Contoh Teks Debat

Posted on

Contoh Teks Debat – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Contoh Teks Debat untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir.

contoh teks debat kemerdekaan

Contoh teks yang satu ini pula akan membuat sebuah gambaran serta referensi sebelum bisa melakukan lomba debat ataupun membuat teks debat secara sendiri. Sehingganya sangat baik bagi mengumpulkan bermacam-macam teks debat agar dijadikan sebuah contoh.

Saat ini bisa memperoleh sebuah teks debat tak sulit dikarenakan bisa dijumpai secara mudah di buku ataupun internet.

Pengertian Debat

Bagi yang belum mengerti apa kah itu debat tentunya sangat perlu mencari tau pengertian debat terlebih dulu.

contoh teks debat tentang lingkungan

Debat itu sendiri ialah kegiatan untuk beradu argumen yang sudah dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok sehingganya pendapat masing-masing bisa tersampaikan. Sehingganya contoh teks debat sangatlah bisa membantu memahami serta memberikan sebuah gambaran debat.

Ciri Ciri Debat

contoh teks debat tentang internet

Ini lah beberapa ciri-ciri debat, yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Debat memiliki pihak yang sangat mengarahkan jalannya suatu debat. Biasanya yang bisa melakukan tugas ini yakni seseorang moderator.
  2. Hasil akhir ataupun kesimpulan debat yang didapat menggunakan cara voting ataupun keputusan dari sebuah juri debat.
  3. Hanya ada dua sudut pandang yakni pro dan juga kontra.
  4. Terjadi kegiatan yang saling beradu argumentasi bisa memperoleh kemenangan dari salah satu pihak.
  5. Ada sebuah proses agar saling mempertahankan dari argumentasi di antara dua belah pihak yang berdebat yakni pihak pro serta kontra.
  6. Dari sesi tertentu ada kegiatan sebuah tanya jawab diantara pihak yang sudah berdebat yang dipimpin moderator

Tujuan Debat

contoh teks debat singkat tentang internet

Adapun tujuan dari debat yakni sebagai beirkut:

  1. Melatih keberanian untuk mengemukakan pendapat
  2. Melatih untuk mematahkan pendapat dari lawan
  3. Meningkatkan sebuah kemampuan untuk merespon sebuah masalah

Unsur – Unsur Debat

contoh teks debat beserta strukturnya

Sebuah kegiatan bisa juga disebut debat apabila mempunyai beberapa unsur yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai mosi. Emosi yakni topik ataupun bahasan yang bisa diperdebatkan serta memiliki sifat konvensional. Adanya mosi begitu sangat penting dikarenakan di dalam suatu debat ada pihak pro serta kontra.
  2. Debat harus mempunyai pihak pro ataupun pihak afirmatif yang sangat setuju kepada mosi yang sudah diberikan. Pihak pro yang akan memberikan pidatonya terlebih dulu yang mengenai sebuah alasan mengapa mendukung dari pernyatan di dalam sebuah mosi.
  3. Pihak oposisi ataupun pihak kontra yang tak setuju dengan mosi tersebut. Pihak kontra juga akan menyanggah pernyataan dari pada pihak afirmatif.
  4. pihak netral ataupun pihak yang tak menaruh dukungan serta tidak condong kepada salah satu pihak.
  5. Didalam debat harus terdapat moderator yang sudah bertugas untuk mempin serta mengatur jalannya sebuah debat. Tata tertib dari debat, memperkenalkan masing-masing dari pihak, serta penyampaian mosi yang akan dilakukan moderator.

Contoh Teks Debat Dengan Beragam Tema

contoh teks debat pro dan kontra

Pada saat ini debat itu sering dijadikan sebuah ajang perlombaan, yang dimana ialah sebuah pembuktian atas kemahiran dalam berkomunikasi dan juga mempunyai pengetahuan yang sangat luas.

Sehingganya ada banyak sekali tema debat pada saat ini. Berikut ini adalah contoh dari teks debat dengan beragam tema yang bisa dijadikan sebuah referensi:

Teks Debat Tema Generasi Micin

Generasi Instan

Moderator: Pada saat ini generasi baru sudah muncul dengan nama yaitu generasi micin yang artinya anak-anak sudah tak perlu repot didalam melakukan sesuatu semua bisa dilalui menggunakan proses yang instan. Bagaimanakah tanggapan kalian semua?.

