Dampak Perang Dunia II Terhadap Berbagai Bidang

Posted on

Dampak Perang Dunia II – Perang Dunia II ini berlangsung dari tahun 1939 dan perang ini bermula dari serangan Jerman terhadap Polandia, ditutup atau diakhiri dengan Penyerahan Jepang kepada Sekutu di tanggal 15 Agustus 1945. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi mengenai Dampak Perang Dunia II ini secara lengkap. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Dampak Perang Dunia 2

Dampak Perang Dunia II – Perang Dunia II yakni adalah perang besar yang pernah terjadi pada masa melenium ini. Perang Dunia II ini berlangsung dari tahun 1939 dan perang ini bermula dari serangan Jerman terhadap Polandia, ditutup atau diakhiri dengan Penyerahan Jepang kepada Sekutu di tanggal 15 Agustus 1945.

Pada masa Perang Dunia II banyak sekali negara yang terseret dalam Perang ini sehingga perang ini menmunculkan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Karena perang ini ialah perang terbesar yang pernah dilakukan oleh umat manusia.

Berbagai cara telah di tempuh namun peperangan ini tetap tidak dapat di hindari lagi. Karena adanya peperangan tidak hanya merugikan semua pihak namun pasukan yang ikut berperang bahkan sampai merugikan rakyat yang tidak bersalah. Perang terdahsyat dunia telah terjadi hingga 2 dua kali dan dampak yang di hasilkan karena perang tersebut bagi dunia pun banyak sekali.  Untuk mengetahui dampak dari peperangan itu maka simaklah penjelasanya di bawah ini.

Dampak Perang Dunia II

Perang dunia ke II terjadi dan berlangsung pada tahun 1939 sampai 1945. Dampak dari peperangan tersebut terjadi di bidang sosial, politik ekonomi, dan kerohanian, bagi negara yang ada di dunia. Dampak dari perang dunia ke II terbagi menjadi empat bidang yaitu Bidang politik, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial , dan juga Bidang Kerohanian

Baca Juga :  Isi Perundingan Linggar Jati dan Sejarah Perjanjian Linggar Jati Lengkap

Untuk dapat lebih jelasnya akan kami jelaskan di bawah ini :

1. Bidang Kerohanian

Sebenarnya seluruh manusia yang ada di dunia ini menginginkan sebuah perdamaian. Adapun usaha yang di lakukan agar mencapai kedamaian itu sendiri yakni dengan membentuk lembaga perdamaian. Untuk bisa menyudahi penderitaan yang tak kunjung selesai maka penduduk dunia menginginkan adanya lembaga yang bisa menjaga perdamaian dunia yang sesudah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan. ketentraman dunia di harapkan terwujud setelah berdirinya United Nations Organization(UNO) atau  sering di sebut pula dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2. Bidang politik

Karena adanya perang dunia II sampai berdampak terhadap bidang politik yang berlangsung sebagai berikut ;

  1. Amerika Serikat dan Rusia adalah negara yang menjadi pemenang di perang dunia II dan terus negara itu menjadi negara adikuasa atau raksasa.
  2. Datangnya politik kawanan / aliansi yang terbentuk karena untuk kepentingan keamanan bersama, contoh dari bentuk aliansi tersebut adalah NATO, METO dan SEATO.
  3. Jiwa nasionalisme yang bangsa Asia mulai berkobar dan menyebabkan berbagai negara merdeka seperti negara Indonesia (17 Agustus 1945), Filipina (4 Juli 1946), Birma (4 Januari 1948), India merdeka penuh (26 Januari 1950), dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947).
  4. Terjadinya perebutan pengaruh dan menyebabkan perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet).
  5. Munculnya politik yang memecah belah negara yaitu:
    a. India menjadi 2 bagian, India & Pakistan.
    b. Indo-Cina menjadi 3 bagian, Laos, Indo-Cina, & Kamboja.
    c. Korea menjadi 2 bagian, Korea Utara & Korea Selatan.
    d. Jerman menjadi 2 bagian, Jerman Barat & Jerman Timur.

3. Bidang Sosial

Perserikatan Bangsa-Bangsa  (PBB) membentuk United Nations Relif Rehabilitation Administration (UNRRA) yang di harapkan bisa membantu penduduk yang menjadi korban dari perang tersebut. Adapun tugas UNRRA ini sebagai berikut:

  1. Membangun rumah sakit,
  2. Memberi sandang dan pangan orang yang terdampar,
  3. Memperbaiki kembali tanah yang telah rusak,
  4. Mengurus para pengungsi serta keluarganya.
Baca Juga :  Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli, Secara Bahasa, Istilah, dan Umum

4. Bidang Ekonomi

Perang dunia II juga telah mensurutkan/ menghancurkan perekonomian dunia kecuali Negara Amerika Serikat. Karena pada saat itu Amerika Serikat menjadi Pusat Kekayaan dan menjadi kreditur bagi dunia. Bentuk pengaruh bagi negara yang lain ialah dengan melakukan program. Program yang di lakukan oleh Negara Amerika Serikat ialah Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), Colombo Plan, dan Point Four Truman.

Demikianlah ulasan kami mengenai Dampak dari Perang Dunia II, Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :

 

Dampak Perang Dunia II Terhadap Berbagai Bidang
5 (100%) 1 vote[s]