Contoh Proposal Penelitian

Posted on

Contoh Proposal Penelitian – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan membahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Contoh Proposal Penelitian untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Banyak yang diantara kita yang sudah mengetahui cara untuk membuat sebuah proposal penelitian. Tetapi, terkadang apabila ditanya terkait pengertian dari proposal penelitian kita masih saja bingung didalam mendefinisikan kalimat yang sangat tepat serta sesuai.

Proposal penelitian ialah sebuah skema ataupun rancangan awal sebuah penelitian ilmiah didalam bidang akademik. Proposal ini dipakai sebagai acuan awal dari sebuah peneliti yang dibuat dengan sistematis yang mengandung segala unsur-unsur pokok baik dari proses penelitian yang akan segera dilakukan.

Pengertian Proposal

Contoh Proposal Penelitian

Definisi proposal menurut dari KBBI ialah sebuah rencana yang dituangkan kedalam bentuk sebuah rancangan kerja, perencanaan dengan sistematis, matang serta teliti yang diubah oleh sang peneliti sebelum melaksanakan sebuah penelitian, baik penelitian yang ada di lapangan (field research) ataupun penelitian yang ada di perpustakaan (library research).

Ciri-Ciri Proposal Penelitian

Walau terkadang sangat disepelekan, ternyata contoh dari proposal penelitian mempunyai ciri yang patut diperhatikan.

Hal ini disebabkan masih banyak yang diantara kita mahasiswa masih saja terkadang salah didalam membuat sebuah proposal penelitian.

Sehingganya, mendapatkan revisi secara berkali-kali dari dosen pembimbingnya. Diantara ciri-ciri dari proposal penelitian yang sangat perlu dipahami yakni sebagai berikut:

  • Singkat, Padat, dan Jelas
  • Terstruktur
  • Informasi Yang Jelas
  • Rapi

Contoh Proposal Penelitian

Setelah kalian mengtahui tentang pengertian dan ciri-ciri proposal peneletian, maka sebaiknya kalian juga menyimak tentang beberapa contoh proposal yang ada dibawah ini.

Contoh proposal penelitian 1.

Judul Penelitian : Analisis Potensi Limbah Dari Tebu Sebagai Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik dan Energi Biomassa Di Pabrik Gula

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saat ini, Seiring dengan berjalannya waktu sebuah industri baik itu industri rumahan ataupun pabrik semakin bertambah di Indonesia. Kini begitu mudah ditemukan suatu industri meskipun letaknya itu dekat dengan permukiman padat dengan penduduk.

Letak suatu pabrik yang sangat berdekatan dengan permukiman warga tentunya bisa menimbulkan sebuah dampak buruk, baik itu yang melalui limbah padat, cair ataupun gas.

Terutama limbah yang padat bisa membutuhkan tempat untuk penampungan yang besar. Aktifnya perindustrian yang ada di Indonesia tidak bisa berlangsung secara terus menerus tanpa adanya sebuah proses yang bisa menekan dampak buruk yang bisa diakibatkan oleh pembuatan produk di sebuah perindustrian.

Limbah ataupun sampah memang sebuah bahan yang tak berarti serta tak berharga, tetapi kita tak mengetahui bahwa sanya limbah pula bisa menjadi suatu yang berguna serta bermanfaat jika diproses dengan baik serta benar.

Beberapa pabrik yang ada di Indonesia kini telah menerapkan sistem pengolahan limbah agar bisa mengurangi dampak polusi dari pada limbah tersebut.

Bahkan terdapat juga beberapa yang sudah memanfaatkan limbah pabriknya agar dijadikan produk baru serta berguna yang tentunya dengan diolah melalui sebuah proses – proses yang tertentu.

Salah satunya yakni mengolah limbah sisa dari pembuatan gula yang menjadi kompos, batako serta lain lain.

Pemanfaatan limbah pada saat ini menjadi begitu penting artinya itu terutama agar mengatasi masalah penumpukan sampah pada kota-kota besar, limbah organik industri, dan juga limbah pertanian serta perkebunan.

Sistem pembangkit listrik atau generator biomass yang sangat optimal dengan model sistem untuk pembangkit listrik grid-connected. Perhitungan hasil dari potensi biomasa tebu atau feedstock biomass.

