Fungsi Alveolus

Posted on
Fungsi Alveolus

Artikel makalah tantang Fungsi Alveolus pada manusia, meliputi dari pengertian, sel utama, struktur, manfaat, tujuan, metode, bagian-bagain, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Alveolus,,, hal ini merupakan salah satu sel dinding alveolar pada organ tubuh menusia sehingga akan melalui pertukaran gas oksigen (O2) dan dapat juga berpindah dari udara ke sel-sel darah dalam tubuh maka pertukaran tersebut membetuk karbon dioksida (CO2) dari darah melalui dinding tipis pada paru-paru yang mengandung udara.

Untuk lebih jelasanya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Alveolus

alveolus

Alveolus adalah sebuah kandungan kemih yang dapat mengandung udara di paru-paru dengan peranan mencapai 300 juta keping dan akan membetuk dari alveoli.

Alveolus terletak di bagian paru-paru yang merupakan pada jalan napas tempat pertukaran udara dengan darah dengan membagi dua sisi sehingga akan memiliki dinding yang tipis dari kapiler darah yang ditutupi oleh kapiler darah.

Dinding Alveolus terdapat pada pertukaran oksigen (O2) yang akan berpindah dari udara sel-sel dalam tubuh membetuk karbon dioksida (CO2) dari sel-sel ke udara yang terbuka.

Alveolus juga memiliki dinding yang sangat tipis di ujung saluran udara yang terkecil pada dingding paru-paru yang mengandung udara mencapai diameter nya sekita 200 sampai 300 mikron.

Baca Juga: Fungsi Tenggorokan

Fungsi Alveolus

Dari beberapa uraian yang sudah kami bahas di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa fungsi dari Alveolus itu sendiri adalah sebgai berikut:

A. Sebagai Tempat Pertukaran Gas

Fungsi yang terdapat dari Alveolus ini adalah sebagai pertukaran gas yang pasif sehingga selama pertukaran nya sel-sel dalam organ tubuh tidak membutuhkan energi diantaranya.

  • Oksigen dalam alveolus dapat menembus dinding kemudian dinding kapiler darah akan mengelilingi sel kandungan Alveolus.
  • Kandungan Alveolus dapat memasuki pembuluh darah dan mengalami proses peningkatan yang dilakukan oleh hemoglobin kedalam sel darah dan akan menghasilkan zat kandungan (HbO2).
  • Kandungan Alveolus kemudian akan mengalirkan oksigen ke semua organ sel-sel yang terdapat dalam tubuh dengan proses oksidasi yang mengubah oksihemoglobin.
  • Kandungan Alveolus dapat masuk ke dalam tubuh dan akan mencapai 300 liter oksigen dalam plasma darah.

B. Tempat Pertukaran Gas dari Kapiler Darah

Fungsi yang terdapat dalam kandungan Alveolus tubuh manusia dan dapat menghasilkan karbon dioksida sekitar 200 cc per hari dengan pembentukan karbon dioksida kedalam zat asam dalam darah.

Maka Tempat Pertukaran Gas dari Kapiler Darah dapat menetralkan keasaman pH melalui aliran darah dalam ke paru-paru sehingga terbentuk karbonat untuk mengukur pH darah.

Alur yang terdapat dalam Alveolus itu adalah:

  • Alur CO2 yang diikat dengan hemoglobin yang akan kembali menuju ke paru-paru dengan peredaran darah manusia.
  • Alur alveoli terletak pada bronkiolus dalam paru-paru dengan menembus pada dinding pada pembuluh darah alveolar.
  • Alur CO2 pada karbon dioksida akan memasuki faring pada lubang hidung dengan proses pelepasan udara.

Baca Juga: Fungsi Diafragma

C. Tempat Penyimpan Udara dalam Tubuh

Fungsi lain dari Alveolus adalah sebagai menyimpan udara untuk menghirup udara yang mengandung oksigen ke dalam darah sehingga Alveolus terdapat struktur sebagai anatomi tubuh manusia.

Fungsi struktur anatomi dapat melalui pernafasan dengan melalui saluran hidung yang akan menghirup udara yang mengandung oksigen (O2) dengan menyerap seluruh sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.

Sel Utama Alveolus

Dari pembahasan di atas di sini juga kami akan memberikan beberapa Sel Utama Alveolus tang terapat pada tubuh manusia adalah:

  • Skuamosa Alveolar (Tipe I) adalah salah satu sel yang akan membentuk seperti struktur Alveolus.
  • Sel Alveolar Besar (Tipe II) adalah sel yang memiliki tugas untuk menyimpan surfaktan yang akan memecah tekanan pada permukaan air dengan proses pemisahan pada saat pertukaran gas.
  • Sel Epitel Skuamosa adalah salah satu sel yang akan bertindak sebagai kapiler yang berfungsi dalam sel gas mencapai 70% area.
  • Sel Makrofag adalah salah satu sel yang dapat menghancurkan bakteri dengan zat yang asing yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan.

Struktur Alveolus

Struktur Alveolus terdiri dari beberapa lapisan epitel dan matriks ekstraseluler yang akan dikelilingi oleh kapiler dan akan berfungsi untuk memfasilitasi pada pengikatan oksigen dengan udara di rongga Alveolus dari pori-pori yang mengandung banyak serat kolagen.

Maka Struktur Alveolus dapat menarik napas pada udara dengan struktur anatomi yang meregang sehingga dapat memungkinkan serat kolagen akan membuat dinding yang lebih kencang.

Struktur alveolus di bagi menjadai 3 bagian diantaranya :

  • Struktur alveolus terdapat Sel epitel memiliki (tipe I) yang membentuk struktur alveolus
  • Struktur alveolus terdapat Sel yang besar (tipe II) dengan memiliki tugas yang memisahkan untuk mengurangi ketegangan pada permukaan air dengan proses pemisahan.
  • Struktur alveolus terdapat Sel epitel skuamosa yang bertindak sebagai kapiler dan pembentukan kapiler mencakup 70% area.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa pembahasana tentang Fungsi Alveolus dan beberapa struktur dan bagian-bagiannya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Fungsi laring