Fungsi Faring

Posted on
Fungsi Faring

Artikel makalah tentang Fungsi Faring meliputi dari pengertian, tujuan, sistem, struktur, mekanisme, jenis, metode, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu faring,,, hal ini merupakan rongga dari atau tenggorokan yang termasuk pada saluran yang berbentuk seperti tabung yang kerucut sehingga dapat berfungsi untuk menyaring makanan dari mulut, hal ini juga semakin menyempit pada awal dan akhir dengan menyerupai sebuah corong pada sistem pernapasan manusia.

Untuk lebih jelasanya lagi langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Faring

mulut-tenggorokan

Faring merupakan salah satu rangkaian pada manusis yang berbentuk kerucut mengarah pada rongga mulut dengan hidung yang terletak pada kepala kerongkongan dan laring.

Faring juga memiliki fungsi yang sangat penting yang ada dalam sistem pencernaan makanan yang dapat mengantarkan makanan setelah masuh dari rongga mulut.

Dengan demikian konstruksi faring memiliki ke unikan dan lokasi memungkinkan dalam pencernaan dan dapaty berfungsi sebagai sistem pernapasan.

Faring atau yang sering di kenal sebagai tenggorokan hal ini merupakan merupakan suatu bentuk tabung kerucut dari belakang hidung dan rongga mulut sehingga akan terhubung ke lambung.

Bagian faring juga akan semakin menyempit pda awal dan akhir sehingga menyerupai faring juga termasuk dalam sistem pernapasan pada tubuh manusia.

Kata faring itu berasal dengan bahasa yakni “Pharynx” yunani artinga tenggorokkan dan memiliki ukuran panjang sekitar 12-17 cm.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Ikat

Fungsi Faring

Dari beberapa uraian di atas peranan ini sangat lah penting dalam sebuah sistem pernapasan pada manusia.

Berikut beberapa peranan dari funsi faring adalah sebagai berikut:

  • Faring berfungsi sebagai salah satu alat penyalur makanan dari mulut masuk ke dalam kerongkongan sehingga dapat didorong makanan dengan melalui dari saluran pernapasa.
  • Faring berfungsi sebagai salah satu alat penyaring dan dapat juga pengatur tekanan makanan dengan kelembaban yang terdapat pada udara ke bagian batang tenggorokan.
  • Faring berfungsi sebagai proses pengeluaran suara pada manusia dengan jalur masuknya udara dari sistem pernapasan sehinga dapat melewati mulut dengan berbicara.
  • Faring juga berfungsi sebagai mengatur sebuah tekanan udara yang berhubungan pada saluran yang secara langsung dengan telinga sehingga makanan dapat mengatur pada tekanan udara dan lingkungan.

Struktur Faring

 Setelah mengetahui beberapa ulasan di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa struktur yang disusun dari 3 lapisan utama diantaranya adalah:

  • Lapisan Mukosa – adalah salah satu lapisan yang bersifat sangat kuat dan elastis sehingga lapisan akan terlihat epitel dengan memiliki sel goblet yang berfungsi untuk melindungi dinding tubuh.
  • Lapisan Fibrosa – merupakan salah satu lapisan yang memiliki jaringan yang sangat kuat dan sedikit elastis sehinga dapat di susun sebagai serat kolagen.
  • Lapisan Muskular (otot) – adalah salah satu lapisan otot yang memiliki sirkular dengan memanjang yang berkombinasi pada kontraksi yang dapat menggerakkan makanan pada pencernaan tubuh manusia.

Baca Juga: Jaringan Otot 

Bagian- Bagian Faring

Setelah mengetahui beberapa pembahasan di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa bagian-bagian yang terdapat pada faring.

Berikut beberapa bagian-bagian nya adalah sebagai berikut:

 A. Nasofaring

Nasofaring adalah salah satu bagian yang terletak pada rongga hidung yang memiliki satu-satunya bagian yang dapat melalui oleh udara sehingga dapat dilihat pada saat masuknya makanan.

Dengan demikian Nasofaring juga sebagai artinya adalah tenggorokkan yang melaui dari Saluran Hidung pada Tenggorokan yang memiliki ukuran yang sangat kecil sekitar 2-4 cm.

Pada nasofaring ini terdapat 2 bagian yang sangat penting diantaranya:

  • Tuba Eustachius adalah salah satu struktur yang dapat mengubungkan antara telinga dengan mengatur tekanan pada udara dengan lingkungan dari luar tubuh, sehingga dapat menelan makanan denga mudah dan bagian dari struktur tulang yang lunak.
  • Tonsil Adenoid adalah salah satu struktur yang berupa jaringan limfoid yang memiliki bagian langit-langit pada mulut manusia, shingga hal ini dapat degan mudah untuk menyerap makanan pada saat masuk dengan melalui mulut.

B. Orofaring

Orofaring adalah salah satu bagian yang terletak pada rongga mulut yang dapat dilewati tekanan pada udara dan makanan sehingga dapat berperan pada sistem pernapasan dengan pencernaan.

Orofaring ini juga memiliki klep yang dapat berfungsi untuk mengatur makanan supaya tidak masuk ke bagaian saluran pernapasan yang di sebut sebagai epiglotis.

Dengan demikian Orofaring dapat menutup pernapasan saluran pencernaan pada saat membuka dan menutup saluran pernapasan dengan melalui proses tonsil palatina pada tubuh manusia yang dapat melindugi dari infeksi saluran pernapasan.

C. Laringofaring

Laringofaring adalah salah satu bagian yang memiliki Bagian dengan dilewati pada saluran udara pada saat memasukan makanan kedalam rongga tenggorokan.

Dengan demikian Laringofaring juga dapat dilapisi oleh sel epitel yang sangat banyak berlapisanya dengan adanya pertemuan antara saluran pernapasan pada saluran pencernaan manusia.

Nah Demikianlah yang dapat kami sampaikan megenai pembahasan tentang Fungsi Faring dan beberapa metode serta strukturnya, semoga dengan adanaya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Daur Hidup Fasciola Hepatica