Dengan memanfaatkan ampas dari tebu sebagai sebuah sumber energi generator 1, generator 2, generator 3 serta perhitungan konsumsi daya pada industri yang dengan menyeluruh merupakan sistem system yang digunakan bantuan dari perangkat lunak, dalam hal ini yakni HOMER versi 2.68.

Hasil simulasi serta optimasi berbantuan dari software HOMER yang menunjukkan bahwa dengan keseluruhan sistem yang sangat optimal yang diterapkan pada PT. Madubaru system pembangkit listriknya (100%) dengan Grid PLN yakni 0%.

Dihitung 0% disebabkan langganan dari PLN tak dimanfaatkan didalam sistem pembangkit dikarenakan pembangkit mampu untuk menampung daya konsumsi dari seluruh sektor industri. Hasil dari total daya yang sudah dihasilkan pembangkit 1,2 dan 3 itu sebesar 15,024,411 kWh/tahun hasil dari analisa Homer Energy.

Berdasarkan data yang diatas, penulis itu tertarik agar menyusun suatu tugas akhir yang sudah berjudul “Analisis Potensi Limbah Dari Tebu Sebagai Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik dan Energi Biomassa Di Pabrik Gula”.

Didalam tugas akhir ini sanga penulis membahas soal pemanfaatan limbah yang sudah dihasilkan dari proses pembuatan gula PG.Madukismo Yogyakarta.

1.2 Rumusan Masalah

Agar memudahkan penyusunan tugas akhir ini sang penulis merumuskan masalah didalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, yakni sebagai berikut ini:

  1. Potensi ampas tebu didalam penyediaan energi listrik.
  2. Analisis untuk penerapan ampas tebu pada pabrik gula.

1.3 Batasan Masalah

Berdasarkan dari rumusan masalah di atas, maka didalam pembahasan tugas akhir ini sudah dibatasi kepada :

  1. Pengambilan data hanya dilaksankan pada Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta.
  2. Analisis perhitungan daya serta beban hanya berpusat melalui Homer.

1.4 Tujuan Penelitian

  1. Perhitungan dari potensi ampas tebu didalam penyediaan energi listrik
  2. Mengetahui hasil dari analisa energi biomasa tebu yang sebagai sumber energi listrik yang sangat ramah lingkungan.

1.5 Manfaat Penelitian

Penulisan dari tugas akhir ini bisa memberikan manfaat kepada beberapa pihak, diantara sebagai berikut:

  • Manfaat bagi penulis

Manfaat dari penelitian biomassa untuk penulis yakni bisa menambah wawasan untuk peneliti serta bisa dijadikan sebagai sebuah pedoman agar bisa menghadapi masalah dari bahan bakar yang pada saat ini sedang didalam kondisi mengkhawatirkan.

  • Manfaat bagi Universitas

Penulisan tugas akhir ini sangat diharapkan bisa dijadikan referensi akademis serta keinsinyuran bagi pengembangan jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang selanjutnya.

  • Manfaat bagi Masyakarat dan Industri ·

Bisa di jadikan sebagai sebuah penyedia energi listrik yang terbarukan yang ramah lingkungan. Bisa menyediakan energi alternatif yang sangat mandiri serta tak tergantung kepada energi fosil.

Bisa meningkatkan kemandirian dari masyarakat didalam bidang energi alternatif bagi daerah yang sangat tertinggal supaya lebih maju serta sejahtera.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

Dasar dari teori yang berisi pemikiran ataupun teori-teori yang sudah melandasi dilakukannya penelitian ini.

BAB 3 METODE PENELITIAN

Penulisan tugas akhir ini memakai metode penelitian:

Studi Pustaka (Study Research) Studi ini dilaksanakan dengan cara melihat serta mencari literature yang telah ada agar bisa memperoleh data yang berhubungan analisis kepada penulisan tugas akhir.

Penelitian Lapangan (Field Research) yang Berupa peninjauan ke lokasi serta siskusi pada pihak-pihak yang terkait agar bisa mendapatkan data yang sedang dibutuhkan didalam penulisan tugas akhir ini.

Penyusunan dari Tugas Akhir sudah dilakukan pengujian, data-data serta analisa yang bisa diperoleh serta disusun didalam suatu laporan tertulis.

