Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi [Lengkap]

Posted on

Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi – Dengan perkembangan atau kemajuan zaman yang pasti akan berdampak pada kehidupan kita sebagai mahkluk hidup , Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi mengenai Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi secara lengkap. Maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi

Dengan perkembangan atau kemajuan zaman yang pasti akan berdampak pada kehidupan kita sebagai mahkluk hidup yang dimana dengan adanya kemajuan tegnologi, kemajuan informasi dan lain sebagainya ini sebenarnya menuntut kita harus ikut berkembang atau dengan kata lain tidak ketinggalan zaman di zaman yang serba modern ini untuk itu kita harus bijak dalam mengikuti perubahan ini,

Adapun dampak dari Perubahan sosial akibat modernisasi dan globalisasi memiliki dampak yang positif dan negatif, Berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak positif dan negatif dari perubahan tertsebut.

Dampak perubahan sosial yang bersifat positif

Perubahan sosial yang bersifat positif, diantaranya ;

  • Perubahan tata nilai dan sikap

Dengan adanya difusi dan inovasi dalam kebudayaan nilai dan sikap bisa merubah masyarakat yang awalnya irasional menjadi rasional.

  • Kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi

Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan sangat berrmanfaat karena dengan adanya kedua hal ini akan memudahkan kita dalam memperbaiki pola kehidupan kita, dan kedua hal tersebut sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

  • Tingkat kehidupan yang lebih baik

Kehidupan masyarakat sebenarnya dari waktu ke waktu telah mengalami peningkatan. Peningkatan yang bisa kita lihat dan juga dirasakan langsung yakni dari sistem teknologi. Dengan banyaknya penemuan baru mempermudah masyarakat dalam kegiatanya sehari-hari.

Teknologi tradisional yang banyak gunakan oleh masyarakat sudah banyak yang diganti dengan teknologi modern karena kenyataannya dengan adanya perubahan itu dapat mempermudah usaha manusia. Berkembangnya produksi yang dihasilkan akan membawa pada peningkatan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Dampak perubahan sosial yang bersifat negatif

Berikut ini adalah perubahan sosial yang positif, diantaranya ;

  • Pola kehidupan konsumtif

Kemampuan daya beli masyarakat yang semakin meningkat menjadikan para pengusaha memproduksi segala macam barang kebutuhan.

  • Sikap individualistik

Dengan terjadinya persaingan hidup yang semakin ketat ataupun keras kedua hal ini mengakibatkan nilai-nilai kemanusiaan mengalami pergeseran nilai. Budaya gotong royong pada saat ini lebih bersifat fungsional yang disalurkan melalui lembaga resmi atau yayasan. Sikap individualistik atau sikaf tidak peduli satu sama lainnya hal ini sangat terasa dilingkungan masyarakat di kota-kota tertentu hal ini bisam dibuktikan salah satu buktinya yakni masyarakat yang ada di perkotaan jarang bersosialisasi dengan tetangga.

Masyarakat di kota-kota tertentu telah disibukkan dengan urusan kegiatan atau pekerjaan sehingga komunikasi antar individu dalam kelompok tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya.

  • Gaya hidup kebarat-baratan.

Kebudayaan yang sangat berpengaruh di masyarakat pada saat ini bukan hanya yang berasal dari budaya negara sendiri atau daerah sendiri, karrena mereka juga mendapat pengaruh dari budaya luar, salah satunya dari budaya barat.

Nilai-nilai budaya barat tidak semuanya berpengaruh positif  karena ada juga yang berpengaruh negatif, seperti contoh gaya berpakaian yang kebarat-barattan,  pola hubungan anak terhadap orang tua dan lain sebgainya,

Selain tentang modernisasi dan globalisasi, di lain hal ada juga sebuah proses yang disebut reformasi, adapun arti dari Reformasi ini adalah sebuah proses perbaikan atau penataan ulang terhadap faktor-faktor rehabilitasi yang ada dalam masyarakat.

Reformasi tidak hanya menekankan pada pencegahan / pembentukan pranata-pranata baru bagi masyarakat, karena selain itu lebih pada usaha-usaha mengembalikan arah dan tujuan yang selama ini lebih banyak dinodai oleh penyimpangan pada pelaksanaan lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Demikianlah ulasan kami mengenai materi Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisas, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :