraf narasi? Paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang di dalamnya menceritakan mengenai terjadinya peristiwa yang telah berlangsung sesuai dengan kronologi dan waktu urutan kejadian.

Peristiwa yang di ceritakan bisa berupa fiksi ataupun non fiksi. Biasanya cerita narasi akan membuat para pembacanya merasa mengalami kejadian tersebut atau ikut di dalam cerita tersebut.

Contoh Paragraf Narasi

Beberapa contoh karangan narasi adalah seperti : cerpen, biografi, roman dan novel. Tujuan dari karangan ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk memperluas informasi dan juga pengetahuan.

2. Sensasi yang di berikan untuk pembaca adalah pengalaman yang estetis.

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

Stipa jenis pargraf memiliki ciri khusu masing – masing, begitupun dengan paragraf narasi. di antaranya :

  • Memiliki unsur utama meliputi (alur, tokoh, konflik dan latar)
  • Sudut pandang yang di gunakan adalah sudut pandang penulis
  • Penulisan berdasarkan pengalaman penulis
  • Lebih menojolkan sebuah tindakan dan perbuatan.
  • Memiliki latar suasana , tempat dan juga waktu
  • Memiliki tokoh yang perwatakannya jelas
  • Urutan waktu yang di ceritakan sangat berhubungan

Jenis Paragraf Narasi

Paragraf narasi memiliki 2 jenis yakni sebagai berikut :

1. Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf ini adalah sebuah paragraf dengan menggambarkan sebuah rangkaian peristiwa yang tersusun rapih dan sedikit menarik khayalan para pembaca agar para pembaca merasa bahwa dirinya telah melakukan peristiwa tersebut.

Tujuan dari paragraf ini adalah untuk memberikan makna sebuah kejadian yang di berikan sebagai pengalaman pribadi. Pada umumnya paragraf yang di gunakan sebagai salah satu penjelasan proses dan persitiwa adalah paragraf ini.

Contoh Paragraf Narasi

Pada umumnya paragraf yang di gunakan sebagai salah satu penjelasan proses dan persitiwa adalah paragraf ini. Hal ini artinya bahwa paragraf narasi sugesti menjadi sebuah narasi yang berdasarkan diri sendiri. Adapun contoh dari narasi ini adalah :

Contoh panjang

Aku sedang duduk di sebuah restoran amerika. Lalu tak lama aku melihat dia yang sedang duduk tak jauh dari pandanganku. Aku mulai gelisah, bahkan jatungku kurasa ingin lepas. Dia memang tak melihatku karena terhalang oleh pengunjung restoran lain. Namun, aku tetap bisa melihatnya meski sedikit terhalang oleh pengunjung lain. Dia mengenakan dress berwarna dusty pink yang sangat anggun dan cocok di kenakan sehingga menambah pesona untuknya. Namun, siapa sangak di saat aku sedang menatapnya dengan pandangan kosong dengan sedikit tak sadarkan diri ternyata dia menatapku. Oh tidak! Aku merasa gugup. Dia hanya melontarkan senyum padaku dengan mengakan telapak tangannya seakan menyapaku. Lalu kubalas dengan senyuman.

Contoh singkat

Contoh Paragraf Narasi

Aku sedang makan di sebuah restoran. Kemudian aku melihat dia yang juga sedang duduk di antara pengunjung lainnya. saat aku memandanganya di memandangku dan tersenyum kepadaku. Kemudian aku membalasa senyumnya yang indah.

2. Paragraf Narasi Ekspositoris

Paragraf ini merupakan salah sat paragraf yang memiliki isi serangkaian tindakan  yang berrtujuan untuk penyampaian yang lebih informatif. Hal ini bertujuan agar para pembacanya dapat memahami peristiwa yang telah terjadi.

Tentunya tujuan utama dari paragraf ini adalah memberikan informasi pada suatu kejadian yang telah terjadi untuk memberikan pengetahuan kepada para pembaca agar menambah wawasan mereka. Adapun conoh dari paragraf ini adalah sebagai berikut :

Ciri-ciri paragraf ekspositoris

Adapun ciri – ciri dari paragraf ini adalah sebagai berikut :

  • Memiliki sebuah tujuan dengan menjelaskan semua pokok permasalahan atau memberikan informasi kepada para pembaca.
  • Paragraf ini hanya memberikan informasi saja artinya tidak mempengaruhi pembaca karena pada akhirnya keputusan di kembalikan ke pembaca
  • Biasanya menggunakan informasi yang akurat dan kemudian di jabarkan dengan rinci.

Contoh singkat paragraf narasi ekspositoris

Tidaklah sulit untuk bertenak ayam hanya saja butuh niat dari peternak ayam. Langkah yang harus di ambil untuk memulai betenak ayam adalah dengan membuat kandangnya yang sesuai. Kemudian pada kandang ayam di pasang lampu untuk membuat para anak ayam hangat. Lalu belilah belilah ayam jantan 2 ekor dan betina 4 ekor. Berikan makan ayam secara teratur untuk menghindari sakit pada ayam. Bersihkan kandan secara rutin.

Contoh Singkat Paragraf Narasi

Inilah beberapa contoh paragagraf narasi bersifat fiksi :

Di suatu hari, aku melihat sebuah bunga yang cantik di depan halamanku. Pada saat itu di rumah tidak ada orang, ayah dan ibu sedang pergi keluar kota. Kemudian bunga itu seaka – akan melambai agar aku menghampirinya. Aku mulai mendekati bunga itu. Namun, betapa kagetnya aku ternyata ada seekor ulat yang sedang memakan daunnya. Kemudian ku ambil ranting pohon untuk membuat ulat itu jatuh. Setelah itu ku ambil air untuk menyiram bunga. Setelah ku siram dengan air, lalu aku melihat bunga itu nampak segar dan bertambah cantik. Aku merasa bahagia telah menolong bunga itu di waktu yang tepat.

F.A.Q

Apa itu paragraf narasi?

Paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang di dalamnya menceritakan mengenai terjadinya peristiwa yang telah berlangsung sesuai dengan kronologi dan waktu urutan kejadian.

BACA JUGA :