Fungsi Endometrium

Posted on
Fungsi Endometrium

Artikel makalah tentang Fungsi Endometrium pada rahim, alat reproduksi wanita, pengertian, siklus, penyebab, metode, sistem, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Endometrium – hal ini merupakan salah satu organ yang terdapat pada manusia umumnya pada horman wanita, sebagai mengambil embrio, yang dapat melindungi janin selama kehamilan, dalam waktu sebelum bayi lahir sehingga berbentuk buah pir dengan dinding tiga lapis yang terlettak pada bagian luar atau perimetrium dengan lapisan yang tebal sebagai mukosa atau endometrium.

Untuk lebih jelasnya lasngsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Endometrium

Endometrium adalah salah satu lapisan yang dimana implantasi dapat berlangsung yang akan mengalami perubahan morfologis dan fungsional yang terkait dengan erat pada saat pelepasan hormon siklik generatif.

Dengan demikianlah Fungsi Endometrium pada rahim akan siap untuk menerima sel telur yang dibuahi di setiap siklus menstruasi yang akan dilakukan dengan proliferasi dan diferensiasi endometrium.

Endometrium sebagai lapisan fungsional (luar) sehingga terjadi menstruasi. yang tidak adanya pengaruh pada hormonal periodik sebelum pubertas atau menopause pada jaringan morfologi atau ketebalan yang konstan.

Baca Juga: Fungsi Tenggorokan

Anatomi Endometrium

Anatomi Endometrium

Anatomi Endometrium yang terdapat pada organ ini terdiri dari jaringan mukosa yang akan mencakup menjadi dua lapisan sehingga akan melekat pada lapisan otot rahim yang halus yang disebut miometrium.

Lapisan ini akan bertindak sebagai jangkar untuk endometrium dalam rahim dan akan tetap relatif dan tidak akan ada perubahan karena dapat merespons terhadap aliran hormon bulanan yang mengontrol siklus menstruasi.

Maka Anatomi Endometrium akan terdapat lapisan fungsionalis atau sebagai lapisan fungsional dari endometrium tempat telur yang dibuahi yang ditanamkan ketika dibuahi.

Endometrium juga memiliki jaringan epitel prismatik secara tunggal sehingga sangat bergantung pada panjang siklus menstruasi nya karena kelenjar rahim akan membetuk jaringan yang khusus dan mengandung banyak pasokan dari pembuluh darah.

Fungsi Endometrium

Fungsi dasar endometrium sebagai organ yang dapat membatasi rahim dan mencegah dinding rahim yang saling menempel dan membentuk cairan penghalang.

Selama adanya kehamilan endometrium yang dimana embrio akan bersarang dan mengambil nutrisi dari darah sehingga embrio tumbuh pada pembuluh darah akan mudah berkembang biak dan akhirnya membentuk plasenta yang akan memasok oksigen dari kandungan nutrisi ke janin.

Sebelum siklus menstruasi endometrium ini juga bersiap untuk melakukan pembuahan yang akan menebal pada dinding rahim dengan adanya pembuahan pada lapisan luar selama menstruasi.

Siklus Endometrium

Siklus Endometrium pada lapisan rahim akan dimulai pada regenerasi siklus yang dapat menunjukkan siklus menstruasi nya untuk sebagian besar yang akan dialami.

Dalam kasus endometrium akan berkembang dengan biak pada pengaruh estrogen setelah terjadinya kandungan corpus luteum dan yang dapat menyebabkan jumlah progesteron jauh lebih besar perubahannya.

Kanker Endometrium

Dari beberapa pembahasan di atas maka di sini juga kami akan memerikan beberapa ulasan tentang penyakit kangker pada Endometrium tersebut.

Berikut beberapa kanker pada Endometrium di antaranya:

  • Jenis karsinoma dengan Perkembangan sel kanker akan terjadi kelambatan dan dapat mudah dideteksi oleh virus.
  • Karsinoma lebih agresif sehingga perkembangan dapat penyebaran ke sel kanker dengan perjalanan yang lebih cepat

Penyebab Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium sebagai penyakit yang sering mempengaruhi pada karsinoma kedalam endometrium dengan adanya gejala atau penyakit belum diketahui secara pasti.

Sehingga faktor yang dapat menyebabkan tumbuhnya penyakit kangker di sebabkan ketidakseimbangan pada hormon dan estrogen dalam tubuh terutama pada hormon wanita maka salah satu penyebab nya adalah relatif rendah dibandingkan pada hormon estrogen.

Berikut beberapa sel kanker yang terdapat pada Endometrium adalah:

  • Sebagai penyebab mulai memasuki masa menopause yang jahat
  • Timbulnya menstruasi pada usia yang relatif dinidengan perkembangan lebih lambat
  • Adanya kehamilan pada usia muda.
  • Mengalami Obesitas yang lebih rendah
  • Sebagai hormon tamoxifen sehingga akan terjadinya kanker payudara.
  • Dalam atau pernah menderita sindrom¬†(HNPCC).

Baca Juga: Fungsi Dinding Sel

Gejala Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium biasanya disebabkan oleh rahim yang sering berdarah dari vagina sehingga timbulnya gejala-gejala pada saat mulai terkena kanker tahap awal fase.

Dengan demikianlah Penyebab Kanker Endometrium gejala perdarahan kadang-kadang memiliki tanda yang berbeda tergantung pada saat mengalami menopause nya.

Berikut Gejala Kanker Endometrium perdarahan pada vagina yang ditandai dengan:

  • Darah pada seorang wanita biasanya berlangsung selama 7 hari
  • kemudian akan timbul bercak darah pada masa menstruasi
  • Kemudian menstruasi akan berlangsung setiap 21 hari
  • Kemudian akan terjadi tetesan darah yang tidak normal pada saat berhubungan seksual.

Pencegahan Kanker Endometrium

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa cara untuk Pencegahan Kanker Endometrium.

Berikut beberapa cara Pencegahan Kanker Endometrium diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pemeriksaan terhadap organ reproduksi secara rutin
  • Lebih banyak pertimbangan saat menggunakan pil KB sehingga dapat mengurangi risiko kanker rahim.
  • Selalu perhatikan berat badan sehingga berat badan yang ideal akan terjaga dari risiko kanker rahim.
  • Selalu berolahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari.
  • Selalu bicara dan diskusikan risiko terhadap manfaat terapi hormon

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan dari fungsi endometrian dan beberapa kegunaanya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermnfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Jaringan Epitel