Formasi Sepak Bola

Posted on
Formasi-Sepak-Bola

Materi makalah Formasi Sepak Bola – di dalam sebuah pertandingan yang mencakup dari pengertian, Jenis, bentuk, contoh dan gambar formasi supaya lebih mudah untuk memahami nya.

Formasi dalam sebuah istila sepak bola merupakan hal utama karena memiliki barisan atau susunan dari pemain dalam pertandingan itu sendiri formasi yang di utamakan dalam mengenal formasi sepak bola dengan adanya formasi para pemain akan terlihat lebih mudah dalam melakukan pertandingan.

Mari simak penjelasan umum tentang formasi sepak bola di bawah ini :

Pengertian Formasi

Gambar-formasi-sepak-bola

Formasi dalam istilah sepak bolah adalah suatu cara penempatan ruang gerak pemain dan pembagian tugas dari setiap posisi yang ditempatinya sehingga dengan mudah untuk mengenali posisi antar pemain yang lainnya.

Formasi tersebut berlaku di saat melakukan pertandingan sepak bola yang sedang berlansung sehingga penyerangan dapat mengetahui dari tugas dan posisinya.

Bahkan formasi inilah yang dapat memperoleh hasil untuk menentukan pertandingan menang atau kalah, sehingga penerapan formasi ini berlaku pada tim nasional untuk meraih juara dunia.

Baca Juga :Permainan Bola Besar

Jenis-Jenis Formasi Sepak Bola

dalam sebuah istilah susunan antar pemain disebut sebagai formasi maka di antara formasi-sormasi tersebut dapat di kategorikan menjadi jenis-jenis dalam permainan sepak bola.

Diantara jenis-jenis formasi sepak bola tersebut adalah sebagai berikut :

A. Jenis Formasi 4-5-1

Jenis-Formasi-4-5-1

Jenis Formasi 4-5-1 Pada formasi ini sangat diketahui bahwa para pemain menggunakannya sebagai salah satu bertahan sehingga pelatih akan memberlakukan nya saat adanya pertandingan, dengan demikian pemain lebih aman dan bisa mengetahui tim kawan dan tim lawan dalam pertandingan.

Berlakunya formasi ini untuk menyerang dengan tujuan untuk mendapatkan gol yang banyak dan akan dapat memenangkan permainan, di antara posisi formasi ini adalah ada 4 bek kemudian 5 gelandang dan penyerang 1 pemain di depan befungsi mencetak gol.

B. Jenis Formasi 4-4-1-1

Jenis-Formasi-4-4-1-1

Jenis Formasi 4-4-1-1 Pada formasi ini juga sangat diketahui bahwa para pemain menggunakannya sebagai salah satu bentuk formasi dalam bertahan yang kuat sehingga memberlakukannya saat adanya pertandingan.

Jenis formasi permainan sepak bola 4-4-1-1adalah terdiri dari 4 bek, 4 gelandang, dan 2 penyerang inti karena dengan ini juga lebih menekankan pada pertahanan dari penyerangan lawan.

Biasanya formasi ini memiliki kreatifitas yang cukup karena lebih memungkinkan antara pemain tengah menerima bola dari gelandang kepada penyerang yang digiring oleh pemain inti.

Baca Juga : Materi Bulu Tangkis

C. Jenis Formasi 4-2-4

Jenis-Formasi-4-2-4

Dengan demikian susunan 4-2-4 Pada formasi ini juga sangat diketahui bahwa para pemain menggunakannya ini dalam bertahan yang kuat dan lebih di tekan kan lagi dalam melakukan penyerangan sehingga dengan mudah untuk melakukan perlawanan terhadap lawan.

Adapun jenis formasi permainan sepak bola 4-2-4 ini juga bisa menjadi sebuah formasi terdiri dari 4 orang bek, dan 2 orang gelandang kemudian beserta 4 orang penyerang.

Dengan konsep ini peluang mencetak gol ke gawang lawan lebih semakin besar pula hingga seluruh pemain telah mendapatkan tugasnya masing-masing yang telah di bentuk oleh pelatih.

D. Jenis Formasi 4-4-2

Jenis-Formasi-4-4-2

Jenis Formasi 4-4-2 Pada formasi ini juga lebih di utamakan bahwa para pemain menggunakannya sebagai formasi bertahan yang lebih kuat dan dalam melakukan akan ada penyerangan sehingga dengan mudah melakukan perlawanan terhadap lawan.

Jenis formasi 4-4-2 ini adalah formasi yang sering digunakan antara 4 tengah dan empat pemain belakang sehingga dua pemain penyerang, hal ini sering digunakan tim-tim sepak bolah di dunia.

E. Jenis Formasi 3-5-2

Jenis-Formasi-3-5-2

Jenis Formasi 3-5-2 Pada formasi ini juga lebih di utamakan bahwa para pemain menggunakannya hal ini sebagai bertahan yang lebih kuat sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan dua pemain inti.

Dibanding formasi 4-4-2 ini penyerangan diharuskan menerima terus menerus antar para pemain yang dominan menggunakan mode pertahanan. Formasi ini sering digunakan sebagai salah satu formasi bertahan hingga pertandingan berakhir.

F. Jenis Formasi 3-6-1

Jenis-Formasi-3-6-1

Jenis Formasi 3-6-1 Pada hal ini lebih di utamakan para pemain sepak bola sebagai bertahan yang lebih kuat sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan dua pemain inti.

Formasi 4-5-2 ini juga mengutamakan pertahanan dimana dalam formasi ini memiliki dari 5 pemain bek dan 3 permain berada sedangkan 2 pemain sebagai penyerang.

G. Jenis Formasi 4-3-3

Jenis-Formasi-4-3-3

Jenis Formasi 4-3-3 Pada formasi ini lebih di utamakan para pemain sepak bola sebagai di wajibkan menjaga pertahanan yang kuat sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan tiga pemain inti saja.

Dengan demikian formasi 4-3-2-1 ini terbilang mirip dengan formasi yang sebelumnya dan susunan pemain memiliki dari 4 pemain bek dan 3 pemain bertahan 2 pemain penyerangan.

Formasi ini sangat langka dalam penggunakannya tetapi juga sangat baik bila diterapkan dalam suatu pertandingan sepak bola karena formasi ini dianggap solid sehingga lawan tak akan mudah menembusnya.

H. Jenis Formasi 4-3-1-2

Jenis-Formasi-4-3-1-2

Jenis Formasi 4-3-1-2 Pada formasi ini lebih setiap para pemain di utamakan menjaga pertahanan yang kuat sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan empat pemain inti saja.

Maka formasi 4-3-1-2 ini memiliki susunan pemain di dalamnya terdiri dari 4 pemain bek dan 3 pemain pertahanan 1 pemain penyerang selanjutnya 1lagi pemain multi fungsi.

Demikian sedikit informasi mengenai formasi sepak bola yang dapat kami sampaikan dalam artikel kami kali ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Materi Bola Voli