Fungsi Benang Sari

Posted on
Fungsi Benang Sari

Artikel makalah tentang Fungsi Benang Sari pada bunga meliputi dari pengertian, manfaat, metode, tujuan, karakteristik, bagian-bagian, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Benang Sari,,, hal ini merupakan salah satu jenis dari organ pada bungga sehingga dapat berperan sangat penting pada tumbuhan karena bunga memiliki fungsi untuk pemuliaan pada tanaman yang akan menghubungan pada tanaman yang sangat erat. Untuk lebih mudah dalam memahaminya langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu Benang Sari

Bagian-Bagian-benang-sari

Benang sari adalah salah satu alat kelamin laki-laki yang terdapat pada bagian organ bunga sehingga akan terletak di sebelah cap di sekitar kelopak atau di sekitar cap yang membentuk di benang sari. 

Benang sari sebagai salah satu komponen bunga yang sangat penting sehingga mengandung organ produksi bunga yang berjenis pria maka benang sari memiliki filamen yang sangat panjang dan bantang nya berbentuk ramping.

Bagian ini bertanggung jawab dalam sebuah proses memperbanyak generatif pada tanaman dan akan menghasilkan buah atau sebagai bentukan dari tanaman yang baru.

Sehingga fungsi utama yang terdapat pada benang sari sebagai alat yang dapat menghasilkan serbuk bagi gamet yang jantan atau sel reproduksi yang akan dibutuhkan oleh reproduksi dengan ukuran yang berbeda tergantung pada jenis bunga yang akan menghasilkan bunga.

Baca Juga: Fungsi Dinding Sel

Fungsi Benang Sari Pada Bunga

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi tang terdapat pada organ bunga dalam benang sari adalah.

Berikut beberapa mengenai fungsi benang sari diantaranya adalah:

  • Benang sari berfungsi untuk menghasilkan serbuk dalam struktur terminal yang disebut sebagai kantong debu.
  • Benang sari berfungsi sebagai pakan serangga dan burung.
  • Benang sari berfungsi utnuk membantu mengangkut tanaman dalam nutrisi hingga di distribusi pada serbuk sari.
  • Berfungsi sebagai pengembangbiakan bunga jantan dengan berbagai jenis sel sehingga menjadi serbuk dalam berkontribusi dari proses pematangan.
  • Berfungsi untuk mendukung posisi yang cocok untuk transfer serbuk sari secara langsung.
  • Berfungsi sebagai proses dalam penyerbukan yang diangkut dari bagian bunga betina sebagai stigma untuk memegang serbuk komponen organ reproduksi pada bunga.

Baca Juga: Tumbuhan Paku 

Bagian Bagian Pada Benang Sari

Dari beberapa pembahasan yang telah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan pembahasan tentang bagian-bagian pada benang sari diantaranya adalah:

  • Bagian benang sari filamentum adalah salah satu bagian yang berbentuk dalam penyangga silang yang besar sehingga memiliki bentuk yang bulat.
  • Bagian yang menghubungkan sarikammer adalah bagian dari sel saristiel sehingga dapat berguna untuk menjadi koneksi pada tumbuhan bunga.
  • Bagian Debu tas adalah salag satu bagian yang berada di ujung tangkai dan kepala sari sehingga berguna untuk proses penyerbukan dari berbagai bentuk dan bervariasi.

Karakteristik Benang sari

Karakteristik Benang sari dapat menghasilkan salah satu tanaman yang dapat mencapai tunas pada bunga sehingga tidak dapat diserang oleh serangga.

Dengan demikian Karakteristik Benang sari untuk menghisap nektar sehingga serbuk sari secara otomatis akan dapat menempel pada kaki serangga dan akan dipindahkan pada bunga yang lain sampai menempel pada bunga yang lainnya.

Maka benang sari juga akan menghasilkan struktur yang disebut sebagai Antherentaschen dalam jumlah yang di hasilkan pada benang sari sesuai pada kelopak bunga.

Struktur yang ditemukan pada dasaran benang sari yang memberikan hadiah pada makanan untuk serangga dan penyerbuk untuk makan burung.

Karakteristik Benang sari juga akan menemukan keberadaan nya pada bagian yang dapat menghasilkan serbuk sari dan memiliki fungsi yang sangat penting pada tanaman.

Berikut Karakteristik Benang sari berdasarkan panjang dan pendeknya pada tangkai bunga adalah.

  • Benang sari panjang – adalah salah satu bunga yang memiliki beberapa bagian pada benang sari bentuk panjang
  • Benang sari pendek – adalah salah satu bunga yang memiliki beberapa bagian pada benang sari bentuk pendek.

Baca Juga: Pengertian Akar

Jumlah Benang Sari

Dari beberapa pembahasan di atas maka di sini juga akan membahas jumlah dari benang sari dalam setangkai bunga.

Berikut beberapa pembahasan jumlah dari benang sari diantaranya adalah sebagai berikt:

  • Benang sari dalam jumlah yang sangat banyak sehingga terdapat 25 benang sari pada setangkai bunga dengan jenis seperti tumbuhan jambu biji.
  • Jumlah benang sari terdapat 2x lipat dibandingkan pada daun dengan membentuk 4 lingkaran seperti lingkaran pada lingkaran yang luar.
  • Jumlah benang sari yang tidak sama dengan sehingga hal tersebut dapat dibagi menjadi beberapa kemungkinan seperti pada jaringan Episepal yang berlawanan pada daun kelopak nya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa pembahasan tentang benang sari serta strukturnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Fungsi Batang