Contoh proposal penelitian 2

A. Judul Proposal Penelitian

Pengaruh Bermain Game Online Kepada Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas X SMA N 1 B.Lampung.

B. Latar Belakang Masalah

Keberadaan dari game online yang memang mulai mempengaruhi dari aktivitas keseharian pada kalangan remaja untuk usia sekolah. Kondisi ini bisa dibuktikan dari kecenderungan para remaja yang khususnya sedang berada dijenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa menghabiskan waktunya dengan cara bermain sebuah game online.

Fakta ini sangat jelas begitu memprihatinkan sebabnya seharusnya remaja usia sekolah seperti mereka itu banyak menghabiskan waktunya dengan beraktivitas yang positif.

Didalam perspektif sosiologi, seseorang yang sudah menjadikan game online sebagai sebuah prioritas cenderung berkembang menjadi kepribadian egosentris serta individualis.

Kedua sifat itu jelas begitu berbahaya untuk perkembangan individu yang bersangkutan untuk ke depannya. Berdasarkan hasil dari observasi pra penelitian yang sudah dilakukan peneliti ditanggal 22-24 Februari 2019 pada kelas X A-D SMA N 1 B.Lampung ditemukannya beberapa permasalahan.

Pertama, 60% siswa di kelas X A-C SMA N 1 B.Lampung yang menghabiskan waktunya untuk bermain sebuah game online. Persentase itu diperoleh melalui sebuah pengambilan data dengan memakai instrumen yang berupa angket.

Kedua, motivasi belajar pada siswa kelas X A-D SMA N 1 B.Lampung masih tergolong didalam kategori rendah yang dimana sebagian besar siswanya masih malaksanakan aktivitas lain saat pembelajaran. Diantaranya ialah bermalas-malasan, tidur, bercanda, bermain gadget, ataupun berbicara.

Kedua permasalahan itu yang tentu bisa menghambat pencapaian tujuan yang kognitif, afektif serta psikomotorik dari pembelajarannya.

Oleh karena itulah, perlu sekiranya untuk diadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Bermain Game Online Kepada Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas X SMA N 1 B. Lampung”.

C. Pembatasan Masalah

  • Tingginya intensitas dalam bermain game online yang sudah dilakukan siswa kelas X A-D SMA N 1 B. Lampung.
  • Rendahnya motivasi untuk belajar siswa kelas X A-D SMA N 1 B. Lampung.

D. Rumusan Masalah

  • Adakah pengaruh pada aktivitas bermain game online kepada motivasi belajar untuk siswa kelas X SMA N 1 B. Lampung?

E. Kajian Teori

Berdasarkan permasalahan yang sudah dipilih, jadia didalam proposal penelitian ini perlu juga dicantumkan 2 teori yakni mengenai motivasi belajar serta game online.

Kajian teori soal motivasi belajar yang terdiri pengertian, fungsi, jenis, ciri-ciri, faktor yang sangat mempengaruhi serta upaya agar meningkatkannya. Sementara itu, kajian dari teori ini soal game online yang meliputi pengertian, jenis serta dampaknya.

F. Hipotesis

  • Ada pengaruh positif serta signifikan diantara variabel aktivitas dalam bermain game online dengan motivasi untuk belajar siswa kelas X A-D SMA N 1 B. Lampung.

G. Desain Penelitian

Penelitian ini sudah berdesain ex-post facto, yang dimana peneliti berusaha agar meneliti sesuatu fakta yang sudah terjadi di lapangan.

Pendekatan yang dipakai didalam penelitian ini ialah kuantitatif sehingganya menghasilkan data yang berupa kumpulan angka.

H. Populasi dan Sampel

  • Populasi didalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X A-D SMA N 1B. Lampung yang berjumlah 120 orang.
  • Sampel didaam penelitian ini bisa mengambil masing-masing 30 siswa dari setiap kelasnya agar dijadikan sebagai subjeknya. Pengambilan siswa itu dilakukan dengan memakai teknik simple random sampling, yang dimana responden dipilih oleh sang peneliti dengan acak.

I. Instrumen Pengumpulan Data

Peneliti akan melaksanakan pengumpulan data dari para responden dengan memakai instrumen berupa angket yang tertutup.

