Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK/SMA Beserta Jawabannya

Posted on

MateriBelajar.co.id – Akan membahas tentang contoh soal bahasa indonesia kelas 11 SMK/SMA beserta kunci jawabannya. Materi bahasa indonesia merupakan salah satu materi penting di dalam sekolah karena mata pelajaran ini adalah salah satunya yang diujikan saat UAN (Ujian Akhir Nasional).

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA

Contoh Soal Bahasa Indonesia

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh soal bahasa indonesia untuk un dan uas 2019 dan jawabannya :

Perhatikan teks dibawah ini!

Bahasa bukan hanya digambarkan sebagai rangkaian bunyi,tetapi  bahasa didefinisikan sebagai substansi,bentuk,ekspresi,dan isi.sebagai substansi,bahasa merupakan segala sesuatu yang dapat dibicarakan, sedangkan sebagai bentuk,bahasa merpakan formalisasi bagian bagian dalam konsep. Sebagai ekspresi, bahasa merupakan media fisik dan sebagai isi,bahasa merupakan formalisasi media ke dalam unit ekspresi.

1. Simpulan paragraph deduktif tersebut adalah……

A. Bahasa bukan hanya digambarkan sebagai kerangka bunyi
B. Bahasa didefinisikan sebagai substansi
C. Bahasa merpakan media fisik
D. Merupakan formalisasi media

Jawaban: A

2. Dibawah ini manakah yang tidak termasuk fungsi dari bahasa Indonesia ?

A. Sebagai alat pemersatu
B. Sebagai kerangka acuan
C. Sebagai pemecah bangsa
D. Sebagai cirri khas suatu bangsa

Jawaban: C

3. Dibawah ini yang merpakan pengertian dari informasi verbal adalah…….

A. Informasi yang biasanya ditampilkan dalam bentuk bagan, tabel, diagram, denah, dan matriks.
B. Informasi yang didapat dari hasil observasi
C. Informasi yang meliputi informasi lisan dan tulis
D. Informasi yang berasal dari sebuah media berita

Jawaban: C

4. Perhatikanlah teks dibawah ini!

Kesulitan menulis  disebabkan oleh berbagai hal, antara lain ketepatan dalam penyusunan kalimat,ketepatan penggunaan ejaan,pemilihan kata,dan pengungkapan ide yang sesuai . Selain itu, dibutuhkan latihan rutin dalam memilih struktur yang efektif. Menulis merupakan hal yang sulit bagi masyarakat pada umumnya.

 Kesimpulan paragraf induktif tersebut adalah……

A. Masyarakat pada umumnya malas menulis
B. Menulis merupakan hal yang sulit bagi masyarakat umum
C. Masyarakat pandai menulis
D. Memilih struktur yang efektif

Jawaban: B

5. Dibawah ini manakah yang merpakan pengertian dari informasi induktif…..

A. Informasi yang bersifat lisan dan tulisan
B. Informasi yang dilkukan terhadap data (pernyataan) umum kemudian ditarik simpulan khusus.
C. Informasi yang dilakukan terhadap data (pernyataan) khusus diikuti umum.
D. Informasi yang merupakan pernyataan umum
E. Informasi yang didapat dari sebuah observasi

 Jawaban: C

6. Dibawah ini yang tidak termauk ke dalam faktor kedudukan bahasa Indonesia adalah…

A. Jumlah penutur nya
B. Peranannya sebagai sarana ilmu
C. Susastra
D. Sebagai arus urbanisasi
E. Sebagai penentu suatu ras

Jawaban: D

7. Manakah di antara kalimat berikut yang termasuk pernyataan deduktif ?

A. Karena bangun kesiangan, ia datang terlambat.
B. Disebabkan oleh penyakitnya,ia menghentikan aktifitas di luar rumah.
C. Jika hari hujan,ia tidak menghadiri rapat.
D. Mengapa permasalahan itu diperumit jika semua sudah jelas?
E. Bacalah bacaan yang manfaatnya sesuai dengan selera.

Jawaban : A

8. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk perilaku mencintai satwa. Contoh sederhananya adalah memelihara hewan peliharaan di rumah. Anak kecil sangat menyukai kucing. Anak bisa diajarkan untuk memberi makan, merawat, dan menyayangi hewan peliharaan. Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan kepedulian terhadap satwa.

Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf tersebut termasuk dalam paragraf …

A. Induktif
B. Deduktif
C. Deduktif-Induktif
D.Naratif
E. Argumentatif

Jawaban: B

9. Perhatikan paragraf dibawah ini!

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi sangat bermanfaat (3)Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksigambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga diantaranya perempuan, mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator professional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka.

Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor…

  1. (5)
  2. (4)
  3. (3)
  4. (2)
  5. (1)

Jawaban: E

10. Memasuki abad ke-21, sejumlah masalah kependudukan menghadang umat manusia secara “Tumpang tindih “. Sebagai contoh, masalah lanjut usia (lansia) muncul pada saat pertambahan penduduk masih besar. Kemiskinan menjadi kian kasat mata di tengah rumitnya masalah ketenagakerjaan. Masalah kesehatan pun turut mewarnai lanskap kehidupan pada awal milenium ketiga, terutama menyangkut kesehatan wanita dan anak-anak.

Jenis paragraf di atas adalah ……..

A . Deduktif
B . Induktif
C . Deduktif-Induktif
D . Deskripsi
E . Persuasif

Jawaban: A

11. Bacalah kutipan paragraf di bawah ini!

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat.Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung.

Paragraf di atas termasuk paragraf…..

A. Persuasif
B. Induktif
C. Deduktif
D. Deduktif-Induktif
E. Deskripsi

Jawaban: C

12. Bacalah kutipan paragraf di bawah ini!

Ratusan batu nisan berderet di Punggungan Dughla, 4.830 meter dari permukaan laut itu memuat nama pendaki puncak gunung itu. Kabut tipis menyamarkan nama-nama yang dipahat di batu ini. Berada di jalur utama pendakian Gunung Everest, deretan nisan tanpa jasad itu mencekam setiap pendaki yang hendak menjajal puncak tertinggi bumi. Nama-nama itu adalah mereka yang hilang atau tewas di Everest sejak gunung ini pertama kali didaki. Scott Fischer salah satu nama legend yang dipahatkan di batu nisan itu tewas bersama tujuh pendaki lain dalam tragedi Mei 1996.

Ide pokok paragraf diatas adalah…

A. Batu nisan tanpa jasad
B. Tewasnya tujuh pendaki
C. Kabut tipis di Gunung Everest
D. Pendakian pertama Gunung Everest
E. Deretan batu nisan di Gunung Everest

Jawaban: E

13. Limbah yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan makanan harus dipandang sebagai satu permasalahan serius dalam sanitasi. Penanganan limbah yang tidak memadai dapat menjadi sumber pencemaran yang membahayakan kesehatan. Limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan makanan dapat berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah padat biasanya berupa bahan sisa yang tidak termanfaatkan dalam pengolahan. Sebagai contoh adalah sisa-sisa bahan nabati yang berupa kulit buah atau sayuran, bagian akar, batang, dan daun.

Yang menjadi ide pokok paragraf tersebut adalah…

A. Limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan makanan dipandang serius dalam hal sanitasi.
B. Limbah yang dihasilkan dapat berupa limbah padat maupun limbah cair.
C. Penanganan limbah dapat menjadi sumber pencemaran yang membahayakan kesehatan.
D. Pemanfaatan limbah padat dan limbah cair.
E. Penanganan limbah yang membahayakan kesehatan

Jawaban: A

14. Manakah yang bukan fungsi bahasa Indonesia?…..

A. Alat pemersatu
B. Ciri khas suatu bangsa
C. Sebagai kerangka acuan
D. Pembawa kewibawaan
E. Sebagai dominasi bangsa

Jawaban: E

15. (1) sebagai bahasa asing
(2) sebagai bahasa pertama
(3) Sebagai bahasa kedua
(4) Sebagai bahasa sehari hari
(5) Sebagai bahasa formal dan nonformal
(6) Sebagai bahasa individualistis

Dari pernyataan diatas manakah yang termasuk kedudukan dari bahasa Indonesia….

A. (1),(3),(5)
B. (2),(3),(6)
C. (1),(2),(3)
D. (3),(4),(5)
E. (2),(4),(6)

Jawaban : C

16. Bahasa Indonesia memperkuat perasaan kepribadian nasional masyarakat pemakainya dan membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Pernyataan diatas merupakan salah satu fungsi dari bahasa Indonesia yaitu sebagai…

A. Sebagai kerangka acuan
B. Sebagai pembawa kewibawaan
C. Sebagai ciri khas suatu bangsa
D. Sebagai alat pemersatu
E. Sebagai bahasa formal

Jawaban: C

17. Bahasa Indonesia mempersatukan masyarakat Indonesia dan meningkatkan proses identifikasi penutur di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pernyataan di atas merupakan salah satu fungsi dari bahasa Indonesia yaitu sebagai…

A. Sebagai kerangka acuan
B. Sebagai pembawa kewibawaan
C. Sebagai ciri khas suatu bangsa
D. Sebagai alat pemersatu
E. Sebagai bahasa formal

Jawaban: D

18. Cara yang tepat untuk menyajikan informasi yang beupa data adalah….

A. Kata atau kalimat
B. Table atau grafik
C. Tulisan atau slogan
D. Lagu atau gerak
E. Gambar atau wacana

Jawaban : B

19. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan pola penyampaian informasi….

A. Perkembangan nilai siswa digambarkan dengan grafik.
B. Kualitas /prestasi siswa dalam sebuah kejuruan disampaikan melalui informasi verbal.
C. Iklan efektif disampaikan dengan informasi verbal dan nonverbal.
D. Jumlah produksi gabah di sebuah perkampungan dapat disampaikan dengan table.
E. Media bermanfaat untuk menyampaikan informasi sementara.

Jawaban: C

20 Dibandingkan informasi tulis,informasi lisan mempunyai kelebihan berupa…

A. Situasi kebahasaan
B. Pembicara
C. Tema informasi
D. Pendengar
E. Sarana informasi

Jawaban: A

21. Bagi masyarakat Indonesia,bahasa Indonesia resmi dipakai dalam deretan berikut,kecuali……

A. Bahasa undang- undang
B. Bahasa surat resmi
C. Bahasa sidang
D. Bahasa iklan
E. Bahasa pengajaran.

Jawaban: E

22. Yang merupakan bentuk informasi non verbal, kecuali….

A. Bagan
B. Tabel
C. Tulisan
D. Grafik
E. Gambar

Jawaban: C

23. Secara garis besar,isi informasi meliputi,kecuali….

A. Petanyaan
B. Makna
C. Pernyataan
D. Perintah
E. Berita

Jawaban: B

24. Bagaimana cara kita menyimpulkan sebuah informasi ke dalam sebuah paragraph induktif ?…

A. Dengan mengedepankan ide ide penjelas diakhiri dengan simpulan / ide utama
B. Dengan cara membaca paragraph secara keseluruhan
C. Dengan mengubah paragraf dari bentuk  umum menjadi bentuk khusus.
D. Memahami isi dari paragraf tersebut
E. Dengan membaca teks secara teliti

Jawaban: A

25. Apakah kelebihan dari informasi verbal?…..

A. Penyajiannya menggunakan bagan, diagram, denah, matriks
B. Penyajiannya menggunakan bahasa yang sulit dipahami.
C. Menggunakan kalimat kalimat informatif yang dianggap lebih mudah dimenegerti banyak orang.
D. Menggunakan kata hubung yang begitu rumit.
E. Bentuk penyajiannya yaitu umum khusus.

Jawaban: C

Untuk Soal No 26 dan 27

(2)Untuk menentukan sebuah bacaan bermanfaat atau tidak,bergantung pada opini yang sifatnya subjectif.(1)Masing masing individu memiliki kemampuan dan selera berbeda beda mengenai hal hal yang dianggap menarik untuk dibaca.(4)Tetapi,secara umum dapat dikatakan manfaat membaca sangat besa.Manfaat tersebut telihat jelas dalam pembentukan kepribadian seseorang.

(3)Selain itu,membaca juga dapat memperkaya informasi dalam pemikiran kita.

 26. Kesimpulan yang merupakan paragraf induktif ditunjukan dengan no…

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban: B

27. Kesimpulan yang merupakan paragraf deduktif ditunjukan dengan no..

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban: C

Itulah beberapa contoh soal bahasa indonesia untuk smk dan sma semoga bermanfaat…

Artikel Terkait :