Etnosentrisme – Pengertian, Penyebab, Dampak Dan Contoh

Posted on

Etnosentrisme – Apa kalian pernah mendengar istilah Etnosentrisme jika pernah apakah kalian mengerti maksudnya? Nah, Kali ini kami akan mengulas materi mengenai Etnosentrisme mulai dari Pengertian, Penyebab Timbulnya Etnosentrisme, Dampak Etnosentrisme Dan Contohnya. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Etnosentrisme
Etnosentrisme

Pengertian

Etnosentrisme adalah suatu persepsi yang dimiliki tiap individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari budaya lainnnya atau dapat dikatakan Etnosentrisme itu adalah fanatisme suku bangsa.

Pengertian Lain, Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budayanya. Orang etnosentris menilai kelompok lain relatif pada kelompok dan kebudayaannya, khususnya jika berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan dan agama. Etnosentrisme ini mungkin terkadang tampak maupun tidak tampak, meskipun ini dianggap sebagai kecendrungan alamiah dari psikologi manusia.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Adapun pengertian Etnosentrisme menurut beberapa para ahli yang mendalaminya adalah antara lain sebagai berikut

  • Sumner
    Menurut Sumner, pengertian etnosentrisme sebagai kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya untuk mementingkan diri sendiri, lebih unggul dari orang lain, dan menjadi seorang individualistik.

    Hal ini akan membuat hubungan yang bersifat antagonistik (pertentangan) dengan kebudayaan lain, akibat sikap yang berlebihan tanpa adanya pengontrolan.

  • Harris
    Dalam pandangan Harris, pengertian etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain, sehingga hal ini mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional, seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran, dan lain sebagainya.
  • Coleman  dan  Cressey
    Pengertian etnosentrisme adalah dari Coleman dan Cressey. Pendapat mereka, Arti etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.
  • Taylor, Peplau dan Sears
    Mereka berpendapat, Arti etnosentrisme merupakan sesuatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat, bahwa kebudayaannya selalu superior dari pada kebudayaan yang lain.
  • Hogg
    Selanjutnya, Menurut Hogg, Definisi etnosentrisme merupakan kegiatan yang melibatkan  atribusi  internal dan eksternal dalam kehidupan masyarakat.

Penyebab Timbulnya Etnosentrisme

Adapun faktor penyebab Etnosentrisme timbiul diantara masyarakat yaitu gaktor budaya politik dan pluralisme bangsa indonesia.

  • Budaya Politik

Ini merupakan faktor mendasar penyebab munculnya Etnosentrisme, Adapun budaya politik dari masyarakat cenderung tradisional dan tidak rasional. Budaya masyarakat tersebut tergolong budaya politik yang subjektif ikatan emosional dan ikatan primordial yang cenderung menguasai masyarakat Indonesia. Masyarakat yang terlibat di politik sering mementingkan kepentingan mereka sendiri mulai dari suku, etnis, agama dan lain sebagainya.

  • Pluralitas Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan beragam suku, agama, ras dan golongan. Dengan adanya pluralitas tersebut banyak terjadi berbagai persoalan. Setiap suku, agama, ras dan golongan berusaha mendapatkan kekuasaan dan menguasai yang lain.

Dampak Etnosentrisme

Dampak positif dan dampak negatif adanya Etnosentrisme diantaranya:

  • Dampak Positif Etnosentrisme

Adapun dampak positif dari Etnosentrisme yaitu:

  1. Dapat mempertinggi semangat pattriotisme.
  2. Dapat memelihara keutuhan dan stabilitas kebudayaan
  3. Dapat memepertinggi rasa cinta terhadap bangsa sendiri.
  • Dampak Negatif Etnosentrisme

Adapun dampak negatif dari Etnosentrisme yaitu:

  1. Dapat menimbulkan konflik antar suku
  2. Terdapat aliran politik
  3. Dapat menghambat proses asimilasi budaya yang berbeda

Contoh Etnosentrisme

Adapun contoh etnosentrisme adalah antara lain sebagai berikut

  • Etnosentrisme Dalam Politik

Etnosentrisme dalam politik, sederhananya sering terwujud dalam Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Indonesia. DPR yang merupakan kumpulan orang-orang yang terpilih untuk mewakili suara rakyat, tetapi pada kenyataannya, ada beberapa oknum yang lebih mengutamakan kepentingan parpolnya daripada kepentingan rakyat, yang dilakukan secara implisit atau eksplisit

  • Etnosentrisme Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pergaulan, etnosentrisme masih sering terjadi, baik secara sadar ataupun tidak sadar. Misalnya seperti, melakukan bullying, mengejek atau menjauhi temannya yang berasal dari Papua hanya karena kulit mereka yang hitam serta rambutnya yang ikal atau keriting.

  • Etnosentrisme di Indonesia

Contoh di Indonesia, misalnya saja pemakaian koteka yang dilakukan oleh masyarakat papua pedalaman. Jika dilihat oleh masyarakat yang bukan dari papua pedalaman, memakai koteka adalah hal yang memalukan. Sebaliknya, bagi warga pedalaman papua, menggunakan koteka adalah kewajaran, bahkan suatu kebanggaan tersendiri.

Demikianlah ulasan kami mengenai ETNOSENTRISME, Semoga Bermanfaat…

Artikel Lainnya :