Didalam angket ini sudah disusun berbagai pertanyaan yang mengenai variabel yang sedang diteliti, yakni aktivitas bermain game online serta motivasi belajar.

J. Validitas data

Pengujian data dari hasil penelitian ini memakai empat validitas yakni isi (content), konkuren (Concurrent), konstruk (construct), serta prediksi (predictive).

Alat ukur yang dipakai oleh peneliti agar menguji validitas data dari penelitian ialah Product Moment dari Karl Pearson.

Contoh proposal penelitian 3

A. Judul Proposal penelitan

Pelaksanaan Strategi Untuk Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karang.

B. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan hasil dari observasi yang sudah dilakukan pada kelas XI AP 1 serta 2 ditanggal 1-2 April 2018 ditemukan beberapa permasalahan didalam kegiatan pembelajaran.

Pertama, motivasi dari belajar siswa masih sangat rendah saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kondisi ini bisa dibuktikan dengan banyaknya siswa yang sedang melakukan aktivitas lain misalnya saja berbicara, bercanda, bermain gadget sampai tertidur.

Kedua, prestasi belajar yang sebagian besar siswanya juga masih rendah dimana yang berdasarkan hasil nilai ulangan harian yang sebanyak 55% belum mencapai kriteria dari ketuntasan minimal.

Ketiga, sumber belajar yang dipakai oleh guru serta siswa belum cukup memadai dikarenakan tak adanya bahan ajar bagi kurikulum 2013 yang edisi revisi.

Keempat, strategi dari pembelajaran yang dipakai guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang belum bervariasi. Didalam kegiatan pembelajaran, guru masih saja memakai strategi yang monoton, yakni ekspositori.

Padahal disetiap materi pelajaran tertentu membutuhkan penerapan sebuah strategi yang sangat bervariasi dikarenakan tujuan pembelajarannya pula berbeda.

Adapun judul dari penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti yakni “Pelaksanaan Strategi Untuk Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karang”.

C. Pembatasan Masalah

Strategi pembelajaran yang dipakai oleh guru kompetensi keahlian dibidang Administrasi Perkantoran yang belum bervariasi.

D. Rumusan Masalah

Bagaimanakah pelaksanaan strategi pembelajaran dilakukan guru kompetensi keahlian pada bidang Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karang?

E. Kajian Teori

Berdasarkan tema dari penelitian yang sudah diambil, maka ada tiga kajian teori utama. Pertama, teori soal strategi pembelajaran yang meliputi pengertian, komponen, jenis, perencanaan dan juga pelaksanaannya.

Kedua, teori soal metode pembelajaran yang terdiri atas pengertian, jenis serta perencanaannya.

Ketiga, teori yang juga membahas soal guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dari pengertian, kompetensi, keterampilan mengajar serta perannya didalam kegiatan pembelajaran.

F. Desain Penelitian

Penelitian ini telah berdesain deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingganya data yang telah dihasilkan yakni berupa kata dan juga kalimat.

G. Informan Penelitian

Subjek didalam penelitian ini dari guru serta siswa kelas X kompetensi dari keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karang tahun ajaran 2017/2018.

Pemilihan subjek dari penelitian yang berupa guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran memakai teknik purposive sampling. Sementara itu, khusus bagi siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran memakai teknik snowball sampling.

H. Instrumen Pengumpulan Data

Penelitian ini bisa berdesain deskriptif dengan cara pendekatan kualitatif, maka instrumen yang bisa dilakukan yakni berupa pedoman observasi, wawancara serta dokumentasi.

I. Teknik Analisis Data

Didalam penelitian ini, peneliti memakai teknik analisis data yang interaktif. Teknik ini yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yang juga harus ditempuh peneliti, yakni penyajian, reduksi serta penarikan kesimpulan dari data.

J. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data

Data hasil penelitian yang sudah terkumpul perlu diperiksa lagi keabsahan datanya. Adapun teknik dari pemeriksaan data yang dipakai ialah triangulasi metode serta sumber.

Triangulasi metode bisa dilakukan peneliti dengan cara membandingkan data dari hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian, triangulasi sumber bisa dilaksanakan dengan cara membandingkan data wawancara informan dari guru A dan B.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Contoh Proposal Penelitian semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: