Contoh Teks Negosiasi (Dalam Berbagai Permasalahan)

Posted on

Contoh Teks Negosisasi – Teks Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial yang memiliki tujuan yaitu untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda. Jika anda ingin mengetahui contoh teks negosiasi maka simaklah Pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Negosiasi di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi

Pengertian Negosisasi

Teks Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial yang memiliki tujuan yaitu untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi memiliki hak terhadap hasil yang akan disepakati.

Contoh Teks Negosisasi

Berikut ini adalah beberapa contoh Teks Negosisasi, diantaranya :

Contoh Teks Negosiasi Singkat Tentang Pendidikan

Wali kelas: “Ilham?, bagaimana rencana kita untuk study wisata di hutan kalimantan? apakah semua teman temanmu mau?”

Ketua kelas: “Saya kemarin sudah membicarakan kepada teman teman kelas bu, kami semua setuju study hutan kalimantan, hanya ada beberapa yang memberi ususlan untuk wisata di pantai padawa saja bu”

Wali kelas: “Wahhh kenapa begitu, ilham?”

Ketua kelas: “menurut mereka di hutan kalimantan tidak ada tempat wisata yang bagus bu, yang ada hanya hutan sama rumah pohon aja”

Wali kelas: “Hmmm tapi ilham, ibu tadi sudah bilang tentang rencana kita ini ke kepala sekolah. Dan kepala sekolah pun sudah menyetujui”

Ketua kelas: “Gitu ya bu?, tapi kayaknya banyak yang gak ikut deh bu kalau study dan wisatanya di hutan kalimantan”

Wali kelas: “Duh, bagaimana ya ham? soalnya ibu sudah mempersiapkan semua ham”

Ketua kelas: “Kalo gak gini aja bu, biar saya sama teman teman semua nanti menghadap ke bapak kepala sekolah untuk bicara rencana kami”

Wali kelas: “Nah, iya bener ham, yaudah kalau begitu, sana menghadap beliau dan laporkan hasil diskusi sama ibu”

Ketua kelas: “Baik bu terimakasih ya bu”

Wali Kelas : iya ham.

Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi yang terjadi dilingkungan keluarga antara bapak dengan anaknya.

Anak: “Pak, setelah agus lulus nanti agus ingin sekolah di SMA.”
Bapak: “Kenapa di SMA gus? Padahal, bapak ingin kamu sekolah di SMK ternama.”
Anak: “Kenapa bapak ingin agus melanjutkan sekolah di SMK? ”
Ayah: “Di SMK rata-rata setelah lulus bisa langsung masuk di dunia kerja, Nak .”
Anak: “Ohh, lulusan SMK itu gampang dapat kerja ya pak? Kalau gitu iya deh agus setuju pak.”
Ayah: “Bagus kamu setuju gus, yaudah nanti bapak pilihkan SMK ternama.”
Anak : “Iya pak”

Contoh Teks Negosiasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi antara penumpang dengan tukang becak :

Penumpang: “Bapak, ke pasar jum’at berapa ya?”

Tukang becak: “20 ribu mbak”

Penumpang: “Kok mahal banget pak?, gak 15 ribu saja pak?”

Tukang becak: “Kalau 15 ribu mah kemurahan mbak, kan pasar jum’at lumayan jauh”

Penumpang: “Yaudah saya tambah 2 ribu gimana pak?”

Tukang becak: “Tambah 3 ribu deh mbak”

Penumpang: “yaudah dah pak, saya 17 ribu ke pasar gede ya pak”

Contoh Negosiasi Pemecahan Konflik Jual Beli Mobil

Pembeli: “Selamat pagi pak”
Penjual: “Selamat pagi, Silahkan duduk. Apakah benar ini dengan bapak sumanto?”
Pembeli: “Iya pak, saya yang menghubungi bapak tadi malam”
Penjual: “Baik, langsung saja ke intinya, benarkah bapak tertarik dengan mobil yang di iklankan di Koran itu?
Pembeli: “Iya benar pak, dari foto yang ada di gambar saya tertarik ingin melihat fisik asli mobil tersebut secara langsung. Kayanya mobil bapak masih mulus.
Penjual: “Iya benar, mobil itu saya beli 1 tahun lalu, Saya menjual karena saya mau menggantinya dengan mobil yang baru pak”
Pembeli: “Apa alasan bapak mengapa mobilnya ingin diganti dengan mobil yang baru?, apakah mobil bapak sudah mengalami kerusakan?”
Penjual: “Bukan masalahnya pak karena mobil saya dijamin masih bagus. Alasannya karena saya ingin mengganti dengan mobil yang lebih besar karena mobil itu terlalu kecil untuk keluarga saya pak.”
Pembeli: “Oh begitu, saya kira sudah mengalami kerusakan. Jadi, berapa harganya pak?
Penjual: “170 juta, nego dikit”
Pembeli: “Kok mahal pak, saya kira di bawah 160 juta?”
Penjual: “Bisa nego kok, tenang aja pak”
Pembeli: “140 juta bagaimana pak?”
Penjual: “Teralu rendah kalau segitu, 150 juta pas, bagaimana?
Pembeli: “145 juta deh pak, bagaimana?”
Penjual: “Belum pak kalau cuma segitu, 150 juta sudah mentok”
Pembeli: “Baiklah, saya setuju pak,”
Penjual: “Baik, yasudah ini surat-suratnya pak. Boleh langsung dibawa mobilnya pak. terimakasih”
Pembeli: “Baik pak, terimakasih kembali”

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Contoh Teks Negosiasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :