Elemen-Elemen Desain Grafis Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

Posted on

Elemen-Elemen Desain Grafis Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya – Elemen desain merupakan salah satu hal yang terpenting dalam desain grafis. Karena hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain. Seperti sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen merupakan dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak akan mampu jika langsung ke atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain. Untuk lebih lengkapnya simak materi Elemen-Elemen Desain Grafis di bawah ini.

Elemen desain

Definisi Elemen Desain

Elemen desain merupakan salah satu hal yang terpenting dalam desain grafis. Karena hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain. Seperti sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen merupakan dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak akan mampu jika langsung ke atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain ini.

Elemen-Elemen Dalam Desain

Elemen-elemen desain sendiri terdiri atas 6 hal yaitu garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran, dan warna. Langsung saja berikut ini adalah unsur-unsur dari elemen-elemen desain, diantaranya :

1. Garis (Line)

Garis merupakan sebuah unsur desain yang mana garui ini akan menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga tergambarlah sebuah garis dengan bentuk lengkung atau lurus. Bisa membuat keteraturan, mengarahkan pandangan serta memberikan kesan bergerak serta memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis bisa diaplikasikan dalam pembuatan grafik maupun bagan.

2. Bentuk (Shape)

Bentuk merupakan seperangkat garis yang ditempatkan berdekatan, mempunyai diameter, tinggi dan juga lebar. Ini adalah obyek 2 dimensi (2D). Berdasarkan sifatnya, bentuk bisa dikategorikan menjadi 3, yaitu huruf, simbol, dan juga bentuk nyata (form). Selain itu hal ini bisa digunakan sebagai perantara sebuah ide.

3. Tekstur (Texture)

Tekstur yakni ialah sebuah visualisasi dari permukaan yang bisa dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Tekstur bisa menambah dimensi serta kekayaan sebuah layout, menegaskan atau membawa ke dalam sebuah emosi atau rasa tertentu.

4. Ruang

Ruang yaitu adalah jarak yang memisahkan antar sesuatu. Biasanya digunakan untuk memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layout. Selain itu, ruang berfungsi sebagai tempat istirahat bagi mata. Dalam bentuk fisiknya, pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi 2 unsur, yaitu obyek dan latar belakang.

5. Ukuran

Ukuran yaitu ialah seberapa besar atau kecil sesuatu hal. Perbandingan ukuran satu bentuk terhadap bentuk yang lainnya. Dengan menggunakan elemen ini kalian bisa menciptakan kontras dan penekan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan tahu sisi yang  menarik atau menonjol dari desain itu dan melihatnya terlebih dahulu.

6. Warna

Warna yaitu adalah media paling akhir dalam komunikasi simbolik dan yang terpenting. Nyatanya, warna dibagi ke dalam 2 section, warna yang timbul yang karena adanya sinar (RGB) dan warna yang dibuat dalam unsur tinta ataupun cat (CMYK). Dengan warna para desainer bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau menarik perhatian dan juga dapat menegaskan sesuatu. Adapun warna memiliki bermacam-macam jenis diantaranya yaitu :

Warna dibedakan menjadi :
Warna Primer : Merah, Kuning, Biru.
Warna Sekunder : Hijau = Kuning + Biru
Orange = Merah + Kuning
Ungu = Biru + Kuning

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi elemen-elemen desain. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan anda.

Artikel lainnya :