Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Singkat & Panjang

Posted on

Contoh Teks Deskripsi –  Sebelum kita membahas contoh dari Teks Deskripsi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian Teks Deskripsi. Lalu apa itu Teks Deskripsi ? teks deskripsi adalah sebuah karangan yang gagasan pokoknya disampaikan dengan jelas, baik itu tempat atau kejadian yang menjadi topik utama kepada seorang pembaca. Setelah kita mengetahui Pengertiannya barulah kita membahas beberapa Contoh Teks Deskripsi di bawah ini.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa contoh Teks Deskripsi yang mudah dan singkat,diantaranya :

1. Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolahku
Sekolahku memiliki lingkungan yang sangat bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang sangat luas.
Sekolahku memiliki 5 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, C, D dan E . Sekolahku berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah terhindar dari kebisingan suara kendaraan serta tampak segar dan sejuk.
Seluruh lantainya menggunakan keramik. Sekolahku terdapat aula yang besar yang biasanya digunakan untuk acara-acara seperti wisuda, olahraga, dan kegiatan lainnya.
Selain itu, sekolahku juga memiliki ruang laboratorium komputer yang lumyan benyak.Warna kuning dengan kombinasi hijau menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolahku, masjid dan kantin tidak lupa menambah keindahan pada sekolahku.

2. Teks Deksripsi Tentang Alam

Berikut merupakan contoh karangan deskripsi mengenai keindahan alam singkat yang mencangkup pedesaan, pegunungan dan lainnya :

Pada saat berada di puncak gunung, keinginan yang biasanya muncul adalah keinginan untuk melihat keindahan sunrise. Karena hal tersebut sudah sangat lazim dilakukan oleh para pendaki. Nah, demikian pula ketika berada di bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Karena matahari terbit dan tenggelam dengan sangat indah.

Bentuk dari bukti yang kecil, Semua itu mudah didaki dan memungkinkan orang yang belum pernah naik gunung sekalipun, bisa mendaki Bukit Sikunir untuk menikmati indahnya sunrise.

Pemandangan ketika masih pagi dari bukti Sikunir begitu indah dan memesona. Ditambah lagi dengan adanya gardu pandang, menjadikannya mirip dengan sebuah daerah yang ada di pulau Bali. Bedanya, Bali pemandangannya adalah laut sementara di Sikunir hamparan awan di langit. Tidak jauh darinya ada telaga cebong yang indah dan memikat. Sepanjang perjalanan menuju pulang, banyak sekali petani kentang yang bertani secara tradisional. Para petani tersebut memakai jaket tebal, mengingatkan kepada Eropa di musim dingin.

Hal yang lazim dilakukan oleh para pendaki ialah mengabadikan foto kemunculan matahari pagi. Mereka biasanya berpose dengan latar belakang kemunculan sang surya yang sangat indah.

Selain foto, banyak pula yang mengabadikan dalam bentuk video. Kemunculan matahari pagi di Bukit Sikunir merupakan sebuah mahakarya Tuhan yang menjadi salah satu yang ada di atas alam raya ini.

3. Teks Deskripsi Tentang Ekonomi

Kegiatan pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjadi agenda pemerintah ternyata bagaikan 2 sisi mata uang yang berbeda, karena terdapat sisi positif dan sisi negatif. Di satu sisi, dengan tidak terjadinya harga BBM menjadi berita gembira untuk masyarakat.

Sedangkan di sisi lain hal tersebut menjadikan volume BBM meningkat sehingga beban pemerintah terhadap subsidi Bahan Bakar Minyak semakin meningkat pula. Maka hal ini ibaratkan dengan sekeping mata uang logam yang memiliki dua sisi mata uang dengan gambar dan maksud yang berbeda pada setiap sisinya.

Terdapat konsekuensi dengan tidak dinaikkannya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yaitu bertambahnya volume pemakaian BBM. Namun di satu hal dengan di naikkannya BBM oleh pemerintah, biasanya berbagai bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari pun ikut mengalami kenaikkan harga.

Ini bisa sangat memberatkan masyarakat pada umumnya terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah. Bahkan tidak hanya kebutuhan pokok saja, tapi pelayanan publik juga akan sendirinya mengalami kenaikkan harga.

4. Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

Pohon Mangga

Aku memiliki pohon Rambutan yang berada di belakang rumah, pohon rambutan tersebut memiliki tinggi sekitar 3 meter dan sudah berbuah banyak.

Jika aku ingin memakan rambutan, aku tinggal memanjat pohon tersebut dan mengambil buah nya. Pohon rambutan tersebut dikelilingi oleh pagar.

Saking tingginya pohon rambutan milikiku itu sampai daun pohon mangga menutupi atap genteng rumahku.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Kumpulan Contoh Teks Deskripsi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01