Fungsi Erlenmeyer

Posted on
Fungsi Erlenmeyer

Artikel makalah Fungsi Erlenmeyer laboratorium, meliputi dari pengertian , dalam proses titrasi atau labu berbentuk kerucut dalam alat kimia ilmu kedokteran.

Apa itu Erlenmeyer,,, hal ini merupakan salah satu alat laboratorium yang banyak digunakan untuk melakukan praktek bahan kimia dan alat farmasi kedokteran, hal ini juga memiliki bentuk kerucut dan leher silinder, sehingga alat Erlenmeyer ini memiliki bentuk yang terbuat dari kaca yang dipotong sehingga jumlah kapasitas mencapai 25 – 2000 ml dalam melaksanakan satu kali praktek.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Erlenmeyer

fungsi erlenmeyer

Erlenmeyer merupakan salah satu alat kimia atau yang sering di sebut sebagai Labu Erlenmeyer jenis alat ini juga sering di gunakan alat laboratorium yang digunakan pada saat melakukan peraktek.

Alat ini memiliki fungsi sebagai wadah untuk melakukan reaksi antara zat senyawa kimia yang akan diperoleh dan berfungsi juga sebagai alat untuk proses titrasi dalam mengumpulkan larutan yang akan dititrasi secara umum.

Alat ini di temukan oleh para ahli kimia dari Jerman Emil Erlenmeyer, yang menemukannya pada tahun 1860 sebagai tabung memiliki bentuk kerucut di bagian atas.

Di satu sisi tabung ini menunjukkan beberapa ukuran volume yang dapat di isi dari berbagai larutan yang dapat ditandai dengan pensil sehingga Erlenmeyer dapat menyempit sebagai alat yang ringan.

Sementara itu juga alat ini memiliki permukaan yang rata membuatnya juga dengan cara yang fleksibel supaya mudah di letakkan di mana saja,diletakkan di mana saja.

Dengan demikian Erlenmeyer Salah satu jenis cangkir yang terbuat dari kaca dan memiliki bentuk yang kerucut digunakan untuk mengumpulkan larutan dalam sudut pandang mikrobiologis sebagai pertumbuhan mikroba digunakan untuk mengukur volume senyawa.

Baca Juga: Fungsi Corong Pisah

“Tabung Erlenmeyer Itu”

Tabung Erlenmeyer sebagai wadah yang berbentuk kerucut untuk bahan kimia dengan leher yang ramping sebagai pegangan yang dapat digunakan untuk memasang stapler / steker.

Labu Erlenmeyer sebagai alat mengukur dengan senyawa mencampur dan dapat juga sebagai menyimpan cairan pada laboratorium untuk melakukan praktek laboratorium kimia.

Kebanyakan Erlenmeyer terbuat dari kaca borosilikat sehingga Erlenmeyer dapat dipanaskan sebagai diautoklaf pada api dan memiliki ukuran yang paling yang ramping dan kecil ukuran nyam mencapai 50, 125, 250, 500, 1000 ml.

Fungsi Erlenmeyer

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi yang terdapat pada alat Erlenmeyer atau sebagai alat untuk melakukan praktek bahan kimi senyawa.

Berikut beberapa fungsi Erlenmeyer adalah sebgai berikut:

  • Sebagai alat pengukur atau mencampur bahan analisa zat kimia senyawa
  • Sebagai alat untuk menampung larutan atau bahan padat dengan bahan yang cairan
  • Sebagai tempat kultivasi dalam mikroba dengan kultur yang cair
  • Sebagai alat yang dapat meracik dan menghomogenkan bahan larutan dalam beberapa komposisi media
  • Sebagai alat yang dapat digunakan untuk titrasi dengan pengocokkan yang kuat sehingga akan dapat melakukan oertukaran bahan kimia senyawa.
  • Sebagai alat yang dapat digunakan untuk titrasi zat yang lemah hingga sedang
  • Sebagai alat tempat untuk melakukan titrasi bahan kimia dan zat senyawa

Baca Juga: Fungsi Cawan Petri

Prinsip kerja 

Prinsip kerja Erlenmeyer sebagai alat yang tertutup yang digunakan untuk mencampur reaksi kuat-cocok sehingga tanpa tutup penajam biasanya alat ini tidak dapat digunakan untuk mencampur reaksi kecepatan yang rendah.

Erlenmeyer berfungsi untuk menyimpan solusi yang akan dititrasi dalam proses titras sehingga proses dalam mikrobiologi untuk kultur mikroba yang tidak dapat digunakan untuk pengukuran volume.

Cara penggunaan erlenmeyer

Cara menggunakan Erlenmeyer ini terlihat sangat sederhana karena alat ini satu-satunya berfungsi sebagai alat untuk mengumpulkan bahan kimia cair dan sebagai untuk mencari sampel yang harus dituangkan ke dalam gelas Erlenmeyer tersebut.

Adapun tujuan nya dengan kegunaan erlenmeyer dapat juga lakukan pemutaran atau mengocok beberapa larutan yang akan di jadikan semple untuk menstabilkan campuran yang akan dititrasi sebagai zat senyawan dan bahan kimia yang lainnya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang Fungsi Erlenmeyer dan beberapa struktur nya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pemisahan Campuran