Fungsi Diafragma

Posted on
Fungsi Diafragma

Artikel makalah tentang Fungsi Diafragma pada manusia, meliputi dari pengertian, metode, manfaat, bagian bagian, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Diafragma,,, hal ini merupakan salah satu bentuk diaphragm pada otot yang berada dalam tubuh manusia dan anggota bagian internal dengan rongga pada dada dengan rongga pada perut sehingga dapat berperan untuk proses pernafasan dengan adanya kontraksi rongga yang membesar masukdari paru-paru.

Nah Untuk lebih jelasanya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Diafragma

Diafragma merupakan organ pada otot dan rangka belakang yang akan memisahkan pada organ-organ dalam lambung dengan jaringan toraks dalam paru-paru hingga ke bagian jantung untuk alat dalam menarik dan menghembuskan pernapasan.

Dengan demikian Diafragma organ yang terletak pada rongga dada dan rongga perut akan bertindak sebagai salah satu saluran untuk pernapasan pada tubuh manusia.

Diafragma sebagai otot yang penting yang akan memisahkan pada rongga toraks sehingga payudara sebenarnya organ pada dalam tubuh di antaranya.

  • Diafragma urogenital
  • Panggul
  • Okular

Dalam mengeluarkan napas maka proses diafragma akan meningkatkan tekanan udara pada rongga dada dengan mengurangi ukuran pada paru-paru yang akan memungkinkan mengalirnya udara yang keluar.

Diafragma dapat mengatur dengan pergerakan pada otot selama batuk otot-otot tersebut akan dimuat selama rongga dada akan terasa kencang dan santai untuk memudajkan dalam meningkatkan tekanan pada rongga perut.

Baca Juga: Fungsi laring

Fungsi Diafragma

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi dari Diafragma di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Fungsi utama yag terdapat pada diafragma bagian proses dalam pernapasan yang dapat mengatur keluar masuknya udara dengan melalui kontraksi pada tubuh.
  • Fungsi Diafragma juga memiliki peranan sebagai mengatur pernafasan dengan membantu dan menghilangkan muntahdengan aktivitas yang membutuhkan peningkatan pada tekanan rongga perut.
  • Fungsi Diafragma juga dapat mencegah pada aliran cairan asam lambung pada kerongkongan dengan melaui dari rongga perut pada saat melakukan pernafasan.
  • Fungssi dari diafragma dapat menyebabkan fenomena dengan cegukan dari pita suara yang akan mencakup dengan banyaknya udara yang masuk ke paru-paru.

Struktur Diafragma

Struktur yang terdapat pada Diafragma sebagai pembagi pada saluran otot serat dengan membentuk seperti kubah sehingga rongga dada akan terlibat pada jaringan otot dada.

Dengan demikian diafragma dapat berkontraksi secara rileks dengan saluran pada otot lurik atau otot rangka yang akan direalisasikan secara sukarela dengan pergerakan saraf frenikus pada organ tubuh manusia

Tiga struktur yang terdapat pada diafragma diantaranya adalah:

  • Lubang Aortic: adalah sebuah lubang diafragma yang akan dilewati oleh Aorta udara.
  • Lubang Esophageal : adalah sebuah lubang diafragma yang akan dilewati oleh esofagus.
  • Lubang Caval : adalah sebuah lubang diafragma yang akan dilewati oleh vena dan kava inferior tubuh.

Cara Kerja Diafragma

Cara Kerja Diafragma yang di hasilkan pada diafragma ini akan berkontraksi dengan pergerakan dari bawah rongga pada paru-paru dengan membesar sesuai pada volume udara yang akan masuk pada tubuh manusia.

Maka diafragma akan memperbesar pada rongga dada sehingga melalui proses inhalasi yang dapat berjalan dengan lancar pada saluran rongga yang akan menciptakan tekanan negatif dan dapat juga meningkatkan asupan udara.

Dengan demikian proses pertukaran oksigen pada karbon dioksida (CO2) dengan sistem peredaran darah pada tubuh dan dapat juga mempersempit rongga dada dengan mengeluarkan udara dari tubuh.

Jenis Jenis Diafragma

Jenis-jenis diafragma dalam mengenali organ tubuh sehingga dapat memahami dari berbagai jenis diafragma adalah.

Berikut jenis-jenis diafragma diantaranya:

  • Diafragma urogenital
  • Diafragma panggul
  • Diafragma toraks
  • Diafragma
  • Diafragma gendang telinga

Cara Menjaga Kesehatan Diafragma

Dari beberapa ulasan di atas maka kami jjuga akan memrikan beberapa pernan dalam menjaga kesehatan Diafragma sehingga salah satu organ tubuh akan dapat memainkan peran nya.

Langkah-langkah dalam melakukan menjaga kesehatan diafragma adalah:

  • Hindari makanan yang tajam dan mengandung zat asam yang tinggi lemak sehingga dapat menyebabkan mulas pada asam lambung.
  • Hindari makan dengan porsi besar
  • Lakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas dalam berolah raga sehingga akan menjaga otot pada tubuh.
  • Saat melakukan aktivitas fisik yang berat jangan memaksakan untuk melakukan aktivitas melampaui batas.

Baca Juga: Fungsi Bronkus

Gangguan Kesehatan Diafragma

Dari beberpa keterangan di atas maka kami juga akan memerikan beberapa macam perana dalam menjaga kesehatan diafragma adalah sebagai berikt:

A. Gangguan Cegukan

Gangguan Cegukan akan terjadi ketika mengalami kejang atau kram otot ini dapat menyebabkan penutupan pada pita suaraakan terjadi kerusakan pada tenggorokan sehingga secara tidak sadar akan membuat suara akan tersumbat.

Cegukan juga biasanya akan mudah diatasi dengan beberapa obat dokter atau dengan obat racikan sehinga akan membuat tubuh merasa lebih mudah dalam mengeluarkan saluran suara dan saluran pernafasan.

B. Gangguan Hiatal Hernia

Gangguan Hiatal dan hernia merupakan salah satu kondisi yang di mana bagian atas rongga perut akan didorong ke arah permukaan diafragma dengan keadaan tubuh akan peningkat pada tekanan lambung yang diakibat obesitas .

Selain itu juga disebabkan oleh kebiasaan ,makanan pada saat mengangkat dengan terkena benda berat dan akan mengakibatakan batuk sehingga akan rentan terkena penyakit refluks asam.

Maka pengobatan yang akan dilakukan dengan benar pada ganguan hernia hiatal ini dapat melakukan rutin berolah raga dan asam lambung akan terjaga dari kesehatan.

C. Gangguan Hernia Diafragmatik

Gangguan Hernia diafragma merupakan gangguan yang akan ditandai oleh lubang di diafragma menyempin dan dapat menyebabkan organ perut memasuki rongga dada sehingg dapat juga disebabkan oleh kelainan bawaan pada kondisi genetik daengan kecelakaan maka asam lambung akan terjadi pembekakan.

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan Fungsi Diafragma, dan beberapa penjelasannya serta bagian-bagiannya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Fungsi Bronkiolus