Fungsi Bronkiolus

Posted on
Fungsi Bronkiolus

Artikel makalah tentang Fungsi Bronkiolus pada manusia meliputi dari pengertian, struktur, manfaat, tujuan, letak, gangguan contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa Bronkiolus itu,,,, hal ini merupakan salah satu unsur pernapasan pada manusia dan percabangan dari bronkus yang terdapat pada batang tenggorok sehingga menjadi tempat percabangan alveolus yang sangat luas untuk menentukan besaran oksigen yang masuk kedalam tubuh manusia secara efektif. Bronkiolus itu sendiri memiliki berbatasan secara langsung pada gelembung-gelembung udara yang ada dalam paru-paru.

Untuk lebih lejesnya langsung saja sumak pembahasan pada artikel di bawah ini:

Pengertian Bronkiolus

Bronkiolus merupakan salah satu saluran pada pernafasan setelah trakea dalam tenggorokan yang dapat berfungsi sebagai jalan nya udara yang masuk dari hidung sehingga dapat disalurkan pada paru-paru.

Bronkiolus itu yang terdiri dari beberapa cabang yang meliputi dari kanan dan kiri sehingga akan bercabang dari Bronkiolus tersebut dan kemudian menjadi bentuk yang lebih kecil.

Namun hal ini juga memiliki dinding yang sangat halus sehingga pada umumnya dapat mudah terserang penyakit dengan kedudukan bronkus yang mendatar.

Bronkiolus sebagai sistem pernapasan dengan sepasang paru-paru atau dari trakea yang di mana dapat menarik udara pada tekanan udara atmosfer secara memaksa akan masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga dapat dilakukan dengan memperluas rongga tulang rusuk yang terletak pada bagian bawah paru-paru.

Baca Juga: Fungsi Paru Paru

Fungsi Bronkiolus

Dari beberapa ulasan di atas di sini juga kami akan memberikan beberapa fungsi dari Bronkiolus itu sendiri diantaranya adalah.

  • Bronkiolus Sebagai salah satu alat penyalur udara yang dapat dialirkan ke alveoli dengan mendapatkan pertukaran gas pada oksigen.
  • Bronkiolus sebagai salah satu alat yang berperan penting yang dapat pengontrolan udara hingga dapat didistribusikan dengan paru-paru.
  • Bronkiolus memiliki tulang yang rawan hingga dapat berfungsi dalam menjaganya jaringan otot polos.
  • Bronkiolus dapat berkontraksi hingga dapat melebar secara efektif.
  • Bronkiolus berfungsi untuk melakukan sekresi zat yang dapat memastikan pada bernapasan serta dapat mengeluarkan protein racun pada pernapasan manusia.

Baca Juga: Fungsi Faring

Struktur Bronkiolus

Bronkiolus

Seteleh mengetahui beberapa fungsi di atas maka di sini juga kami akan membahas beberapa Struktur dari bronkiolus itu sendiri diantaranya.

Berikut beberapa Struktur bronkiolus terbagi menjadi tiga bagian adalah.

  • Bronkiolus Lobular merupakan salah satu alat dari lobus yang lebih besar.
  • Bronkiolus Terminalis merupakan salah satu alat yang dapat melakukan transfer makanan dari rongga mulut.
  • Bronkiolus Respiratorius merupakan salah satu alat yang dapat bertanggung jawab dalam mengarahkan udara pada alveoli.

Penyakit Pada Bronkiolus

Dari beberapa ulasan di atas maka Bronkiolus juga sering terjadi penyalit yang sering terjadi pada tubuh manusia diantaranya.

  • Bronkokonstriksi adalah suatu penyebab dari kontraksi dengan penyempitan bronkiolus yang diakibatkan oleh asap rokok dan alergi yang lainnya.
  • Penyakit Bronkiolitis adalah suatu penyebab dari salah satu peradangan yang biasanya akan terjadi pada anak-anak dari virus dan influenza.
  • Penyakit Obliteran adalah suatu penyebab yang mempengaruhi dari orang dewasa pada bernapasan dari asap beracun dan infeksi virus.

Baca Juga: Jaring-Jaring Makanan

Letak Bronkiolus

Beberapa ulasan yang terdapat di dalam artikel kami ini mungkin sudah cukup jelas bukan maka di sini juga terdapat tentang Letak bronkiolus dari berbatasan pada gelembung udara yang akan di hasilkan dari dalam paru – paru.

Maka berdasarkan tata letaknya bronkiolus juga kerap difungsikan sebagai salah satu jembatan dengan melaui beberapa proses dengan keluar nya udara dengan oksigen pada sistem pernafasan yang ada pada manusia.

Karakteristik Bronkiolus

Karakteristik Bronkiolus itu sendiri adalah sebuah percabangan dari bronkus pada trakea yang dapat merupakan dari ujung bronkus sehingga tidak didukung tulang yang rawan layaknya seperti bronkus.

Maka Karakteristik Bronkiolus sebagai berbatasan secara langsung dengan alveoli sehingga terdapat juga pada dengan memiliki fungsi yang begitu penting.

Bronkiolus sendiri memilik fungsi dan berperan untuk membantu proses pernapasan pada tubuh manusia dengan hewan dengan demikianlah bernapas dapat di lakukan secara efektif dengan menggunakan jaringan pada paru-paru.

Apabila tidak ada bronkiolus dapat mengalami beberapa gangguan dengan kerusakan pada tunuh manusia yang akan tidak dapat di proses sehingga pernapasan manusia akan terganggu.

Kesimpulan

Berbagai ulasan yang kami sampikan di atas maka di sini dapat kita simpulkan bahwa fungsi utama dari bronkiolus sebagai alat yang dapat menyalurkan udara pada alveoli dan dapat juga mengontrol jumlah udara yang akan didistribusikan.

Dengan demikian kombinasi dari alveoli itu akan dapat permukaan dengan adanya pertukaran gas dengan cara percabangan udara ke alveoli sehingga dapat memaksimalkan tubuh untuk dengan meningkatkan pertukaran oksigen dan gas udara.

Bronkiolus juga berfungsi sebagai proses dari sistem yang akan di hasilkan secara menghubungkan pada udara dengan pertukaran oksigen secara langsung.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa ulasan tentang Fungsi dari Bronkiolus dan beberapa jenis dan manfaatnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Pengertian Gerak Tropisme