Contoh Perjanjian Internasional

Posted on
Contoh-Perjanjian-Internasional

Artikel makalah membahas tentang Contoh Perjanjian Internasional, antar negara dan yang bertentangan dengan konstusi, pengertian, macam-macam dan bentuk supaya mudah unutk di pahami.

Perjanjian Internasional,,, Hal ini adalah sebuah perjanjian yang akan berlangsung antara suatu negara dengan berbagai negara yang lain dan dapat dilakukan serta memiliki catatan dari berbagai macam-macamnya, Maka kani akan memberikan berbagai contoh perjanjian internasional langsung saja simak pembahasan di bawah ini: 

Pengertian Perjanjian Internasional

perjanjian-internasiaonal

Perjanjian internasional adalah sebuah perjanjian dalam bidang ekonomi dan pilitik yang dengan bergabagi negara sehigga dapat disimpulkan antara satu negara dengan negara lain.

Dalam perjanjian internasional terdapat membentuk yang saling menguntungkan dengan tujuan utama adalah kesejahteraan negara-negara yang telah menandatangani dalam perjanjian tersebut.

Perjanjian internasional dibidang bilateral dan multilateral antara dua negara, dan perjanjian multilateral disimpulkan antara lebih dari dua negara. Maka Indonesia telah menjadi negara yang memiliki perjanjian bilateral dan multilateral.

Baca Juga: Tokoh Perumus Pancasila

10 Contoh Perjanjian Internasional

Dari beberapa ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam contoh dalam sebuah perjanjian internasional, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Perjanjian Linggarjati

Perjanjian Linggarjati adalah salah satu perjanjian dibidang internasional yang pernah ditandatangani oleh negara Indonesia dan telah menjadi perjanjian setara internasiona.

Namun hal ini juga sangat populer hingga saat ini dalam Istana Merdeka di Jakarta, menghasilkan beberapa keputusan penting yang ada pengakuan faktual tiga wilayah Indonesia oleh negara Belanda.

2. Perjanjian Renville

Perjanjian Renville adalah salah salah satu bentuk kerja sama yang fenomenal sehingga hal ini dapat dilakukan di atas geladak kapal perang dari negara Amerika Serikat.

Perjanjian ini dilaksanakan oleh negara Indonesia dan Belanda dengan maksud dapat mengakui hanya tiga wilayah resmi Indonesia yang tercatat dalam perjanjian tersebut,

3. Perjanjian Roem-Royen

Perjanjian Roem-Royen adalah salah satu bentuk isi dari perjanjian dalam kembalinya pemerintah Indonesia ke Yogyakarta yang sesuai dengan fungsi dalam perjanjian internasional dalam mensyaratkan perjanjian yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak.

4. Perjanjian KMB

Perjanjian KMB adalah salah satu bentuk perjanjian antara tiga negara, yaitu Indonesia, Belanda serta Amerika Serikat supaya dapat pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Yang, sesuai dengan persyaratan dalam perjanjian internasional yang akan berlaku, dengan adanya keputusan yang kondusif dalam kehidupan internasional.

5. Perjanjian New York

Perjanjian New York dalah salah satu bentuk perjanjian yang berlangsung antara Indonesia denga Belanda sebagai perjanjian internasional yang telah dibuat oleh Indonesia dalam bentuk perjanjian yng dapat menjaga kerja sama yang baik.

6. Perjanjian Bangkok

Perjanjian bangkok adalah sebuah perjanjian tahap internasional yang terjadi di Thailand, dalam hal ini dapat ditandatangani oleh banyak negara, termasuk, Indonesia, Thailand, sebagai bentuk mengakhiri konfrontasi dengan negara Malaysia.

7. Perjanjian Bongaya

Perjanjian Bongaya adalah salah satu bentk dengan kesimpulan yag berlangsung antara Indonesia dan Belanda guna untuk mencapai suatu kesepakatan dengan beberapa fase dari suatu perjanjian yang sangat penting.

Baca Juga:  Hubungan Pancasila Dengan UUD 1945

8. Perjanjian Jepara

Perjanjian Jepara adalah salah satu bentuk perjanjian antara Indonesia dan Belanda denagan membuat keputusan penting untuk menyerahkan pantai utara.

Dengan hal ini menang selama pemberontakan Trunojoyo maka perjanjian Jepara ini menjadi salah satu perjanjian yang terpenting yang pernah dibuat ileh negara Indonesia.

9. Perjanjian Gianti

Perjanjian ini adalah sebuah perjanjian yang dibuat antara Indonesia dan Belanda dengan membuat keputusan yang penting untuk membagi Kerajaan Mataram. sehingga dua bagian ini akan terbentuk dalam catatan sejarah Indonesia yang sangat fenomenal.

10. Perjanjian Salatiga

Perjanjian Salatiga adalah salah satu bentuk perjanjian internasional yang dimiliki oleh Indonesia dengan Belanda dengan terbentuknya susunan Mangkunegaran yang akan di jadikan salah satu perjanjian paling penting sehigga Indonesia dan Belanda memiliki perjanjian internasional di masa lalu.

11. Perjanjian kerangka kerja

Perjanjian kerangka kerja ini terjadi antara Indonesia dan Australia yang akan menetapkan perbatasan antara Indonesia dan Australia berlaku pada tanggal 12 Februari 1973.

Maka dalam perjanjian ini menjadi suatu perjanjian tigkat internasional denan berkontribusi pada sejarah yang panjang dengan hubungan antara Indonesia dan Australia.

12. Perjanjian teritorial

Perjanjian teritorial adalah salah satu bentuk perjanjian yang akan terjadi antara Indonesia dan Singapura pada tahun 1973 dengan menghasilkan dari batas-batas laut maritim.

Maka teritorial Selat Singapura telah dimasukkan pada catatan sejarah denan Perjanjian Indonesia-Singapura dan terbentuklah perjanjian internasional.

13. Perjanjian Kewarganegaraan

Perjanjian ini adalah salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Cina dalam sebuah keputusan yang akan dihasilkan dari perjanjian yang menyangkut kewarganegaraan.

Maka perjanjian ini termasuk pada catatan sejarah yang berhubungan internasional dengan menandatangani berbagai perjanjian dengan menyimpulkan agar saling menguntungkan.

Nah demikian lah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Contoh Perjanjian Internasional, semoga 13 contoh ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Ancaman Terhadap NKRI