Demokrasi – Pengertian Dan Macam-Macam Demokrasi

Posted on

Demokrasi – Apa itu demokrasi dan ada berapa macam demokrasi itu? Berikut ini adalah materi makalah mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli. Agar anda bisa mengetahui nya maka simaklah penjelasan lengkap nya di bawah ini.

Pengertian Demokrasi

Demokrasi
Demokrasi

Menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Demokrasi memiliki dua arti, yaitu :

  1. Demokrasi yaitu suatu bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam memerintah, yaitu melalui perantara wakil-wakil terpilih mereka.
  2. Demokrasi ialah suatu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negaranya.

Demokrasi diambil dari kata demokratia yang merupakan salah satu kata dari bahasa Yunani. Demokrasi sendiri memiliki arti suatu kekuasaan rakyat. Jika secara umum, demokrasi terbagi menjadi dua kata, pertama adalah kata Demos yang maknanya adalah rakyat. Dan yang kedua adalah kratos yang artinya adalah kekuatan atau kekuasaan.

Demokrasi itu mencakup suatu keadaan ekonomi, sosial dan juga budaya yang di dalamnya berlangsung suatu praktik kebebasan dalam bidang politik entah itu secara bebas atau secara setara.

Adapun pengertian dari demokrasi sendiri secara umum adalah sebuah format pemerintahan dimana tiap-tiap warga Negara mempunyai hak yang setara dan juga seimbang mengenai penentuan dan juga pemilihan suatu keputusan yang nantinya dapat memunculkan dampak di dalam kehidupan rakyat atau warga Negara.

Demokrasi juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk kekuasaan tertinggi yang terdapat di tangan rakyat. Tentang demokrasi ini, warga Negara boleh ikut di dalam mengambil bagian, entah itu secara langsung atau dalam sebuah bentuk perwakilan dalam hal pelaksanaan perumusan, pengembangan dan juga proses menyusun hukum.

Pengertian Demokrasi Menurut para ahli

Menurut H. Harris Soche (Yogyakarta : Hanindita, 1985)

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan rakyat. Maksudnya rakyat atau orang banyak merupakan pemegang kekuasaan dalam pemerintaha Dan mereka memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri mereka dari adanya paksaan dari wakil-wakil mereka, yaitu orang-orang atau badan yang diserahi wewenang untuk memerintah.

Menurut Sidney Hook

Demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan penting pemerintah baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat yang telah berusia dewasa secara bebas.

Menurut John L Esposito

Demokrasi yakni merupakan suatu bentuk pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam artian rakyat mempunyai hak untuk ikut berpartisipasi, baik berperan aktif maupun pada saat melakukan pengontrolan terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam lembaga resmi pemerintahan terdapat pemisahan berbagai macam unsur seperti unsur eksekutif, legislatif, maupun unsut yudikatif secara jelas.

 

Macam-Macam Demokrasi

A. Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

  1. Demokrasi langsung (Direct democracy), Dalam sistem demokrasi ini setiap warga negara terlibat langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan.
  2. Demokrasi tidak langsung (indirect democracy), meskipun kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat, pada sistem demokrasi ini kekuasaan politik warga negara dilaksanakan secara tidak langsung yaitu melalui perwakilan rakyat.

 

B. Demokrasi Berdasarkan Hubungan antar Kelengkapan Negara

  1. Demokrasi Perwakilan Sistem Pemisahan Kekuasaan, yakni merupakan sistem demokrasi dimana kedudukan antara badan eksekutif dan badan legislatif berada pada tempat yang terpisah. Maksudnya keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti halnya pada sistem demokrasi parlementer.
  2. Demokrasi Perwakilan Menggunakan Sistem Referendum, yaitu sistem demokrasi dimana semua warga negara dilibatkan dalam memilih para wakil mereka di parlemen. Akan tetapi rakyat memiliki kendali terhadap parlemen tersebut melalui sistem referendum. Sistem referndum adalah pemungutan suara yang dilakukan untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung dan menyeluruh.
  3. Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Refrendum dan Inisiatif Rakyat, yaitu sistem demokrasi yang menggabungkan sistem demokrasi perwakilan dengan sistem demokrasi secara langsung. Pada sistem demokrasi ini masih terdapat badan perwakilan namun dikendalikan oleh rakyat melelui referendum dimana sifatnya obligator dan fakultatif.
  4. Demokrasi Perwakilan Sistem Parlementer, ialah sistem demokrasi dimana pemerintah (badan eksekutif) memiliki hubungan erat dengan badan perwakilan rakyat (badan legislatif). Pemerintah melakukan program yang telah disetujui oleh badan perwakilan rakyat.

 

C. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideolog

  1. Demokrasi Liberal, yakni merupakan sistem demokrasi yang menjunjung tinggi hak individu setiap warga negara dan memberikan kebebasan setiap orang dalam menyampaikan pendapatnya. Sistem demokrasi liberal juga dapat di sebut dengan demokrasi konstitusional dimana pemerintah wajib melindungi hak-hak individu warganya sesuai yang tercantum dalam konstitusi.
  2. Demokrasi Rakyat, yaitu sistem demokrasi yang dijalankan berdasarkan paham sosialis atau komunisme, dimana kepentingan negara dan kepentingan umum adalah yang terpenting di atas kepentingan individu.
  3. Demokrasi Pancasila, yakni merupakan sistem demokrasi yang dijalankan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Sistem demokrasi Pancasila berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Demokrasi, Semoga bermanfaat…

Artikel lainya :