Fungsi Batang

Posted on
Fungsi Batang

Artikel makalah tentang Fungsi Batang pada tumbuhan, meliputi dari pengertian, tujuan, manfaat, metode, struktur, sifat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Batang,,, Merupakan salah satu organ yang dasar pada tanaman vaskular yang akan membentuk pada tumbuhan dari berbagai jenis tanaman sehingga memiliki beragam fungsi sebagai alat transportasi untuk mempromosikan dengan penangkapan sinar matahari secara generatif atau secara alami yang dapat menyebarkan benih dan menghemat cadangan pada makanan sebagai organ vegetatif.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Batang

Batang adalah bagian organ tumbuhan yang merupakan salah satu tempat yang di mana tanaman akan memudahkan dalam kelangsungan hidup dari berbagai jenis tumbuhan yang akan nya.

Maka fungsi batang dapat dilakukan oleh sebagai orang untuk memudahkan sebagai tempat terbesar untuk pengembangan berbagai spesies dan tanaman yang terancam punah.

Hal ini juga sebagai hubungan antara akar dan daun sehingga dapat juga menyimpan cadangan makanan dengan organ tumbuhan yang menempel pada batang.

Baca Juga: Fungsi Alveolus

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi yang terdapa pada batang adalah sebagai berikut.

1. Membantu Penangkapan Cahaya Matahari

Fungsi Batang pada tanaman dapat membantu dalam penangkapan sinar matahari dengan mengolah air atau karbon dioksida sehingga akan menjadi karbohidrat.

Maka sinar matahari akan tergantung pada tanaman itu karena batang juga dapat berfungsi sebagai memperluas dari berbagai jenis tanaman sehingga mudah dideteksi sinar matahari yang lebih efisien.

2. Sebagai Sarana Pengangkutan

Fungsi batang adalah sebagai Sarana Pengangkutan air dan zat mineral yang penting dari asupan nutrisi yang diperoleh dari penyerapan akar ke daun sehingga pengangkutan semua bagian tanaman akan berfungsi sebagai Informasi tentang jaringan yang terdapat pada tumbuhan.

3. Tempat Tumbuhnya Organ Generatif

Fungsi batang yang selanjutnya adalah sebagai tempat di mana organ generatif pada tanaman akan tumbuh dengan subur sehingga tanaman bersifat kauliflori yanbg utama tanpa bantuan strain induk atau peduncle.

4. Membantu Penyerbukan

Fungsi batang adalah salah satu proses pemuliaan tanaman dengan penyerbukan yang efisiensi dari proses nya yang dibantu oleh angin sehingga tinggi batang tanaman akan mudah besar dan tahapan penyerbukan nya lebih mudah dikupas pada daerah yang lebih tinggi.

5. Membantu Pemencaran Benih

Fungsi batang adalah salah satu proses dengan memungkinkan supaya mudah di distribusikan secara efisien dan akan mudah menyebar dengan berbantuan angin sehingga pemancaran benih semakin baik di proses pada saat penyebaran tanaman.

6. Organ Vegetatif

Fungsi batang adalah salah satu proses yang menggunakan batang sebagai stolon dengan umbi-umbian atau termodifikasi bada batang sehinga akan mudah berkembang dengan biak dan dapat menghasilkan pucuk yang baru atau membentuk tunas dan akar pada tumbuhan.

7. Penyimpan Cadang Makanan

Fungsi batang adalah salah satu proses yang bertindak sebagai gudang cadangan pada tanaman dan dapat juga menyimpan sebagai cadangan energi maka batang pada tanaman akan mudah menyimpan makanan dengan berbagai peroses dari pertumbuhan batang.

Baca Juga: Pengertian Akar

Sifat Sifat Batang

Beberapa ulasan yang telah kami bahas di atas maka kami juga akan memberikan beberapa sifat-sifat yang terdapat pada batang tumbuhan diantaranya.

Berikut beberapa sifat batang pada tumbuhan adalah:

  • Sifat Batang sebagai alat untuk Pertumbuhan yang tidak terbatas
  • Batang memiliki sifat dengan pertumbuhan nya mengarah ke keatas yang bersifat fototropi.
  • Sifat Batang pada tanaman hanya terdiri dari tanaman dengan berjenis kayu yang mudah bercabang.
  • Pada tanaman benih tertutup (angiospermae) terdiri atas tanaman berbiji basah, batang rumput, batang lengket, dan batang berkayu.
  • Sifat Batang juga memiliki ruas-ruas sehingga diantara ruat tersebut terdapat zat monokotil.
  • Sifat Batang dapat ditutupi oleh daun-daun seperti tanaman jagung.

Struktur Batang

Dari berdasarkan anatomi batang maka kami juga akan memberikan beberapa struktur yang terdapat pada batang adalah.

  • Epidermis – adalah struktur yang terdiri dari sel yang sangat padat dan tidak memiliki ruang antara sel-sel kulit sehingga dapat membentuk epidermis yang selalu terpisah secara aktif pada saat pertumbuhan batang.
  • Korteks – adalah salah satu struktur yang terdiri dari jaringan kloroplas-parenkin dengan sel yang tipis dan akan tersusun secara beraturan dengan ruang antar sel yang luas.
  • Endodermis – adalah salah satu Struktur secara kortikal yang terdalam dan dibatasi oleh silinder yang memiliki dinding sel-sel yang membentuk lapisan silinder pusat pada akar.
  • Silinder Pusat (Stele) – adalah salah satu struktur lapisan sel yang ada di ujung silinder tengah sehingga dapat memecah dengan jaringan yang akan kumpulan pada sel xilem dan floem.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa fungsi batang pada tumbuhan, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Jaring-Jaring Bangun Ruang