Mengenal Fitur-Fitur Yang Ditawarkan WordPress (Lengkap)

Posted on

Mengenal Fitur-Fitur Yang Ditawarkan WordPress – Persiapan dalam memilih salah satu paket layanan hosting Indonesia, domain, subdomain, themes, CMS, dan juga plugin, diperuntukan dalam membangun sebuah website melalui WordPress. Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya Anda mengenali fitur-fitur yang ditawarkan di dalam platform ini. Untuk simaklah materi Mengenal Fitur-Fitur Yang Ditawarkan WordPress dibawah ini.

Fitur WordPress

Fitur-Fitur WordPress

Berikut ini adalah fitur-fitur yang ditawarkan wordpress, diantaranya :

1. Post

Post adalah fitur paling utama dan harus anda ketahui. Karena, kelak di sinilah kalian akan membuat artikel untuk diterbitkan. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui apa fungsi hal ini.

Dalam fitur ini terdapat beberapa sub, dianataranya seperti;

  • All post, berfungsi memudahkan kita untuk melihat semua artikel yang pernah diterbitkan dalam website anda.
  • Add-new, berfungsi membuat artikel. Disinilah kita mengonsep, merancang, dan juga menulis artikel yang ingin kita terbitkan.
  • Categories, berfungsi melihat semua kategori postingan. Anda juga bisa menambahkan kategori baru untuk postingan anda.
  • Tags, ialah tempat seluruh tags yang ada di postingan anda.

2. Media Section

Media Section, berfungsi untuk melihat keseluruhan gambar yang ada di dalam WordPress kita. Melalui fitur ini pula, kalian bisa dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus gambar tertentu

3. Pages

Pages (halaman) dan postingan memiliki perbedaan fungsi. Adapun perbedaannya terletak di struktur kategori yang ada pada post. Yang mana dalam ‘post’ ada kategori,  sedangkan di ‘pages’ tidak ada kategori.

Melalui fitur pages ini pula kita bisa menambahkan deskripsi blog (About Us), laman Kontak (Contact), privacy policy, dan masih banyak lagi.

4. Comments

Dimana orang yang berkomentar di website anda, maka hal itu akan masuk di fitur Comments tersebut.

Dengan fitur ini, kalian bisa mengatur, apakah komentar akan disetujui atau tidak. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk apakah setiap komentar akan secara otomatis ditampilkan ke publik tanpa harus disetujui terlebih dulu. Atau pun harus di filter atau disetujui terlebih dahulu.

Intinya, fitur Comments ialah tempat penampungan setiap komentar dari orang-orang, sekaligus kalian juga bisa mengatur setiap komentar apakah layak diterbitkan ataukah tidak.

5. Themes

Fitur yang satu ini terletak pada menu ‘Appearance’. Themes ini memiliki fungsi untuk mengatur tema/ template yang ingin kalian gunakan untuk tampilan website. Dalam fitur ini, juga kalian bisa mengganti tema website, dan juga bisa memilih tema mana yang cocok bagi anda, dan anda bisa pula mengedit tema tertentu dengan sedemikian rupa. Selain itu, lewat fitur ini juga kalian bisa mengunggah tema yang ada di hardisk kalian.

6. Widgets

Selain themes, fitur ini juga mesti anda gunakan dan optimalkan. Dalam salah satu fitur yang disediakan oleh WordPress ini, terdapat banyak kegunaan bermanfaat untuk perkembangan website kalian.

Fitur ini seringkali digunakan untuk menambahkan berbagai navigasi dan aksesoris blog pada bagian header, sidebar, dan juga footer. Di fitur ini, kalian bisa menambahkan popular post di bagian sidebar website anda, selain itu kalian juga bisa menambahkan artikel terbaru, iklan, dan javascript-javascript lainnya yang akan tampil di bagian tertentu di website anda.

7. Plugins

Plugins ini menjadi tempat untuk mengatur semua plugins yang ada, dimana plugins ialah modul-modul yang bisa digunakan untuk mendukung website WordPress Anda, sesuai dengan fungsi plugins itu sendiri. Pada fitur ini, kalian bisa menghapus, menambah, dan juga mengunduh plugins yang tersedia di website resmi WordPress.

8. Settings

Fungi fitur yang satu ini cukup penting untuk diketahui bagi pemula yang baru menggunakan WordPress. Pasalnya, dalam Settings ini banyak memuat hal-hal yang penting untuk mengatur operasional WordPress, mengatur operasional plugins, dan masih banyak lagi hal yang lainnya.

9. Permalink

Salah satu keunggulan wordpress yakni adalah kita bisa leluasa mengatur bagaimana seharusnya tampilan permalink.

Lalu, apa itu permalink? Permalink artinya adalah permanen link, merupakan URL yang mengarah pada blog atau forum tertentu. Secara singkatnya seperti itu.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Mengenal Fitur-Fitur Yang Ditawarkan WordPress. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :