Daur Hidup Semut – Siklus, Fase, Urutan, Cara Berkembang, dan Gambar

Posted on

Daur Hidup Semut – Semut merupakan jenis serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki 12.000 lebih jenis, sebagian besar hidup di kawasan tropika. Semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per sarang atau koloni. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Daur Hidup Semut, Siklus, Fase, Urutan, Cara Berkembang, dan Gambar di bawah ini.

Daur Hidup Semut

Daur Hidup Semut

Semut adalah serangga kecil, meski kecil, warnanya cukup rumit. Makhluk mungil ini mengalami banyak perubahan dan perkembangan selama masa hidup mereka, dari telur hingga menjadi semut dewasa. Selain itu, Semut merupakan jenis serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki 12.000 lebih jenis, sebagian besar hidup di kawasan tropika.
Semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per sarang atau koloni. Semut mengalami metamorfosi lengkap, karena memiliki 4 tahap; telur, larva, pupa, dan dewasa. Siklus hidup semut terdiri dari 4 tahap dan akan menghabiskan waktu selama 6-10 minggu sampai selesai. Adapun tahapan yang akan di lalui sebelum menjadi semut dewasa (Imago) yaitu sebagai berikut :
Daur Hidup Semut

1. Telur

Telur  : Kehidupan semut dimulai dari stadium telur. Apabila sel telur dibuahi, progeni akan diploid betina; Jika tidak, itu akan menjadi haploid Jantan,

2. Larva

Larva : Telur kecil menetas kemudian menjadi larva berbentuk cacing tanpa mata atau kaki. Larva semut sebagian besar tidak bergerak dan diberi makan serta dirawat oleh para semut pekerja. Makanan diberikan pada larva oleh trophallaxis, sebuah proses di mana seekor semut memuntahkan makanan cair yang berada di temboloknya.
Dimana hal ini juga dilakukan oleh semut dewasa (Imago). Larva, terutama pada tahap selanjutnya, mungkin juga diberikan makanan padat, seperti telur trofik, potongan mangsa, dan benih yang dibawa oleh semut pekerja. Larva tumbuh melalui serangkaian 4/5 tahap molting dan memasuki tahap pupal.

3. Pupa

Pupa : Bilamana larva sudah cukup besar, maka metamorfosis selanjutnya yaitu menjadi pupa. Pupa terlihat lebih mirip dengan semut dewasa, tapi antena dan sayapnya dilipat ke tubuh mereka. Pada beberapa spesies, pupa tersebut diselubungi oleh kepompong di sekelilingnya untuk mendapat perlindungan. Pada spesies lain, pupa masih belum ditemukan. Selama masa ini, pupa akan berubah menjadi dewasa.

4. Semut Dewasa (Imago)

Dewasa : Akhirnya, pupa itu muncul sebagai semut dewasa. Semut dewasa dapat menjadi salah satu dari tiga kasta: Semut Ratu, Semut Pekerja wanita atau laki-laki.

Cara Berkembang Semut

Cara Berkembang Semut

Pertama-tama drones (Semut Pejantan) akan memasukan alat kemalinnya (aedagus) ke saluran reproduksi semut betina untuk menyimpan sperma. Kemudian sperma bergerak ke tempat penyimpanan sperma semut betina. Setelah melakukan proses perkawinan semut jantan akan mati sementara, ratu semut akan melepaskan sayapnya dan bergabung dengan koloni baru. Sperma drones yang tersimpan pada tubuh ratu semutlah yang akan terus disiapkan untuk mengahsilkan telur. Maka dari itu, ratu semut tidak perlu melakukan perkawinan lagi atau secara bertelur.

Klasifikasi Semut

                                                 SEMUT

Famili : Formicidae; Latreille, 1809

Ordo : Hymenoptera

Kingdom : Animalia

Kelas : Insekta

Filum : Antropoda

Lama Hidup : Semut kebun hitam: 15 tahun, Semut firaun: 4 – 12 bulan

 

Demikianlah Pembahasan kami mengenai Materi Daur Hidup Semut. Semoga dapat menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01