Fungsi Bronkus

Posted on
Fungsi Bronkus

Artikel makalah tentang pembahasan Fungsi Bronkus pada manusia meliputi dari pengertian, manfaat, tujuan, karakteristik, jenis, letak, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa bronkus itu,,, hal ini merupakan salah satu jenis yang terdapat pada organ pernapasan manusia dan memiliki fungsi sebagai untuk memudahkan masuknya udara pada paru-paru sehinga dapat dei berikan nama bronkus dan akan bercabang disebut sebagai Bronkiolus. Bronkus juga berfungsi sebagai menyalurkan oksigen pada sistem pernapasan manusia.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Bronkus

Bronkus adalah salah satu bentuk organ dengan proses sistem pernapasan yang memiliki letak pada trakea yang paling dasar dan akan bercabang pada trakea dengan arah menuju pada Paru Paru kanan kemudian menuju ke Paru Paru kiri.

Dengan demikian cabang batang dari arah tenggorokkan yang akan terletak pada trakea dengan Paru Paru setelah masuk melaluia salah satu cabangan dari Paru Paru dengan melewati udara.

Sehingga pada sistem pernapasan manusia akan memiliki garis besar yang terdiri dari hidung serta melalui rongga pada pangkal tenggorokan dengan organ yang sangat penting pada pernapasan manusia.

Baca Juga: Daur Hidup Hewan

Fungsi Bronkus

Dari beberapa ulasan di atas maka sesuai dari materi kami, kami akan memberikan pembahasan secara detail mengenai fungsi dari Bronkus di antaranya adalah.

A. Menyaring Pernapasan pada udara

Fungsi yang terdapat pada Bronkus memiliki peran yang dapat menyangga pernapasan dan dapat juga penyaring pada rongga dalam hidung sehingga pada bronkus hanya dapat penyaringan secara sekunder.

B. Melembabkan suhu Pernafasan

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat diproduksi pada bagian sel-sel epitel dan memiliki fungsi sebagai alat untuk pelembab dan penghangatan pada pernafasan dengan lingkungan. karena cuaca panas yang masuk akan dilembabkan mucus dan akan terjadi perbedaan suhu.

C. Menangkap Kotoran Bersama Pernafasan udara

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat diproduksi dengan adanya epitel yang akan melembabkan udara dengan memiliki peranan untuk menangkap kotoran pada partikel.

D. Menyalurkan Oksigen ke Dalam Tubuh

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat menghubungkan pada lingkungan dengan organ tubuh pada oksigen dari lingkungan tubuh manusia.

E. Menyalurkan Karbondioksida Dalam Tubuh

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat menghubungkan pada bagian dalam tubuh sehingga akan mensekresikan pada karbondioksida terhadapa lingkungan tubuh.

F. Menghubungkan Trakea pada Paru Paru

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat memberikan saluran secara langsung dan akan terhubung pada Paru Paru dengan melewati hubungan antara organ pernafasan.

G. Menopang Paru Paru

Fungsi yang terdapat pada Bronkus terkadang dapat memberikan banyak tompangan terhadap Paru Paru sehingga akan tulang akan rawan menjadi rapuh.

Baca Juga: Daur Hidup Lalat

Struktur Bronkus

Fungsi Bronkus

Beberapa ulasan yang telah kami terangkan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa struktur yang terdapat pada jaringan funsi bronkus diantaranya adalah:

1. Lapisan Epitel

Struktur lapisan epitel adalah sebagai penyusun sel dan akan menghasilkan mukus yang berfungsi akan dapat menangkap kotoran serta dapat melindungi saluran pada pernapasan.

2. Lamina Propia

Sturktur Propia adalah adalah sebagai penyusun pondasi sel yang akan menempel pada sel-sel epitel dengan jaringan ikat yang akan mengandung pada pembuluh darah atau saraf.

3. Lapisan otot

Lapisan otot adalah sebagai penyusun pada otot yang polos sehingga dapat dikendalikan dan dapat berfungsi sebagai mengatur makanan pada relaksasi otot.

4. Lapisan Tulang Rawan

Struktur Tulang rawan adalah sebagai penyusun pada saluran pernapasan yang akan ersusun secara tidak teratur sehingga tulang rawan ini juga mempunyai sifat yang sangat lunak dan elastis dan bercabang pada tulang yang rawan.

Jenis-Jenis Bronkus

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis tentang pembahasan bronkus diantaranya adalah sebagai berikut.

Berukut jenis-jenis bronkus adalah:

Bronkus Primer – adalah salah satu jenis yang memikiki saluran dari sumber dari cabangan berasal traketa dan memiliki juga struktur bronkus yang terletak pada rongga pada bagian dada manusia.

Bronkus Sekunder – adalah salah satu jenis yang memiliki saluran dari sumber bronkus sehingga cabang utamanya memiliki ukuran kecil di bandingkan dengan bronkus primer

Maka dari hasil jenis Bronkus primer dan sekunder ini membentuk sesuai dengan lobus dari paru-paru dan sementara itu juga akan lebih memudahkan saluran pada pernapasan pada ruang jantung.

Nah demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahsan tentang Fungsi Bronkus dan beberapa tujuan dan strukturnya, Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk penulis sendiri, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Daur Hidup Capung