Pro: Itu merupakan hal yang cukup bagus artinya disaat ini anak-anak sudah mampu mengikuti sebuah perkembangan jaman serta tidak tertinggal oleh zaman.

Kontra: Apanya yang bagusnya? Pada saat ini anak-anak jauh lebih memilih yang mudah – mudah saja tidak ada lagi yang berkumpul untuk mengerjakan pr atau kerja kelompok secara bersama. Semua bisa dilakukan melalui sebuah media serta ujungnya anak akan bisa terbiasa sendiri tanpa memerlukan bantuan dari orang lain.

Pro: Justru bagus dong, berarti anak-anak kita itu mandiri.

Kontra: Tapi kita merupakan makhluk sosial serta jangan sampai pada akhirnya anak-anak itu berfikir bahwa komunikasi itu tidak penting. Sudah jarang untuk ke luar rumah, di rumah itu hanya sibuk didepan gadget, laptop ataupun hal lainnya yang seperti itu. Terkadang orang tua juga tidak ditengok.

Pro: Generasi micin bukanlah melupakan sebuah komunikasi tapi membuat sebuah komunikasi jarak jauh lebih mudah. Komunikasikan bisa dilakukan melalui semua media tak harus secara langsung. Generasi micin itu sebuah generasi modern yang sangat bagus.

Kontra: Lama kelamaan budaya kita Indonesia yang sudah terkenal ramah serta suka untuk bergotong royong akan menjadi hilang. Semua sudah digantikan melalui media elektronik, mereka itu akan jarang untuk berkumpul serta sibuk untuk membahasnya melalui gadgetnya.

Pro: Tapi tak semua seperti itu, masih banyak sekali orang yang bisa menjadi generasi micin yang sangat keren. Yang dimana dari cuman bermain melalui gadgetnya sudah bisa menghasilkan uang serta berkomunikasi dengan orang dari seluruh penjuru dunia.

Moderator: Baiklah debat yang mengenai generasi micin ini kita akhiri serta kesimpulan yang bisa saya ambil yakni bahwa pada saat ini generasi micin memang telah tidak bisa dihindari lagi, ada baiknya ini dihadapi namun tetap dengan cara yang bijak serta tidak bisa melupakan budaya yang ada pada saat ini.

Teks Debat Tema Gadget

Generasi Nunduk

Moderator: Pada saat ini Gadget telah tidak bisa dilepaskan dari pada kehidupan. Bagaimana kah pendapat kalian?

Kontra: Tentu saja gadget itu sangat penting tetapi ada baiknya pemakaian gadget itu lebih dibatasi, sehingganya tak akan menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Dimana pada saat ini banyak sekali sebuah kecelakaan yang terjadi dikarenakan berkendara dengan memakai gadget ataupun berjalan sambil fokus pada gadgetnya.

Pro: Itu sebenarnya akan kembali pada individu apakah bisa mengendalikan diri untuk memakai gadget. Seperti yang sudah kita ketahui gadget memang tak bisa dilepaskan dari pada kehidupan di saat ini.

Kontra: Memang benar pada kehidupan sekarang ini tak bisa lepas dari gadget serta gadget memang dapat memberi banyak sekali hal positif tap tidak bisa dipungkiri gadget pula mempunyai begitu banyak sekali dampak negatif.

Pro: Maka dari itu tadi saya bilang, kembali pada orangnya. Apakah bisa untuk mengendalikan diri dan juga tak dikendalikan gadget. Gadget itu sebagai alat yang kita kendalikan bukan malah kita yang dikendalikan oleh alat.

Teks Debat Tema Lingkungan

Hutan Menjerit Manusia Menangis

Moderator: Sekarang ini semakin banyak sekali hutan yang sudah menjadi lahan pembuatan sebuah Mall ataupun gedung modern yang lainnya. Semua ini bisa dilakukan bagi kepentingan moderenisasi dari suatu negara, bagaimanakah membuat masyarakat itu yakin dengan tujuan dari negara tersebut.

Silakan pada tim pembangunan gedung agar berbicara baru sesudah itu dilanjutkan oleh tim peduli terhadap lingkungan.

Tim Pembangunan: Negara Indonesia ialah negara berkembang yang dimana apabila tidak mengikuti sebuah perkembangan jaman sudah tentu saja bisa membuat Indonesia itu semakin tertinggal. Satu-satunya jalannya yakni ikut berusaha untuk maju serta menyesuaikan jaman.

Tim Peduli Lingkungan: Tapi tak berarti kehidupan manusia pada massa nanti tidak dipikirkan. Apabila hutan terus menerus ditebang, hutan yang akan menjerit serta manusia yang akan menangis pada akhirnya.

Tim Pembangunan: Seperti yang sudah kami bilang pada surat perjanjian bahwa tak semua lahan hutan itu akan dibuat Mall, hanya sebagiannya saja.

Tim Peduli Lingkungan: Itu janji yang selalu kalian ucapkan tapi pada nyatanya sesudah beberapa tahun kemudian kalian perluas lagi pembangunannya. Contohnya saja pada hari ini, dulu bicaranya hanya sebagian yang akhirnya kalian mau ambil semua hutannya.

Tim Pembangunan: Ini juga demi kebaikan negara. Jika kalian tak peduli dengan negara kalian tak berhak untuk tinggal di sini

Tim Peduli Lingkungan: Tapi tak seperti itu caranya. Lagian bukan lah tugas kalian yang bisa menentukan saya berhak ataupun tidaknya tinggal di sini.

Moderator: Semuaya harap tenang serta tetap berpegang dengan peraturan bahwa tak ada pembahasan yang di luar tema serta menyudutkan pada masing-masing pihak.

Teks Debat Tema Full Day School

Anak Bukan Robot

Moderator: Sekarang ini pihak pemerintah sudah menerapkan sistem sekolah yakni full day school bagi beberapa sekolah negeri yang tentu saja ini sudah menimbulkan banyak sekali tanggapan dari orang tua. Bagaimanakah pihak sekolah serta orang tua bisa menanggapi ini.

Pihak Sekolah: Pemerintah sudah mengeluarkan pernyataan yang resmi tentang Full Day School bagi kebaikan siswa pula. Dimana yang nantinya sekolah bisa semakin meningkatkan jadwal dari KBM.

Pihak Orang Tua: Tapi sekarang ini anak saya selalu pulang petang diakrenakan dia masih melakukan les. Belum lagi dengan tambahan uang saku dikarenakan dia tidak makan di rumah. Kami sebagai orang tua murid tak menyukai dari sistem ini.

Pihak Sekolah: Justru apabila ditelaah lebih dalam lagi tentunya jauh lebih baik. Yang dimana les dapat diberhentikan dikarenakan sekolah sudah menambah jam belajarnya.

Selain itu juga dari pada untuk memberi uang jajan yang ditambahkan akan jauh lebih baik untuk membawakan bekal bagi anak.

Pihak Orang Tua: Loh siapa yang dapat memastikan kalau jam pembelajaran di sekolah bisa menggantikan les. Anak saya susah untuk bangun pagi dikarenakan sudah ke lelahan disekolah. Mereka bukan lah robot serta tetap butuh waktu istirahat, belajar bukan hal utama.

Pihak Sekolah: Ini adalah caranya pemerintah agar menyiapkan perbekalan yang sangat tepat bagi anak untuk menyambut masa depan. Tapi kami dari pihak sekolah yang akan berusaha untuk menyampaikan semua masukan serta tanggapan dari para orang tua.

Pihak Orang Tua: Terima kasih, kami juga akan merasa begitu lega apabila hal itu dapat disampaikan. Tapi jangan hanya sebuah janji yang pada akhirnya justru malah dilupakan.

Moderator: Baiklah tetap berjalan dengan sesuai tema serta jangan mulai melenceng serta menyindir dari pihak lawan. Apabila tidak maka debat akan diberhentikan.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Contoh Teks Debat semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: